Miss Konsepsi Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

1.3K 57 12
                                    

Nah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nah.... di Part ini, aku mau bahas tentang miss konsepsi tentang ilmu komunikasi. Mungkin, beberapa di antara kalian pernah berpikir tentang begini haha

1. Pinter ngomong.

Ini tuh, No banget. Meski kita dituntut untuk bisa ngomong, tapi nggak semua anak komunikasi bisa ngomong di depan umum kok. Dan anak komunikasi seperti anak dari jurusan lainnya. Ada yang ahli banget ngomongnya, ada juga yang suka malu-malu kucing sama malu-malu t*i. #Upsss... 

Jadi, kalo kamu bukan orang yang berani ngomong di depan umum, jangan langsung minder buat ngambil komunikasi. Karena pada akhirnya, semua jurusan pasti memungkinkan kalian buat bisa berbicara di depan umum. Soalnya di zaman sekarang ini, setiap orang ngelamar kerja--terutama di kantor-- mereka pasti bakalan di tes untuk menjelaskan sesuatu di hadapan para juri yang mau terima kamu bekerja di situ atau nggak. Meski di dalam ilmu komunikasi, kalian memang bakal lebih detil lagi membahas tentang permasalahan komunikasi di antara umat. Baik inthere atau outhere.. By self or by people.

Info aja nih, di komunikasi nanti, kalian pasti bakal ketemu matku--mata kuliah--public speaking.

2. Jurnalis

Oke, ini mungkin pengetahuan umum yang paling banyak diketahuin orang-orang dan aku nggak meyalahkan ini. Nggak salah kalau kalian nyebut, anak komunikasi bakalan jadi jurnalis. Meski pada kenyataanya, nggak semua kok.

Jurusan ilmu komunikasi, ternyata setelah melakukan pembedahan--alias lulus di Komunikasi--bukan sekedar bahas tentang dunia jurnalis--kewartawanan dkk. Melainkan, kalian juga bakal diajarin tentang PR--ternyata beda juga dengan humas--, advertising, lobbying, marketing, and other only you don't know *judul webtoon* wkwkwk

3. Bikin Film

Heol *bahasa Korea gue keluar* *plak

Oke, memang bener kalau lu bakal bikin film atau produksi studio. Tapi perlu ditekankan. Nggak semua anak komunikasi bakalan ikut hal ini. Biasanya, ini bakal di ambil sama orang-orang yang ambil peminatan Jurnalistik (Undip). Di Unpad, aku liat udah ada peminatan Broadcasting. Mungkin mereka jauh lebih spesifik lagi ngebahas tentang tetek benget yang berhubungan dengan ini.

Tapi faktanya, jangan berharap lebih. Lo kira bikin film atau produksi studio gampang? Sampai sekarnag aja proposal gue nggak diterima. Padahal itu buat nilai UAS.

4. Anaknya cantik dan ganteng

Sumpah demi apapun ya mbak. Yang masuk kom karena ini, mending nikah wae. Kuliah mahal. Kalo cuma nyari pasangan hidup mah, ojo kuliah, mas, mbak. Susahin orangtua.

Sisanya adalah, karena persepsi ini, banyak yang minder buat masuk komunikasi. Mereka yang rendah diri--semua orang cantik dan ganteng dengan cara mereka sendiri *bler quotes*-- jadi takut buat masuk komunikasi.

5. Hedon dan Fashionable

Faktanya adalah ... seluruh jurusan yang berhubungan dengan komunikasi memang menuntut orang buat tampil menarik di depan umum. Terutama anak-anak komunikasi strategis yang bekecimpung dalam dunia Public Relations, marketing, and other

Satu lagi, kayaknya nggak cuma komunikasi deh yang fashionable dan tampil se-apik mungkin, jurusan lain pun begitu. Contoh: manajemen, Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, dll.

Hedon? Hedonisme itu berarti kesenangan yang didapat saat itu juga. Dan faktanya, semua orang pasti hedon. PASTI! Meski takarannya beda-beda. Dan yang pasti, nggak cuma anak komunikasi doang kok yang hedon. Tetapi juga jurusan lain.


Oke, sekian dulu miss konsepsinya.

P.S. Buat yang mau request, silahkan tulis di komentar ataupun inbox saya. Bingung panggil saya gimana, cukup panggil saya, SAYANG *PLAK *Jombs kumat. --Bler aja cukup. Dipanggil Troye juga gak apa. Atau bini Eunhyuk/Wonwoo

CommunicationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang