Dunia ini tempat untuk digali kekayaannya bagi para kurcaci. Dunia ini tempat yang sementara bagi para elf. Dunia ini adalah singgasana terbesar yang bisa para orc duduki. Dan untuk para manusia, dunia ini hampir berarti segalanya bagi mereka. Sumber kekayaan, tempat penghabisan napas mereka yang singkat, sampai memperebutkan takhta satu sama lain.
Di Pramata, dunia nun jauh dari bumi, terdapat satu benua berisi tiga negara inti yang menjadi tempat tinggal beragam ras dan kehidupan. Pantvét, begitu mereka memanggil benua itu.
Di tanah hijau yang subur, Hillar berdiri menjadi negara paling besar yang mencakup Yilen sampai Hutan Southern Athwood yang kering dan dingin. Indriath menjadi ibu kota negara tersebut, memecah kasta dan kedudukan ras yang dulu menjadi penghalang antar makhluk hidup untuk tinggal berdampingan. Namun di Indriath dan Yilen, manusia, elf, setengah orc, kurcaci sampai gnome hidup dan melakukan kegiatan sehari-hati bersama.
Walau begitu, sebagian besar populasi Yilen adalah kurcaci sedangkan Indriath adalah manusia.
Ghewlin, ah, harum padi di pagi hari dan asap arang di sore hari adalah warna asli dari negeri para petani ini. Hampir seluruh populasinya adalah manusia dengan petani atau peternak sebagai mata pencaharian mereka. Ghewlin menjadi pemasok padi, gandum, stok hewani dan bahan pangan lain terbesar seantero Pantvét. Bahkan hasil umbi-umbian mereka terkenal sampai ke Chatrawall.
Hutan sunyi, tempat para elf bersemayam, pepohonan rimbun yang seakan menutupi melindungi ras Pramata yang terkenal karena keindahan dan keanggunannya. Bloomleaf berdiri bahkan sebelum hutan Athwood selebat sekarang, jauh sebelum para kurcaci dari Parl-Parl City menginjakkan kakinya di pesisir pasir pantai Yilen.
Di tengah hutannya yang gelap, kastil kerajaan Elf yang dipimpin seorang raja berusia 846 tahun menjadi tempat yang paling jarang dikunjungi orang luar. Di sana, para elf dengan kasta tertinggi hidup melayani raja mereka yang katanya belum punya keturunan untuk meneruskan takhta. Mereka tidak terlalu peduli, kehidupan elf bisa berlangsung selama 5000 tahun lamanya.
Tidak jauh berbeda, Aloondell juga merupakan kota yang seratus persen populasinya adalah ras bertelinga runcing. Dengan penjagaan ketat dari prajurit Kastil Bloomleaf, tidak ada yang bisa masuk dan keluar dengan mudah ke Aloondell.
Lahan kering, pulau-pulau yang gersang, dilengkapi satu-satunya pemukiman di negeri Atterios, Krast. Dengan medan dan iklim yang ekstrem, tidak ada makhluk berdarah panas yang masih punya akal sehat untuk tinggal di sana. Lalu, pemukiman seperti apa yang masih eksis di tanah berpecah Krast? Benar, orc dan goblin. Musuh dari kaum manusia dan elf, para pengganggu, perusak dan petarung.
***
Halo semuanya! Chapter ini masih kenalan dulu ya sama latar tempat cerita kali ini yaitu "Pramata". Yup, kalo kalian berpikir aku ambil dari kata permata, kalian benar. Filosofinya karena dunia ini seberharga dan seberseri permata hewhewhew
Kira-kira kalo kalian tinggal di Pramata, kalian mau menetap di mana??
-Diah
KAMU SEDANG MEMBACA
Yinerva: The Lake of Life
Fantasi"Mengadopsi seorang ibu bukanlah hal yang patut dicontoh." Yinerva, seorang copet yang beraksi di pesta-pesta orang kaya bermodalkan mantra sihir yang ia dapat dari sang ibu harus keluar dari zona nyamannya. Nyonya Katrin, pemilik apartemen kumuh di...