Jadi "Pandu" Ibuku (2)

99 9 3
                                    

Mobil Pandu melambat didepan mall. Ternyata gue diajak jalan ke mall nih.

Senangnya...

"Dah nyampe kita" kata Pandu sambil melepas seatbeltnya.

"Lu ngapain ajak gue ke mall?"

"Gue ngajak lu nonton"

"Cuma kita aja?"

"Iya"

Pantesan lu gapunya temen laen, mainnya ama gue mulu.

Sampai di bioskop cuma dua film yang diputar.

"Lah, film yang diputer cuma dua ini aja 'Ada Apa Dengan Mbok? 2' sama 'RW War'" gumam Pandu.

"Yaudah, kita nonton RW War aja" kata Pandu.

"Okelah..." jawab gue.

Kemudian kita ngeliat antrian dan antriannya panjang banget.

"Mending gausah kali ya, Ndu?"

"Udahlah kita ngantri aja, nanti juga dapet tiket"

Sabar aja deh, katanya orang sabar pantatnya lebar.

Plakk.

Pas udah didepan counter tiket (ngantri kira-kira 20 menit-an), gue ngeliat staff bioskop ngeluarin kertas yang bertulis...

"RW WAR SOLD OUT!!!" kata gue dengan suara yang agak keras sampe diliatin orang.

"LAH?!" bingung Pandu.

Sistah penjual tiket mulai menyapa.
"Selamat siang, film buat hari ini tinggal 'AADM? 2'" aja mas"

"Gausah lah kalo gitu, gue kurang tertarik ama drama romansa gitu" kata gue.

Kurang tertarik karena belom pernah punya *nangis*... gaalah.

"Tapi kan kita udah capek ngantri, lagian kan gue yang traktir. Udah yang penting nonton" protes Pandu.

Rasanya pen ditabok.

"Serah lu dah, Ndu!"

"Oke! Mbak tiket 'AADM? 2'nya dua!"

Kebeli juga deh tu tiket.

Siang kita, diisi oleh drama romansa tentang pembantu yang sedang pulang kampung bersama teman-teman dekatnya dan tidak sengaja bertemu dengan cinta pertamanya dimasa SMA.

Jujur, filmnya bikin gue agak baper.

Plakk.

Sorenya, kita dinner di rumah makan kecil nan sederhana yang biasa disebut 'Warteg'.

"Juragan pizza kok ngajak gue ke warteg?"

"Sumpah, lu harus coba tempenya. Enak banget"

Pas dicoba ternyata enak juga sih.

Malemnya, Pandu ngajak gue ke atap gedung kantoran yang udah gak kepake lagi, ngeliat pemandangan kota Jakarta yang gak pernah tidur.

"Lu ngapain ngajak gue kesini, Ndu? Romantis amat ampe gue jijik"

"Coba lu liat deh, pemandangan dari sini lumayan bagus kan?"

"Bagus dari mana? Yang gue liat cuma Jalanan macet, asep kendaraan, sama lampu merah yang kedap-kedip gak karuan"

"Emang kebiasaan lu dari dulu"

"Maksudnya?"

"Lu itu kadang suka pesimis dengan suatu hal. Coba lu liat pemandangan ini secara luas, jangan melihat detilnya aja. Liat langit yang dihias bulan sama bintang, liat jalan yang diterangi lampu sepanjangnya, liat gedung-gedung yang mencakar langit... Dan tanpa lu sadari, semuanya bakal berubah, dari cara lu lihat, dengar, bahkan cara lu ngerasa"

Gue terdiam sejenak atas apa yang Pandu bilang ke gue.

Emang bener apa kata Pandu, dari dulu gue orangnya pesimis, penakut, kurang menikmati apa karunia terbesar dari Tuhan, yaitu

Hidup.

......

Gue bersyukur punya sahabat yang bisa selalu nyemangatin gue, seketika hidup gue terasa lebih ringan dan bahagia dengannya.

Pandu pun anterin gue pulang ke apartemen. Nggak lupa, gue titip salam sama keluarganya juga.

Di atas, di koridor menuju ruang apartemen gue. Gue denger suara tangisan dari arah 402, pintunya kebuka lebar dan keliatan berantakan isinya.

Cewek imut berkacamata itu nangis dilantai ngeliat barang-barangnya yang udah ancur berserakan.

Apa yang harus gue lakukan?













KabyururuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang