Tes... Tes... Tes...
1, 2, 3...
Halow, apakah masih ada yang nongkrong di cerita berdebu ini?
Kalau ada, move on heeeyy /heh.
Gak. Bercanda. Halo semua! Lama tidak berjumpa. Yang dulunya bocil kematian mungkin sekarang udah jadi abege labil, yang dulu abege labil sekarang lagi jadi mahasiswa-mahasiswi sakit jiwa, yang dulu mahasiswa-mahasiswi sakit jiwa sekarang makin gila digempur kehidupan nyata, yang udah tua... ya bertambah tua WKWK.
Aku sendiri kategorinya abege labil yang sekarang udah mencicipi ketidakwarasan kehidupan nyata. Kayaknya waktu nulis PG aku masih SMA menuju kuliah. Sekarang aku udah kerja ges, bahkan aku udah nikah wkwkwk. Anaknya belom ada soalnya aku malas urus bocil. Maunya pacaran halal aja /woi.
Terus tujuanku bikin ini apaan? Apakah PG akan kembali? Atau authornya cuma mau promosi karya lain kayak biasanya? Jawabannya... yang mana ya? /lha.
Jadi, sedikit curhat dulu. Di tengah kehidupan dunia kerja yang sangat mundane apalagi aku freelancer webtoon yang bertapa di rumah aja, sejujurnya aku yang introvert ini bisa kangen juga sama bergaul dengan orang2 (kok jadi galau). Tapi terlalu bingung untuk reach out temen2 lama karena kayaknya kami udah ga punya interest yang sama lagi, selain itu aku juga cepet capek ngobrol sama orang lama2 /lahgimana. Aku juga pernah vakum sosmed yang bikin sedikit canggung untuk reach out orang lagi.
Di kehidupan yang sepi tapi super sibuk ini sering bikin aku kurang bersemangat. Lalu kupikir2 apa karena aku udah jarang ngelakuin hobi lagi karena terlalu sibuk? Akhirnya kadang2 aku sempetin buat gambar. Nulis belum sih karena menurutku ngegambar corat coret asal juga masih jadi produknya, sedangkan nulis harus ngerangkai cerita, kata2, ah ribet lah pokoknya.
Tapi karena aku sempat vakum sosmed lumayan lama, engagement sosmedku berkurang, temen2ku pada jauh, akhirnya ketika aku posting karya, karya itu ga kenotis siapa2 haha. Sejujurnya aku sangat berdamai dengan yang namanya berkarya ya berkarya aja, ga usah ngejar engagement. Tapi jujur udah hampir 5 tahun berprinsip kayak gitu, lama2 sepi juga sih TwT Akuin aja baik sebagai artist maupun penulis, pasti pengen banget karyanya dilihat banyak orang.
Aku butuh banget punya sesuatu yang dinantikan dan dikejar. Pengen balik ambisius supaya semangat menjalani hari2~
2 bulan lalu aku juga bikin komik di Webtoon. Monggo kalau mau mampir2 (nah kan promosi dia).
Tapi karena sepertinya algoritma sosmed udah berubah, atau mungkin orang udah banyak yang gak minat baca Webtoon Canvas, atau mungkin aku gak punya cukup banyak orang yang ngesupport, aku udah terlambat untuk ngejar engagement di jaman sekarang.
Lalu aku mikir keras gimana nih cara ningkatin engagement? Kenapa dulu rasanya mudah banget ya biar karya kenotis kayak PG?
Nah, kemudian aku jadi ingat PG.
Mungkin aku ada dosa sama pembaca karena gak selesaikan PG dan meninggalkan kalian dengan cara menyebalkan, jadi aku dikutuk dewa Algoritma untuk tenggelam /gakgitu. Tapi serius maafkan aku ya semuanya ;w; Dulu lagi labil2nya banget dan mungkin stres juga harus mikirin mau nulis apa di PG sementara aku udah pengen banget loncat ke cerita lain tapi ga ada yang baca.
Sebenernya sampe sekarang masih sama sih. Aku masih ada beberapa kali posting cerita di Wattpad tapi ga ada yang baca. Cuman kan aku udah menerapkan prinsip tadi: "berkarya ya berkarya aja, ga usah ngejar engagement." Jadi aku santai aja ketika liat vote ceritaku 0 besar awkakwawk.
Tapi balik lagi, aku mau ubah keadaanku sekarang. Masih dengan semangat berkarya tanpa ngejar engagement, tapi tetap diusahakan untuk menarik lebih banyak audiens.
Nah, makanya aku kepikiran. Gimana kalau aku ngejar engagement dengan balik nulis PG?
Iya. Aku mau balik nulis PG. Kali ini aku mau fair2 aja, kalau aku pengen kalian move on ke karyaku yang lain alias pindah fandom (??), aku harus tuntasin PG dulu hahaha. Aku udah mengalami pendewasaan (semoga), jadi aku akan terima kalau aku harus menyelesaikan PG.
TAPIII
Jujur sih aku masih tetap belum ada semangat menggebu2 untuk berlama2 nulis PG, dan ternyata aku juga kurang suka sama genre sci-fi karena aku nggak sepintar itu /yha. Alhasil banyak plot hole yang harus aku kasih jawaban tapi aku ga tau jawabannya apa.
PG sepertinya akan aku remake dari segi genre dan tema cerita yang lebih aku suka yaitu fantasi dan supernatural. Apakah akan ditulis lagi dari awal atau nggak, rencananya sih nggak, karena kayaknya hanya perlu pengubahan beberapa alur supaya nyambung sama visi yang mau kutulis.
Dan... sepertinya PG ga akan jadi trilogi. 1 buku aja udah cukup.
Karakter2 baru yang muncul di PG 2 akan dihilangkan. Maafkan aku ya semuanya, tapi aku inget dulu beberapa kawanku juga bilang PG jadi kurang menarik ketika masuk ke buku ke-3. Buku ke-2 masih cukup menarik sih kayaknya, tapi karena aku mau menghilangkan buku ke-3, maka aku harus menghilangkan buku ke-2 juga karena tema ceritanya akan bener2 berubah.
Dan kesalahanku yang paling fatal adalah... aku ga pernah nulis outline cerita PG makanya bisa kehabisan ide!! Huahahaha. Aku juga dulu belum belajar teori storytelling, yang paling basic adalah three-act structure.
Sekarang aku mau menggodok outline PG dulu baru bener2 mulai nulis dan mulai rilis lagi. Jangan berharap banyak, mungkin akan menghabiskan beberapa bulan karena udah sibuk kerja. Tapi akan kuusahakan ini bukan cuma janji manis TwT
Tapi menurut kalian gimana? Apakah kalian setuju PG hanya akan jadi 1 buku aja? (Sebenernya setuju gak setuju bakal kulakukan sih /heh). Yang penting ceritanya tamat kan? Supaya kalian gak penasaran endingnya kayak gimana wkwkwk.
Dan yang paling penting adalah... aku mau tes ombak dulu. Kalau respon chapter ini banyak, aku akan remake PG. Kalau nggak ya ngapain kan malas /woi. Makanya komentar lah kalian semuaah.
Sekian deh. Tadi bilangnya sedikit aja curhatnya, tau2 udah bejibun aja wkwk. Sambil menunggu, mungkin kalian bisa baca2 ceritaku yang lain atau mampir ke webtoonku barusan~
Sampai jumpaaa!