Lisa adalah seorang mahasiswi tingkat pertama disalah satu perguruan tinggi di Jakarta jurusan Desain Grafis. Karena di jurusan Desain memerlukan dana untuk tugas praktek dan cetak mencetak. Lisa berusaha untuk membantu orang tuanya dengan bekerja apa saja asal halal misal menjadi pramuniaga di bazar atau kalau sedang ada pameran di Jakarta untuk mencari dana tambahan kuliahnya. Seiring berjalannya itu Lisa mencari pasangan yang memiliki kendaraan untuk bisa mengantar dan menjemputnya. Waktu baru selesai mata kuliah pertama yaitu Kaligrafi Lisa mengirim pesan smsnya kepada laki - laki yang bernama Ara yang perbedaan usianya jauh lebih dewasa dengan Lisa. Lisa masih 19 tahun dan Ara sudah 23 tahun kuliahnyapun juga sudah menempuh skripsi. "Sudah enggak ada mata kuliah lagi Lisa"? Tanya Nila sahabatnya yang duduk di sebelah Lisa. "Enggak kok, aku sudah selesai"jawab Lisa. "Kamu cuma satu mata kuliah saja hari ini" kata Tina menimpali. "Iyah.."kata Lisa
"Oh yah, nanti sorean aku kerumah kamu yah Nilaaa..., untuk mengerjakan tugas Nirmana" kata Lisa sambil berpamitan dan melangkah menelusuri lorong kampus sambil mengangkat telepon dari Ara. "Iyah Ara, aku keluar halaman kampus sekarang"kata Lisa dan saat itu juga di parkiran kampus Lisa melihat mobil hitam yang sudah menunggunya. Lisa masuk kedalam mobil tersebut, dan menaruh Hpnya di tasnya lalu Ara mulai menghidupkan mesin mobilnya kemudian mulai mengemudi setir mobilnya. "Skripsi kamu bagaimana"? Tanya Lisa. "Dosen pembimbing aku seperti biasa, susah sekali dalam memberikan ACC untuk ke bab selanjutnya" jawab Ara. "Oh yah, Ara aku mau ke supermarket sebentar yang didekat sini. Gimana kamu enggak keberatan"? Tanya Lisa. "Aku hari ini enggak ada jadwal bimbangan. Yah okey"jawab Ara. Dan Ara mengemudi mobilnya kearah supermarket itu setelah sampai di supermarket, mobil Ara masuk kedalam area parkir lalu mencari tempat parkir yang kosong dan mematikan mesin mobilnya. "Mereka memang masih ada kuliah apa"? Tanya Ara. "Ohhh..teman - teman aku itu. Nila dan Tina, mereka masih ada kuliah komputer Grafis sampai sore maka itu aku baru bisa kerumah Nila nanti sore"jawab Lisa. "Dan sekarang aku mau belanja dulu untuk keperluan rumah"kata Nila sambil turun dari mobil dan Ara mendampinginya saat berjalan menuju pintu masuk supermarket. Didalamnya Lisa mengambil keranjang dan membeli bumbu instan masakan. "Suka masak kamu dirumah"? Tanya Lisa. "Aku malah tiap hari masak dan mengurus rumah. Karena mama aku kerja dan pulangnya sore sedangkan papa aku juga sibuk"jawab Lisa. "Terus tugas yang kamu mau kerjakan itu Nirmana memang tugas yang bagaimana"? Tanya Ara. "Bermain warna begitulah"jawab Lisa. Dan saat itu Ara membantunya belanja dengan memilih bumbu makanan instan dan Ara mengambil bungkusan bumbu Nasi Goreng instan. "Aku suka sekali dengan Nasi Goreng, kamu pasti bisa masak untuk aku"kata Ara sambil memasukkannya kedalam keranjang Lisa. "Iyah yang aku begitulah, laki - laki suka dengan perempuan yang bisa memasak"kata Lisa dan saat itu arah matanya tertuju pada tumpukan kaset lagu. "Sebentar aku juga mau beli kaset lagu kesukaan aku