"gokil! perdana, untuk yang pertama kalinya, lu di-shipper-in sama cewek, lan! dan itu ... ila?" adib tampak mengedipkan mata beberapa kali, kemudian memperbesar layar— seolah menyakinkan diri atas apa yang baru saja melintas di matanya. kemudian berteriak. "NJING? BAEILA? SAMA ELU? PACARAN? ORANG GILA MANA YANG MENEMUKAN COCOKLOGI JELEK BEGINI?"
sementara itu, si laki-laki djan masih berusaha mati-matian kumpulkan kesadaran. baginya, satu-satunya kejutan yang ia terima pagi ini adalah; kedatangan adib yang begitu tiba-tiba. bukan perjodohannya dengan baeila. "berisik, bangsat. gua baru tidur dua jam," ujarnya sembari melempar bantal tepat pada sasaran.
"lu harus baca ini, sumpah. kocak banget, anjing. sampe dibikinin fanfiction sama video-video edit ala-ala tik-tok, lan. mana dikasih side name juga ... noebae? damn man, what a great job." adib menyodorkan ponselnya pada noelan. sang empu berdecak keras sebelum meraih ponsel adib dengan kasar.
dahi laki-laki djan berkerut melihat unggahan milik user @camomilla yang dengan ringan tangan mengatakan kalau mereka berdua pasti berpacaran, sebab selalu mengunggah story instagram secara bersamaan. dan terkadang, tempatnya juga mirip. dan yang paling penting, baik noelan maupun ila adalah bias mila. dasar, orang gila.
sudah empat tahun djan noelan menjalani karirnya yang 'biasa-biasa saja', dan dia belum pernah merasa 'melambung sangat tinggi' ataupun 'terjatuh sangat dalam'. maknanya, karir noelan selalu konstan. tidak naik, tidak juga turun. inilah yang ia sebut dengan zona nyaman.
"do i know her?" gumam noelan. laki-laki itu mengetik nama baeila di pencarian.
"YOU DON'T KNOW HER? SERIOUSLY, DJAN NOELAN YANG SEDIKIT TERKENAL?" lagi-lagi adib berteriak tak percaya. "baeila, artis cilik. dia udah berkeliaran di tv sejak umurnya lima tahun. masa nggak tau? tv lo udah segede ini loh, lan," sambungnya sembari menunjuk-nunjuk televisi yang noelan pajang di kamar.
"i know her, tapi maksud gua ... kita nggak pernah ada interaksi. dan mungkin, dia nggak tau gua. kok bisa? gua? sama baeila? dijodohin? that's hilarious not gonna lie."
adib menjentikkan jari, "that's the point, man. kok bisa?" laki-laki yang lebih tua dua tahun dari djan noelan itu duduk di sofa sembari melakukan analisis singkat. "kalau kata mereka sih, lu sama dia sering upload instastory bareng. apa selain alasan nggak masuk akal itu, ada setidaknya momen kecil apa yang terjadi di antara lu berdua, lan? jangan-jangan lu ... "
"nggak usah mikir kejauhan, sat," potong noelan dengan cepat. adib menaikkan alis seolah meminta kejelasan lebih lanjut. "nggak sengaja. gua aja nggak follow baeila. semuanya murni kebetulan," bela laki-laki djan terhadap dirinya sendiri.
"yaudahlah nggak usah dipikirin, lagian ini cuma asbun fans, nggak dateng dari media." adib mengambil ponselnya yang berada di tangan noelan, kemudian merebahkan diri di samping laki-laki djan.
"kan lo yang heboh tadi, njing."
"ya gua cuma mengekspresikan kekagetan gua aja. orang kayak lu, dijodohin sama baeila. kucing tetangga pun bakal kaget kalau denger lawakan itu, lan."
noelan memejamkan mata sejenak kala kata-kata membosankan itu menyelonong masuk ke telinga. secara tidak sadar, adib lagi-lagi membandingkan dirinya dengan posisi orang lain, lagi. "apa maksudnya orang 'kayak gua' dijodohin sama baeila?" ceplos si laki-laki djan.
adib sedikit tersentak dengan pertanyaan noelan barusan. sebab selama ini laki-laki djan itu tak pernah menempatkan diri dalam perdebatan sekalipun perkataannya sudah kelewatan. "itu ... maksudnya ... karena ... perbedaan kasta popularitas lan. hehe," jawab sang manajer, sedikit jujur.
"si anjing." noelan bersiap melemparkan bantal ke arah adib, namun sebelum hal tersebut berhasil dilakukan, adib sudah lari duluan.
noelan mengela napas. ia melirik ke arah nakas, kemudian dengan cepat meraih ponselnya yang sudah sekarat. laki-laki itu membuka aplikasi instagram dan mengetikan nama baeila.
di dunia hiburan saat ini, strata popularitas yang dibicarakan adib memang betulan nyata. kelas masing-masing publik figur ditentukan oleh berapa lama wajahnya sudah muncul di dunia entertainment; berapa jumlah followers instagramnya; dan berapa total penghargaan yang didapat. itu baru kriteria umum.
baeila masuk jejeran artis kelas s+ dinilai dari segi manapun. sementara noelan belum beranjak dari strata b.
laki-laki djan itu berdecak. "baru kali ini gua merasa rendah. padahal di mana pun posisi gua, asal masih bisa bikin lagu harusnya bakalan nggak papa."
ah, baeila sialan.
•••
strata popularitas:
s+
s
a
b
k•••
them
&
pemanasan duls anjay
KAMU SEDANG MEMBACA
thank you, delulus!
Romancebaeila shihab tidak mengenal djan noelan, tapi sorak-sorai warga internet bilang mereka pacaran. apa yang baeila lakukan, selalu saja dikorelasikan dengan noelan. noelan, noelan, noelan. "noelan siapa sih, anjing?" © heidie 2023 lisa ft. he changxi