Chapter 2

2.6K 436 27
                                    

Happy Reading

Andra Pov

"Ngomong apa kamu barusan? saya tanya, didepan kamu ini siapa?" marah gue.

"Anu... em maksud saya tuh pinjem korek pak."

"Saya bisa laporin kamu ke BK sekarang juga kalo saya mau. Ini sekolah River, attitude mu kemana?"

Gue udah marah banget, anak jaman sekarang tuh udah gak bener. Entahlah arus jelek mana yang ngebawa dia kayak gini. Kayak gue gak dihargai banget disini. Mentang-mentang gue guru baru.

Gue juga ngerokok, tapi gue gak pernah sekalipun ngerokok di area sekolah. Yang biasanya tiap selesai makan harus ngudud, gue nahan kalo semisal lagi disekolah. Ya kali gue ngasih contoh gak bener.

Eh ternyata murid gue sama gak benernya, malah lebih parah dia.

"Yaudah saya minta maaf pak, saya cuma becanda doang loh." ucapnya.

"Becandaan kayak gini gak pantes buat saya. Saya lebih tua dari kamu. Sekarang kalo mau toilet cepetan, saya habis mau ngoreksi tugasnya."

Gue natap River sekilas kemudian beralih natap buku absensi. River sendiri udah pergi keluar kelas. Gue memandangi penjuru kelas, gue beralih natap cewe berkacamata yang duduk didepan meja gue.

"Siapa nama kamu?" tunjuk gue ke murid cewe ini.

"Saya pak?"

"Iya."

"Dijja pak."

"Oalah, River emang kayak gitu ya anaknya?"

"Kurang tau saya pak. Dia kalo masuk ke kelas ya biasanya langsung tidur dilantai. Tuh ada karpet yang dia bawa dari rumah."

Gue agak miringin kepala dan ngeliat ke bagian belakang deket lemari. Iya, ada gulungan karpet disana. Berarti beneran River suka tidur dikelas. Kok bisa gak disita itu benda.

Gue entah iri atau gimana, jaman gue dulu kagak ada yang tidur sampe ngebawa karpet begini. Jaman dulu mah pada takut sama guru.

"Emang itu gak disita sama guru yang ngeliat?" tanya gue lagi. Kok gue jadi kepo begini.

"Beberapa kali emang sering disita sih pak, cuma River gak peduli dia tetep bawa baru. Saya curiga orang tuanya jualan karpet pak." jawaban polos dari Dijja ngebuat gue ketawa kecil.

"Iya mungkin ya." kata gue sambil ketawa.

"Yakan pak. Kita sepemikiran kan?" Dijja berbinar-binar.

"Haha boleh boleh, juragan karpet mungkin."

Gue pun berlarut obrolan dengan murid disana, sampe ngelupain kejadian tadi. Ya meski River kurang ajar, gue biarin lah. Gue selalu inget-inget, gue ini guru baru. Tampang gue begini aja udah banyak banget yang gak suka gue.

Gue emang asal nebak, tapi gue ngerasa. Pandangan guru-guru lama tuh, kayak mengintimidasi. Apalagi guru senior, gue cuma lewat aja, kayak gue mau dilabrak saat itu juga.

Tantangan sih ini buat gue. Pokoknya gue harus nahan, dan berusaha bodo amat. Kerja, uang, dan mama intinya itu yang gue tanamkan. Kalo gak gitu, gue beneran minder. Ya gimana kan gue tertekan.

Bel tanda pelajaran ke tiga dan empat selesai, sekarang waktunya istirahat. Gue baru nyadar pas mau balik ke kantor, ternyata River kagak balik ke kelas. Dahlah gue serahin anak itu ke ahlinya. Gue masih guru kecil, nama gue pun terkenal karena tampang.

"Gimana pak, lancar gak nih?" gue baru duduk dimeja gue, langsung disambut pertanyaan dari guru perempuan yang duduk didepan gue. Namanya Bu Nanda, guru bahasa Inggris.

