PBM: Aturan Huruf Kapital

41 6 0
                                    

ApA kaBar SeMuaNya? AKu siH BaIK.

Lihat tulisan di atas bikin mata sakit gak sih? Menurut aku sih, iya. Makanya aku suka kesel sama ketikkan seperti itu karena pake huruf kapital kan ada aturannya.

Di EYD V, pengguna huruf kapital punya 23 aturan. Gak sedikit 'kan? Wajar aja kita sering salah tulis saking banyaknya dan saking gak terbiasanya.
Masalahnya, di SNBT nanti, waktu kita terbatas, plus sekarang soalnya ada yang berupa isian. Maka dari itu, mau enggak mau, kita harus membiasakan diri.

Hari ini aku bakal tulis sepuluh aturan, insyaallah next-nya 13 aturan, baru bahas soal. Aku harap dengan kaya gini, selain aku sendiri, kalian juga merasa terbantu dalam memahami materinya, ya!

Mari kita mulai!

Aturan Huruf Kapital

1. Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat.
Contoh:
Keraguan membuat banyak mimpi terkubur.
Aku hebat!
Selama aku berusaha, aku pasti mendapatkan apa yang kuinginkan.

2. Huruf kapital digunakan untuk setiap huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan.
Contoh:
Arjuna Wisesa
Harry James Potter
Percy Jackson
Bapak Koperasi
Bapak Proklamator

3. Huruf kapital tidak digunakan sebagai huruf pertama nama orang yang digunakan sebagai nama jenis atau satuan ukuran.

Gimana maksudnya?
Tau mesin diesel? Diesel-nya itu merupakan nama belakang penemunya, Rudolf Christian Karl Diesel.
Nah, karena ada banyak jenis mesin, jadi nama Diesel di frasa mesin diesel itu enggak kapital karena penulisan mesin diesel bisa ditulis sejajar dengan mesin lainnya. Misalnya, mesin tik, mesin diesel, mesin pembakaran.

Nanti aku jelasin lebih jauh tentang nama jenis di akhir, ya!

Terus satuan ukuran gimana?
Satuan kuat arus 'kan ampere, nah ampere ini diambil dari nama penemunya, Andre-Marie Ampere. Tapi kalau mau menulis satuan seperti ini nama penemunya jangan ditulis kapital karena satuan merupakan nama jenis. Coba aja sejajarkan semua satuan yang kamu ketahui. Bakal jadi gini, ampere, watt, detik, kilogram, kilometer dan lain-lain. Bisa disejajarkan 'kan? Artinya si ampere ini jangan ditulis gini Ampere.

Contoh resminya dari EYD V:
5 ampere
15 watt
ikan mujair
mesin diesel

Aku baru tau kalau ikan mujair itu ditemukan sama Mbah Moedjair, jadi nama ikan ini diambil dari nama orang yang menemukannya. Meski begitu, nama hewan 'kan punya nama ilmiah, dan penulisnya bisa disejajarkan dengan ikan lainnya, seperti ikan lele, ikan mujair, dan ikan salmon. Jadi gak usah ditulis kapital si mujair-nya.

4.  Huruf kapital digunakan pada nama orang seperti nama teori, hukum, dan rumus.

Hayoo, kenapa sebelumnya nama orang ditulis gak kapital tapi sekarang harus ditulis kapital?

Baca baik-baik perbedaan poin 3 dan 4. Di poin empat itu ditulis kapital untuk nama rumus, teori, dan hukum. Kenapa ditulis kapital? Karena nama rumus, teori, dan hukum itu pasti gak bakal sama dengan yang lainnya. Jadi untuk menjelaskan kalau ini itu rumus dari siapa, pasti rumus tersebut dinamakan dari nama si pembuat.
Lagipula nama rumus, teori, dan hukum itu bukan nama jenis, tapi nama diri yang menunjukkan identitas rumus tersebut.

Contoh:
teori Darwin
hukum Archimedes
rumus Phytagoras

Coba cari tahu, rumus Phytagoras itu sama enggak dengan rumus Einstein, teori Darwin dengan teori Lamarck, dan hukum Archimedes dengan hukum Newton.

Materi Bahasa Indonesia SNBT 2024Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang