Ini bukan tentang anak Jaksel yang kalo ngomong gaul abis. Tapi ini tentang anak Bansel alias Bandung Selatan yang kalo ngomong gak pernah jauh-jauh dari kata 'teh' 'atuh' dan 'ceunah'. Kaya Jekanza Aldrya Putra atau biasa dipanggil Jeka, cowok kelahiran tahun 1997 itu anaknya polos abis. Di umur 26 tahun doi gak pernah yang namanya jalan sama cewek. Apalagi pacaran. Ya gimana ya kalo pulang kerja dia suka nya nongki-nongki cantik bareng temen-temennya.
"Jek, ngopi?" seru Taedza, cowok bersuara berat itu temen deketnya Jeka di tempat kerja.
"Hayu atuh!" balas Jeka simple.
Kaya biasa kedua cowok itu pergi ke kafe. Jeka pesen hot Cappucino kalo Taedza Ice Ammericano. Ada hal unik antara kedua sahabat ini, yaitu sama-sama gak suka Ice Coffee. Kalo pesen pasti harus yang panas. Alesannya cuman satu, karena enak diseruput sambil sebat.
Kalo cowok udah nongki, obrolannya super random. Awal-awal nanya tentang kerjaan hari ini gimana. Sampe akhirnya melebar sama kisah para Nabi. Tapi entahlah, justru mereka enjoy banget nikmatin kebersamaan kaya gitu.
Udah dua jam mereka ngobrol ngalor ngidul, sampe akhirnya Taedza ngerasa partner nya itu mulai hilang fokus. Jeka gak ngerespon lagi sama ucapan Taedza dan malah ngeliatin sesuatu dengan tatapan intens.
"Kenal?" tanya Taedza pas sadar kalo Jeka lagi liatin seorang cewek berponi tengah memesan Caramel Machiato ke Bartender.
Tapi Jeka masih bungkam. Gak ada niat buat ngejawab pertanyaan sahabatnya. Mata nya masih fokus menatap wanita bermata bulat itu. Sampe akhirnya cewek itu nyari tempat duduk dan mata keduanya bertemu.
Kalo beneran kenal kaya kata Taedza tadi, bukannya nyapa, Jeka malah memalingkan wajahnya seketika. Dia langsung berdehem pelan terus nelen ludahnya dengan kasar.
"Jeka bukan?" tanya cewek bertubuh ramping itu nyamperin Jeka yang terlihat gugup.
"I.. Iya." jawab cowok itu masih duduk terpaku tanpa melihat cewek yang berdiri di hadapannya itu.
"Udah lama banget ya. Kabar baik?"
Jeka ngangguk pelan. Cewek itu langsung terkekeh gemas karena Jeka masih saja menunduk malu saat bertemu dengannya.
"Syukurlah. Seneng banget aku teh ketemu kamu di sini setelah sekian lama."
Kali ini Jeka mulai mengegadahkan kepalanya. Terus natap kedua mata cewek itu. "Mau duduk bareng di sini?"
Pertanyaan Jeka sukses ngebuat mulut Taedza terbuka lebar. Jelas aja kaget banget. Soalnya selama ini Jeka gak pernah mempersilahkan wanita manapun buat duduk di deketnya. Taedza tau Jeka di kantornya kaya gimana. Kalo ada cewek yang deketin, ya langsung kabur. Gak tau alesan jelasnya. Yang pasti alesannya selalu sama yaitu 'males, belum niat punya pacar.'
Cewek itu langsung lempar senyum lebarnya terus narik kursi di pinggir Jeka. Dia langsung duduk dan mulai nyeruput kopinya.
"Kopi hari ini manis banget. Apa karena ketemu kamu ya? Hehe,"
Taedza yang ngedenger gombalan maut temen cewek Jeka itu langsung ngangain mulutnya. Kayanya Taedza mulai sadar kalo Jeka itu sebenernya bukan gak niat buat punya cewek, tapi masih ada kisah yang belum selesai di masa lalu.
"Lalisa...!" seru Jeka dengan nada menekan.
"Ciye masih saltingan ciye!" ujar cewek bernama Lalisa itu sambil nyolek tangan Jeka.
Jangan tanya ekspresi Jeka, jelas salting parah. Cowok itu gak berani natap lagi mata Lalisa. Dia cuman tertunduk malu sambil garukkin kepalanya yang gak gatel.
"Taedza pasti bingung, ini Lalisa. Dulu pas kuliah kita sekelas." ujar Jeka ngenalin kedua temennya satu sama lain.
Taedza sama Lalisa saling jabatan tangan dan nyebutin namanya masing-masing. Sadar kalo ini kesempatan langka, Taedza mutusin buat pulang duluan karena ada kepentingan ngedadak. Jelas aja Jeka tau maksud dari temennya itu. Dan ngebiarin Taedza pergi gitu aja.
Kini sisa Lalisa dan Jeka yang duduk berdua dengan hening. Hanya suara tegukkan kopi yang kedengeran.
"Sibuk apa sekarang?" tanya Lalisa mulai ngebuka obrolan.
"Sibuk nguli aja." balas Jeka singkat.
Lalisa ngangguk, "rumah masih di sana?"
"Masih."
"Betah ya?"
"Nggak sih."
"Hah?" Tanya Lalisa meyakinkan.
"Soalnya takut kamu nyari." ucap Jeka mulai natap kedua mata cewek bersurai hitam itu sambil ngasih senyum lebar ngelitin gigi kelinci nya.
Lalisa langsung melototkan kedua bola matanya. Tapi senyum dibibirnya gak bisa disembunyiin lagi. Kedua pipi nya mulai merah.
"And are we falling in love? Say yes or no,"
KAMU SEDANG MEMBACA
Yes Or No
Fanfiction"And are we falling in love? Say yes or no." Start: September 1, 2024