Alkisah di kota Jakarta yang ramai, hiduplah seorang detektif muda dan brilian bernama Arga Adinata.Ia dikenal karena pikirannya yang tajam dan keterampilan pengamatannya yang tajam.Suatu hari, sebuah kasus misterius mendarat di mejanya - misteri lambang Garuda Pancasila.
Arga Adinata tertarik dan memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut.Dia menuju ke balai kota untuk berbicara dengan pejabat yang menemukan simbol tersebut.Saat memasuki gedung megah itu, dia tak dapat menahan rasa tekadnya untuk memecahkan kasus tersebut.
Ia berbicara dengan para pejabat, yang menjelaskan bahwa lambang Garuda Pancasila itu tiba-tiba muncul di halaman Balaikota dan membuat semua orang bingung.Arga Adinata mengamati simbol itu dengan saksama, memperhatikan detail dan simbolismenya yang rumit.
Saat ia menyelidikinya lebih dalam, ia menemukan bahwa simbol itu menyimpan pesan tersembunyi yang dapat mengungkap rahasia kota tersebut.Berbekal kecepatan berpikir dan akal sehat, Arga Adinata menelusuri petunjuk dan mengungkap misteri lambang Garuda Pancasila.
Pejabat kota kagum dengan keterampilannya dan berterima kasih atas dedikasinya dalam memecahkan kasus tersebut.Arga Adinata tersenyum rendah hati, mengetahui bahwa dia telah membantu mengungkap kebenaran di balik simbol misterius itu.
Sejak saat itu, Arga Adinata dikenal sebagai pahlawan Jakarta, detektif yang mampu memecahkan misteri apa pun yang menghadangnya.Dan saat dia berjalan keluar dari balai kota, dia tahu bahwa masih banyak lagi misteri yang menunggu untuk dipecahkan, dan dia siap menghadapi semuanya dengan keberanian dan tekad.
"Apa beliau tau apa artinya simbol Garuda Pancasila kita?" Tanya Arga penuh penasaran pada pejabat yang ada disana.
Para pejabat itu hanya tertawa dan terheran heran sambil menggelengkan kepala mereka, karena mereka pikir, Arga seperti warga Indonesia lain nya yang kurang beredukasi.
"Apa-apaan pertanyaan itu?kau seharusnya sudah tau apa artinya, kamu itu sekolah gk sih?" Jawab mereka dengan nada sedikit sarkas.
"Apakah bapak berpikir aku sedang menanyakan lambang di dada nya?tidak. Aku bertanya, kenapa Indonesia menggunakan simbol Garuda dalam Bhinneka tunggal Ika?".
Pejabat itu sedikit merenung dan berpikir, mungkin mereka juga pasti tidak akan bisa menjawab, karena itu juga misteri.
Beberapa jam kemudian, Arga memutuskan untuk pulang dan menuju ke ruangan seni pribadi nya.
Ia kembali menatap ke kanvas yang sudah ia lukis, lukisan bergambar Garuda, dia masih penasaran apa yang terjadi.Lalu ia berpikir sejenak, mengambil beberapa album foto yang dulu nya pernah di potret ayah nya. Ya, sebuah polaroid foto candi Sukuh.
Beberapa bulan kemudian, di Tanggal 17 Agustus, 2024 ini, ia memutuskan untuk pergi berlibur ke Candi Sukuh, menelusuri lebih lanjut tempat tersebut.
Saat sampai di tujuan, ia berkeliling sejenak untuk mendapatkan beberapa informasi menarik, namun tak ada satu pun yang ia temukan disana. Arga sedikit gelisah dan mulai merasa bahwa semua ini tak ada artinya di tempat bersejarah itu.
Arga Adinata sedang menjelajahi reruntuhan kuno Candi Sukuh ketika ia menemukan sebuah pintu misterius dengan simbol kerajaan Majapahit.Penasaran, ia pun mendekatinya dan memeriksanya dengan saksama.Pintu itu tampaknya telah berusia berabad-abad, penuh dengan ukiran dan simbol yang rumit.
Saat ia menyentuh pintu, sensasi aneh menyelimutinya.Tiba-tiba pintu berderit terbuka, memperlihatkan ruangan tersembunyi yang penuh dengan harta karun dari masa lalu.Arga Adinata tidak dapat mempercayai matanya - koin emas, permata berharga, dan artefak kuno berserakan di sekitar ruangan.
Namun saat ia mengulurkan tangan untuk menyentuh harta karun itu, sebuah suara bergema di kepalanya."Hanya mereka yang benar-benar layak yang dapat masuk dan mengklaim harta karun ini," kata suara itu.Arga Adinata tahu ia harus membuktikan dirinya layak atas kekayaan di hadapannya.
Dengan semangat yang membara, ia pun berangkat menempuh perjalanan untuk mengungkap misteri kerajaan Majapahit dan mengungkap rahasia pintu kuno tersebut.Sepanjang perjalanan, ia menghadapi banyak tantangan dan rintangan, tetapi dengan keberanian dan tekad, ia mengatasi semuanya.
Pada akhirnya, Arga Adinata muncul sebagai pemenang, mengungkap kekuatan kerajaan Majapahit yang sebenarnya, dan mendapatkan hak untuk mengklaim harta karun yang tersembunyi di dalam pintu kuno tersebut.Saat dia menatap kekayaan di hadapannya, dia tahu bahwa dia telah membuktikan dirinya layak dan bahwa petualangannya baru saja dimulai.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Guardian of Nusantara
Short Storycerita ini berkelanjutan dari kisah Wonderland Indonesia 2, yang kali ini berfokus pada pangeran Raden Wijaya, putra dari Ratu Majapahit Prabu Sri Suhita dan Raja Aji Ratnapangkaja. Raden Wijaya lahir saat dirinya di Lantik menjadi Raja di Kerajaan...