Istiqamah

2 0 0
                                    

Mungkin banyak yang bertanyak-tanyak, "semakin kita istiqamah kok semakin hidup kita susah?"

Teman-teman sekalian, Istiqamah atau kesungguhan adalah suatu bagian yang paling penting dalam kehidupan ini, kita coba untuk tidak mengarah ke agama dulu deh.

Contohnya ada orang yang bercita-cita kaya, jalan satu satunya adalah dengan bersungguh-sungguh mencari harta yang banyak demi kekayaannya, entahkah bekerja, berbisnis, atau bisa jadi mencuri, mengambil kekayaan orang secara paksa.

Ketika kita melihat fenomena mencari atau mengumpulkan harta di atas, yaah dapat kita temui, semuanya beresiko dan melelahkan, yang bekerja bisa jadi kecapean, yang berbisnis bisa jadi rugi, yang mencuri bisa jadi dipenjara, namun tidak ada cara lain selain yang tiga di atas, maka itulah konsekuensi dari sebuah kesungguhan untuk mencapai keinginan.

Hal serupa terjadi ketika impian terbesar kita adalah surga, dan ini adalah impian terbesar kita, bagi mereka yang beriman, tidak ada jalan lain menuju surga selain yang dua ini, yaitu berbuat baik kepada manusia dan berbuat baik kepada Allah, cuman dua yang harus kita istiqamahkan atau kita bersungguh-sungguh di dalamnya, akan tetapi, tetap juga ada konsekuensi besar yang bisa saja terjadi.

Berbuat baik kepada manusia terdengar gampang, akan tetapi penyakit hati sangat sulit untuk dihindarkan, apa lagi berbuat baik kepada Allah, yakni melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Berbicara tentang keistiqamahan ini, memanglah berat teman-teman, tapi coba perhatikan firman Allah shubhanahu wata'ala yang satu ini.

قُلْ يٰعِبَا دِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗ لِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَاَ رْضُ اللّٰهِ وَا سِعَةٌ ۗ اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَا بٍ

"Katakanlah (Muhammad), "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu." Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan Bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas." (QS. Az-Zumar 39: Ayat 10)

Dari ayat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa hanya dengan bersabar sedikit saja pada keistikqamahan kita, Allah akan sempurnakan pahala yang tanpa batas itu.

A REMINDER (Self Improvement)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang