Chapter 7

1.6K 336 39
                                    

Happy Reading

Ini udah beberapa hari semenjak River datang nemenin gue di kantor waktu itu. Dan udah beberapa hari ini gue gak ngeliat dia seliweran.

Biasanya tuh setiap pagi sebelum bel masuk, dia datang dengan senyuman lebar dan mata sipitnya ngasih gue sarapan. Apapun sarapannya dan tiap hari berbeda.

Gue akui River itu baik banget, gak cuma ke gue ke semua orang juga baik. Gue juga tau fakta kalo emang River anaknya keliatan slengek-an, becanda mulu, dan tipikal murid yang masuk kelas pokoknya masuk. Tapi ada kalanya dia bisa serius dipelajaran gue, gatau kalo pelajaran yang lain.

Dia gak pernah ngegunain kuasanya buat semena-mena, kecuali ada orang lain yang duluan ngusik dia. Beberapa kali juga dia selalu dateng dengan keadaan muka bonyok, dan minta gue obatin.

Dan tiap gue tanya kenapa, dia selalu bilang dengan santainya. "Saya lagi nyoba jadi pahlawan pak, membela kebenaran."

Jawabannya kayak bocah banget kan, iya River itu masih anak-anak. Dimata gue dia masih selalu pengen main-main, dan pengen tau. Beda sama gue yang cenderung menjauh, bodo amat kalo itu bukan urusan gue.

Gue jadi kepikiran sama River, apa gue udah ngebuat kesalahan sampe-sampe River udah gak nunjukin mukanya lagi. Satu sisi gue harusnya lega gak diikutin lagi, tapi satu sisi lagi gue ngerasa kosong.

Jadi gue ini kenapa?

"Pak Andra ngelamun aja, cicilan numpuk pak?" murid gue yang juga salah satu kawannya River bersuara. Kalo gak salah namanya Afis.

"Kenapa gak masuk kelas?"

"Kelas saya kebocoran pak, basah semua. Emang nasib kelas peyot."

"Udah bilang ke Pak Andik?"

"Gatau pak, biarin ketua kelasnya aja."

Gue ngangguk dan memandangin guyuran air yang kian deras. Gue lagi di kantin, ditemani kopi susu sama gorengan. Emang mantap apalagi cuacanya begini.

"River kemana Fis?" mulut gue bertanya ketika Afis duduk didepan gue sambil ngebawa semangkuk bakso.

"Kok nanya saya, terus saya nanya siapa pak?" jawabnya.

"Saya serius loh nanyanya."

"Hadeh, River lagi galau pak, lagian bapak sih gak pernah peka."

"Bener?"

"Terakhir sih saya liat dia murung gitu pak. Gatau deh sekarang."

Segitunya ya River, gue yang jadi gak enak, kepikiran gitu. Tapi gue bisa berbuat apa, kondisi kayak gini tuh pertama kalinya buat gue. Tapi gue juga gak tega ngeliat effort dan kebaikannya River yang dia kasih ke gue.

"Kapan kamu liat dia?" tanya gue lagi.

"Tiga hari yang lalu sih pak waktu di markas. Dan hari ini saya gak tau dia dia mana, digrup juga dia gak nimbrung."

Tuhkan, makin khawatir gue. Tau sendiri sifat River tuh keras kepala. Hal aneh-aneh bakal dia lakuin, gue cuma takut aja dia kenapa-kenapa. Temen-temennya aja gak tau.

"Kalo pak Andra belum bisa ngebales perasaan Erick, setidaknya pak Andra coba dulu pelan-pelan. Maksud saya, kasih Erick perhatian pak. Sejujurnya Erick tuh anak yang kesepian pak, orang tuanya tuh sibuk kerja, dia juga anak tunggal."

Gue makin ngerasa bersalah. Gue natap Afis yang tengah serius cerita tentang River sambil nyeruput mie bihun, agak ngeselin sih tapi kalo gak dari Afis gue mana tau kehidupan River.

"Orang tuanya gak pernah ada dirumah pak, dia selalu dititipin sama pembantunya. Kalo gak sama kita-kita pasti tuh anak kesepian, tapi kita-kita juga gak bisa nemenin dia tiap waktu juga kan pak." tutur Afis yang merupakan kebenaran.

"Makanya saya sama temen-temen tuh seneng akhirnya Erick suka sama orang, meski... mohon maaf ya pak, meski Erick suka sama sesama jenis. Tandanya dia udah nemu sosok yang dia rasa bisa nemenin hari-harinya."

"Saya sama temen-temen selalu ngedukung apapun yang Erick lakuin, karena saya ngerasa Erick tuh tulus pak. Jadi coba deh pak Andra pelan-pelan aja jalanin. Gak mungkin juga kan pak Andra gak ngerasa suka ke Erick setelah hal aneh yang dia lakuin demi perhatian bapak." jelas Afis.

Pernyataan Afis gak salah, gue kadang ngerasa berdebar tiap hari River ngelakuin hal apapun ke gue. Tapi kala itu gue langsung nepis rasa itu, karena dalam benak gue, tertanam kalo River itu murid gue gak lebih.

Jadi sebab tamparan kecil dari Afis, sekarang gue didepan pintu rumah River. Gue masih ragu buat nekan belnya. Takut aja, entah apa yang gue takutin padahal gue sendiri yang salah.

Daripada gue kira mau maling, akhirnya gue neken belnya sekali. Dan gue tunggu pintunya kebuka, dan bener aja pintunya kebuka, muncul ibu-ibu lagi megang kain lap, inikah pembantunya.

"Iya pak? nyari siapa? ibu sama bapak lagi kerja pak, pulangnya biasanya akhir bulan." ungkap ibu ini. Benar ternyata orang tua River gak pernah ada dirumah.

"Saya gurunya River, Rivernya ada buk?"

"Oalah gurunya mas toh, masnya lagi sakit pak, katanya meriang dan sakit kepala. Makanya beberapa hari dia gak masuk sekolah, saya udah sempet nitipin suratnya kok."

Sakit. Gue makin khawatir, masa gara-gara waktu itu dia sampe sakit, mana sekarang musim hujan. Emang Andra lemot.

"Saya bisa ketemu sama River buk?"

"Boleh, mari saya antar."

Gue ngangguk dan mengekori ibu ini masuk ke kamar River. Setelah ibunya mempersilahkan gue masuk, ibunya pergi ninggalin gue sama sosok pemuda yang terbungkus selimut angry bird.

"Buk... pala River napa muter-muter terus ya." gumamnya.

Gue ngedeket ke kasur River, dan duduk disebelahnya. River si anak periang sekarang yang gue liat dia keliatan lemah, bibir pucat dan keringat yang ngebasahi kening serta lehernya.

"Ternyata jagoan bisa tumbang juga katanya mau ngejar saya sampe ke ujung dunia?" canda gue sambil ngusap keringat dingin River.

"Tuhkan buk, kayaknya River halusinasi deh, obatnya bener gak sih itu. Masa River malah denger suara pak Andra, kalo kayak gini River mana bisa ngelupain dia buk." racaunya ngebuat gue ketawa kecil, ternyata River beneran anak kecil yang masih butuh banyak perhatian.

"Coba buka matanya." pinta gue dengan nada pelan.

"Gamau buk, nanti halusinasi River sama pak Andra ilang."

"Buka dulu makanya."

River perlahan ngebuka matanya, gue senyum kecil ketika River keliatan kaget. Lucu aja dimata gue.

"Ini pak Andra atau Buk Ti?" masih sempet-sempetnya nanya dong tuh anak.

"Ini saya pak Andra."

"Gak percaya."

Entah keberanian darimana, gue ngedeketin wajah gue ke wajahnya River dan niup matanya. Beberapa detik kemudian dia barulah tersadar, dan narik pinggang gue ngedeket kearah dia, ngebuat gue jatuh diatasnya. Untungnya satu tangan gue buat jadi tumpuan, biar gak ambruk ke River, kasihan dia lagi sakit.

"Saya bakal lebih percaya kalo saya diizinin nyium pak Andra."

tbc...

✎ nv 2/11/24

RIVER Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang