21 Juli 1947, Belanda melakukan operasi militer yang di lancarkan di Sumatra, Jawa dan Madura. Operasi ini, mereka sebut dengan "operatie product". Yang mana operasi itu bertujuan untuk menghidupkan pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan dan perkebunan Belanda yang telah berhenti beroperasi. Terutama di pulau bagian Jawa Timur.
Kala itu Belanda berusaha untuk menghidupkan kembali 40 perusahaan gula, 70 perkebunan kopi, 72 perkebunan karet, 5 perkebunan teh dan 3 perkebunan kian.
Hal ini di lakukan agar Belanda bisa menghasilkan kembali produk-produk yang dapat di jual ke pasar domestik. Sehingga mampu menambah kas Belanda yang telah mengalami kerugian besar, akibat perang dunia kedua.
Dalam operatie product atau yang di kenal dengan agresi militer pertama ini. Pasukan militer Belanda pimpinan jenderal Van mook, mengerahkan pasukannya ke sejumlah daerah yang di tetapkan sebagai operasi militernya.
Salah satu tempat yang menjadi sasaran operasi militernya adalah...
Wilayah Malang-Jawa timur.
Untuk merebut wilayah Malang, Belanda mengerahkan pasukan Brigade 10 KNIL di bawah pimpinan mayor jenderal Baay. Yang bergerak dari Surabaya menuju kota Malang.
Selain itu, untuk menambah kekuatan militernya. Belanda juga mengerahkan Brigade marinir di bawah pimpinan Brigade marinir W.A.J Rulof sher.
Namun, sebelum Belanda masuk dan menguasai wilayah Malang. Brigade 10 KNIL ini .elakukan pergerakan ke sejumlah kota yang berada di Jawa timur. Di wilayah Sidoarjo misalnya.
Walaupun mendapat perlawanan sengit dari para pejuang Indonesia wilayah Sidoarjo. Karena kalah dalam persenjataan, militer Belanda berhasil merebut kota Sidoarjo.
Dikit yah, gpp gpp hehe...
Biar banyak aja, di pecah-pecah gitu☺️...
Oke langsung on the points jangan lupa vote dan follow serta tinggalkan jejak berupa komen oke jangan jadi siders 😤...Author mengundurkan diri....
KAMU SEDANG MEMBACA
MERDEKA SEKALI LAGI
Actionentah di ketahui atau tidak, di kenang atau tidak. bahkan, apakah tercatat dalam sejarah?