disana"kata Lisa dan melangkah kearah tumpukan kaset lagu tersebut, Ara mengikutinya dari belakang. "kamu juga suka lagu ini" kata Ara semangat sambil memegang kaset yang dipilih oleh Lisa. "Iyah aku suka"kata Lisa lalu melangkah menuju kasir untuk membayar semua yang dibelinya setelah itu dia keluar gedung supermarket dan kembali ke area parkir kendaraan. Lisa masuk kedalam mobil lebih dulu dan Ara menyusulnya sambil menghidupkan mesinnya. "Sudah jam 4, kita kerumah Nila sekarang"kata Lisa sambil melirik jam tangan. "Iyah okey"kata Ara waktu mobil mulai bergerak meninggalkan tempat tersebut Lisa memutar kaset yang baru dibelinya dan memelankan volume suaranya tepat saat itu Nila mengirim pesan kepadanya. "Lisa, aku sekarang sudah dirumah dan disini ada Tina. Aku tunggu yah" dan Lisa membalasnya. "Iyah Nila, aku juga baru keluar dari supermarket tunggu aku yah" lalu Lisa memasukkan Hpnya kedalam tasnya. "Kamu tahu lagu ini romantis sekali"kata Ara bercerita. "Iyah aku tahu makanya aku suka"kata Lisa. Di jalanan terasa agak macet dan untuk menghilangkan kebosanan Lisa bernyanyi kecil lagu yang diputarnya. "Ketika malam penuh bintang diantara cahaya temaram, kau beri aku kesejukkan tapi hatiku bimbang" "rumah Nila dimana Lisa"? Tanya Ara. "Enggak jauh dari kampus kok cuma 30 menit saja sudah sampai"jawab Lisa dan Ara mengemudi setirnya untuk kembali ke jalan arah kampus lalu Lisa menunjukkan arah jalan yang harus dilewatinya untuk menuju rumah Nila. "Lewat kolong ini"? Tanya Ara. "Iyah dan putar arah lalu lurus saja begitu sampai restoran itu kamu ambil kiri"jawab Lisa. Lalu Ara memutar arah mobilnya dan melewati restoran yang dimaksud oleh Lisa. "Rumah Nila dekat restoran tinggal jalan kaki begini, enak sekali kalau ingin makan tinggal jalan kaki keluar rumah"kata Ara. "Masih banyak juga sebenarnya di belakang rumah Nila" kata Lisa. Setelah berapa menit akhirnya mereka sampai di pintu pagar rumah Nila, mama Nila yang melihat ada tamu diluar rumah langsung membukakan pintunya. "Oh Lisa"kata mama Nila yang sudah mengenal Lisa akrab dan dekat karena sudah biasa untuk mengerjakan tugas dirumah Nila. "Nila dan Tina dikamar kan tante"? Tanya Lisa. "Iyah, dengan siapa kamu"? Kata mama Nila dan bertanya tentang laki - laki yang berdiri di sebelah Lisa. "Oh ini, dia teman aku tante, tapi kita bukan satu kampus"jawab Lisa. "Ara, tante" kata Ara memperkenalkan diri waktu yang bersamaan Nila dan Tina baru saja keluar kamar. "Lisa, bagaimana Nirmananya"? Tanya Nila. "Iyah nanti kalau sudah sampai larut malam aku menginap disini"jawab Lisa. "Oh yah, perkenalkan dulu ini Ara, dia kuliahnya sudah skripsi sekarang ini"kata Lisa. "Oh Nila" kata sambil menyalaminya. "Ara" kata Ara membalasnya. "Tina" kata Tina memperkenalkan dirinya juga. "Kalau begitu Lisa aku pamit duluan, aku masih ada perlu dirumah nanti kalau perlu apa - apa bisa hubungi aku"kata Ara. "Mari Tante" kata Ara sambil menunduk hormat kepada mama Nila. "Oh iyah, hati - hati yah di jalan"kata mama Nila dan mobil Ara meninggalkan rumah Nila. Lalu Lisa masuk kedalam kamar Lisa untuk mulai mengerjakan tugas. "Oh jadi tadi Ara yang