"Syukur Buk Nda, lancar. Anak-anak juga gak begitu susah diaturnya." balas gue sambil agak canggung.

"Kalo ada anak nakal, bilang ke pak Prito aja. Biar dia yang nangangin."

"Baik buk. Gak ada yang nakal kok."

Gue bohong. Yakali gue bilang tadi ada yang mau ngerokok. Gue bukan ngelindungin, cuma gue gak mau terlibat, nanti makin panjang, gue makin lama nih pulangnya. Ribet dah pokoknya.

Gue orangnya anti ribet, makanya gue gamau terlibat apapun kasus disekolah. Gue ini guru apaan coba. Guru Gen Z, alias gak mau ribet. Ngajar aja bikin puyeng, malah ke seret kasus-kasus begitu.

Gue lupa minta mama ngebawain gue bekal, ya maklum istri belum punya. Minta ke mama aja, meski tiap minta bakal diomelin.

"Nyari istri sana. Udah tua juga, ketuaan ntar gak ada yang mau." ini kata-kata sampe gue hapal, tiap gue minta mama masakin bekal.

Nyekelit sih, tapi kan umur segue ini belum tua lah. Target gue nikah umur tiga puluhan. Biar mateng secara finansial dan kepribadian.

Karena gue gak bawa bekal, hal itu ngebuat gue harus jalan dari ujung ke ujung buat ke kantin. Yang pastinya penuh. Yaudah gue ngalah dulu sambil duduk di mejanya dan belum pesan apapun.

Beberapa murid nyapa gue, dengan senang hati gue balas sapaan mereka. Mereka tuh sebenernya lucu-lucu. Yang cewe pendek-pendek, terus malu-malu gitu. Mereka seumuran adek gue, tapi adek gue gak kayak mereka, dia mah malu-maluin.

"Pak Andra!" panggil seseorang dari stan bakso.

River. Dengan senyuman lebar sambil memegang semangkok bakso kayaknya, dia jalan cepat kearah gue yang lagi duduk didepan stan soto. Nunggu anak-anak pesen dulu.

"Saya boleh makan semeja bareng bapak ngga?" tanyanya tapi dia lebih duduk duduk dihadapan gue. Ya kalo gitu ngapain minta izin ke gue.

"Silahkan." balas gue sambil noleh ke antrian stan soto yang gak ada habisnya.

"Bapak lagi nunggu pesenan?"

"Saya belum pesen, itu saya ngeduluin anak-anak." tunjuk gue dengan dagu kearah stan soto yang keliatannya gak bakal sepi.

"Oh. Bentar."

"Ngapain kamu?"

River beranjak dari kursi, ninggalin semangkok bakso yang penuh sama cabai itu. Gue pun mengikuti arah dia mau kemana. Dia berdiri di kerumunan stan soto itu.

"Buk, soto spesial komplit satu. Sekarang ya." ujarnya agak kencang, jadi gue bisa denger.

"Ngantri dong." sindir dari salah murid cowo.

"Ya yang lu liat gue sekarang ngapain? nangkep cupang?"

"Tapi lu tadi nyuruh sekarang."

"Ya suka-suka gue lah, orang gue beli. Gue beli pake uang, uang gue sendiri. Ngapain lu sewot." kata River sambil melayangkan tatapan malasnya.

"Elu yang sewot, gue juga beli pake uang gue sendiri." balasnya gak mau kalah.

Gue mau menengahi tapi River lebih dulu dikasih semangkok soto dari penjualnya. Dia jalan ke meja gue sambil tersenyum lebar.

"Mentang-mentang punya kuasa, malah dibuat seenaknya." sindir murid cowo itu.

"Iri bilang boskuh!" teriak River yang mengundang tatapan dari seluruh penjuru kantin.

"Sstt River." sela gue.

"Siap pak Andra saya diem hehe."

tbc...

✎ nv 17/10/24

RIVER Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang