Gloria Stuart sebagai Rose Dawson Calvert: Rose tua sekaligus narator dalam film. Cameron menyatakan, "Dalam rangka untuk melihat masa kini dan masa lalu, aku memutuskan untuk membuat sebuah karakter fiksi yang selamat dan akan menghubungkan kita lewat sejarah". Rose Dawson Calvert merupakan Rose saat berusia 100 tahun yang memberikan informasi pada Lovett mengenai "Heart of the Ocean" setelah ia menemukan lukisan telanjangnya di bangkai kapal. Dia berkisah saat dia naik kapal, menceritakan tentang Jack untuk pertama kalinya sejak tenggelamnya kapal tersebut. Stuart berusia 87 tahun saat memerankan peran ini, sehingga dia harus "dibuat" tampak lebih tua untuk peran tersebut.
Tentang pemilihan Stuart, Cameron berkata: "casting directorku yang menemukannya. Dia dikirim dalam misi untuk menemukan aktris-aktris dari Era Klasik Hollywood. Cameron pada awalnya bahkan tidak mengetahui siapa itu Stuart dan mempertimbangkan aktris senior Fay Wray untuk memerankan Rose. "Tapi Stuart tertarik pada peran ini dan dia memiliki semangat yang besar. Aku melihat hubungannya dengan jiwa dan semangat Winslet. Aku melihat adanya kecocokan pada mereka berdua dan kurasa penonton akan mampu membuat pandangan kognitif bahwa mereka berdua adalah orang yang sama.
Winslet dan Stuart menyatakan keyakinan mereka bahwa karakter Rose meninggal pada akhir film, namun Cameron menyatakan dalam komentarnya di DVD bahwa ia lebih memilih membiarkan penonton untuk membentuk interpretasi mereka sendiri mengenai akhir cerita. Stuart meninggal pada tanggal 26 September 2010 pada usia 100 tahun, usia yang hampir sama dengan usia Rose tua dalam film.