jemput kamu waktu di kampus"? Tanya Nila. "Iyah dia orangnya"jawab Lisa. "Lumayan ganteng juga sih" kata Tina berkomentar. "Dia terlihat memang lebih dewasa dari aku"kata Lisa. Sambil mengerjakan tugas mereka asyik mengobrol dan mama Lina masuk kedalam kamar menyiapkan cemilan gorengan bakwan dan tempe. "Terima kasih tante" kata Lisa hormat "terima kasih ma" kata Nila. "Nanti jadi kamu menginap disini"? Tanya mama Nila. "Iyah tante, karena kelihatannya tugasnya harus perlu menginap untuk mengerjakannya"jawab Lisa. "Oh yah, kelihatannya aku masih banyak kuas"kata Nila dan mengambil kuas di rak bukunya. Mama Nila tersenyum sambil meninggalkan kamar tersebut. "Pacar kamu baru"? Tanya Tina. "Aku baru saja dekat dengannya"jawab Lisa. "Ciyeeeee" kata Nila ikut berkomentar. Tanpa terasa hari sudah malam dan besok ada kuliah pagi jadi hari ini mereka istirahat dulu. Keesokan paginya dikampus waktu di kelas Lisa mengirim pesan SMS kepada Ara. "Ara, nanti jemput aku yah jam 3 aku ada dua mata kuliah sampai jam 3 baru selesai" dan setelah berapa detik Ara menjawab SMS Lisa. "Aku sekarang lagi dikampus sih bimbingan tapi nanti aku jemput kamu kalau sudah selesai" dan Lisa menaruh Hpnya didalam tas.
Dosen masuk kedalam kelas dan mulai menerangkan materi untuk perkuliahan di pagi ini dan setelah selesai dia memberikan tugas sambil menunggu jam mata kuliah berikutnya Lisa, Nila dan Tina makan di restoran yang biasa tempat jadi nongkrong mereka di samping kampus dan letaknya tinggal jalan kaki saja sudah sampai. Mahasiwi atau mahasiswa lainnya juga suka makan di restoran itu karena jaraknya sangat dekat sekali. "Oh yah mbak nasi goreng 3 yah sama es teh manis" kata Lisa sambil memesan makanan. "Animasi nanti kita kerjakan dirumah kamu yah Nila, aku menginap lagi" kata Lisa. "Iyah okey"kata Nila. "Oh yah, Lis..., bantuin tugas aku juga dong. Audio Visual" kata Tina menimpali. "Yah sudah tapi sekarang kita kerjakan Animasi dulu" kata Lisa sambil menyuap nasi gorengnya saat pelayan mengantarkannya. "Terus kamu bagaimana dengan Ara, apa kalian sudah resmi pacaran"? Tanya Nila. "Mau tahu saja kamu" jawab Lisa malu - malu. "Baru proses akan menyatakan cinta kan" kata Tina menimpali. "Tenang saja kalau aku jadi resmi pacaran dengannya kalian semua aku traktir" kata Lisa. "Horeeeeee" sorak mereka berdua Nila dan Tina sambil tertawa. "Dia jurusannya apa sih"? Tanya Tina. "Ekonomi" jawab Lisa. "Ohh aku pikir sama dengan kita juga" kata Nila menimpali. Setelah mereka selesai makan, mereka kembali ke kampus untuk mengikuti perkuliahan selanjutnya dan pada waktu sore hari jam 3 seperti yang sudah di janjikan Ara menjemput kembali Lisa dan Lisa masuk duluan duduk di kursi depan di sebelah supir dan dua sahabatnya duduk di belakang. "Bagaimana tadi skripsi kamu"? Tanya Lisa. " Masih saja revisi dan belum ada kemajuan" jawab Ara. "Aku mau kerumah Nila dan mau menginap untuk mengerjakan tugas disana" kata Lisa. "Okey" kata Ara dan mulai mengemudi mobilnya. Lama kelamaan entah bagaimana perasaan Ara seperti dijadikan supir oleh Lisa dan sejak saat itu Ara menghilang yang tandanya sudah mengakhiri hubungan dengan Lisa. Tapi pada berapa bulan kemudian Lisa berkenalan kembali dengan laki - laki lainnya kali ini seorang yang sudah mapan bekerja dan dia bekerja di kafe juga teman masa SMA Lisa dulu bernama Ozy dan dia berbeda dengan Ara yang membawa mobil. Ozy mengendarai motor gede untuk mengantar atau jemput atau menemaninya semua keperluan Lisa. Lisa langsung naik ke boncengan saat melihat Ozy di halaman kampus. Dan Ozy menghidupkan mesin dan mengemudi setir motornya untuk meninggalkan tempat tersebut. "Tadi ada tugas apa"? Tanya Ozy. "Animasi sama Komputer Grafis" jawab Lisa sambil memegang pinggang Ozy. "Banyak tugas kamu jadinya hari ini" kata Ozy. "Yah begitulah"kata Lisa. "Oh yah nanti malam, aku mau kerumah Nila untuk mengerjakan tugas dan menginap. Lagipula besok aku juga kosong enggak ada jadwal mata kuliah, jadi bisa banyak waktu untuk mengerjakannya" kata Lisa. "Okey nanti malam aku antar, tapi aku habis jemput kamu ini. Aku kembali ke kafe untuk kerja" kata Ozy. "Aku mengerti" kata Lisa. Jalanan terasa agak macet menuju arah rumah Lisa walau pada akhirnya sampai juga disana. Lisa turun dari motornya dan membuka pagar pintu rumahnya lalu masuk kedalam dan langsung naik ke atas kamarnya di sana Lisa menaruh tasnya. Dirumahnya sedang enggak ada siapa - siapa kecuali adik laki - lakinya yang terlihat baru saja mengerjakan tugas dari sekolahnya. Lisa membuka laptop dan mulai mengerjakan tugas. Teringat dia belum masak untuk makan siang, Lisa menutup laptopnya sejenak dan pergi ke dapur. "Kak Lisa..., baru pulang"? Tanya Nino adiknya. "Iyah maaf, kakak baru masak" jawab Lisa. "Mama, papa juga belum pulang" kata Nino. "Lalu Ida kemana"? Tanya Lisa. "Dia juga belum pulang" jawab Nino. "Masih dalam tugas pekerjaannya" kata Nino menjelaskannya. Dirumah Lisa 3 bersaudara kakak Lisa perempuan sudah bekerja dan adik Lisa laki - laki masih SMA kelas 3. "Kita makan berdua saja dulu kalau begitu" kata Lisa yang sudah selesai memasak. "Kak Lisa masak sup" kata Nino. "Iyah pasti kamu juga sudah lapar menunggu kakak pulang"kata Lisa sambil membuka centong nasinya. "Gimana sekolah kamu"? Tanya Lisa. "Baru saja mengerjakan tugas"jawab Nino. "Kakak juga sih baru saja mengerjakan tugas juga"kata Lisa dan saat itu terlihat dari pintu rumah mamanya baru saja pulang. "Hey Lisa" tegur mama Lisa lalu mengecup keningnya. "Kita makan bersama yuk ma" ajak Lisa. "Iyah nanti mama ganti baju dulu" kata mama Lisa dan enggak berapa lama dia kembali ke meja makan. "Aku nanti malam, mau menginap dirumah Lisa dan kebetulan aku besok enggak ada jadwal mata kuliah jadi bisa seharian penuh untuk mengerjakan tugas"kata Lisa bercerita. "Tugas apa Lis"? Tanya mama Lisa. "Animasi dan Komputer Grafis" jawab Lisa. "Tapi asal kamu jangan lupa pulang saja"kata mama Lisa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cinta Salah Kaprah By : Ayu Tyasti
Novela Juvenilcerita tentang seorang mahasiswi tingkat pertama bernama Lisa di jurusan Desain dari perguruan tinggi salah satu di Jakarta. karena di jurusan desain lebih banyak memerlukan dana untuk membuat tugas praktek dan cetak mencetak. Lisa berusaha untuk me...