APEL DAN KEBENCIAN
(Sharing dr teman, kayaknya bagus utk menata hati...)Seorang ibu guru SD sedang mengadakan permainan. beliau meminta para muridnya untuk membawa sekantong pastik transparan berisi apel. jumlah apel yang dibawa harus sesuai dengan jumlah orang yang dibenci dalam hidupnya. jadi kalu benci dengan 3 orang ya bawa 3 apel, dan seterusnya. setiap anak bebas membawa berapa pun jumlah apel yang diinginkan.
keesokan harinya, para murid dengan riang gembira membawa sekantong plastik transparan yang sudah berisi beberapa buah apel. ada yang bawa 1, 5, 7, bahkan 10! mereka mengira apel- apel itu akan segera dimakan, seolah- olah memakan orang yang dibenci. Nyaammm!! namun ternyata hal yang diharapkan tidak terjadi. bukannya dimakan, namun kantong berisi apel- apel tersebut harus dibawa ke mana saja anak-anak itu pergi selama 1 minggu, bahkan saat ke toilet sekalipun.
hari berganti hari, apel yang tadinya segar mulai membusuk, yang lama kelamaan mulai mengeluarkan bau yang menyengat. murid yang hanya membawa 1 atau 2 apel tentunya lebih beruntung dibanding yang bawa 5 atau lebih. murid yang bawa 10 apel hmapir pingsan dihari ke-5.
setelah 1 minggu, permainan usai. murid-murid pun sangat legaa. bu guru lalu bertanya, "gimana rasanyabawa apel busuk selam 1 minggu?" jawaban semuanya sama, bahwa mereka sangat tidak nyaman.
bu guru pun tersenyum dan menjelaskan, "seperti itulah kondisinya jika kebencian selalu kalian bawa di dalam hidup. semakin kalian pendam kebencian itu, semakin tidak nyaman diri kalian. bukan orang yang kalian benci tersebut yang akan merasakan dampaknya, melainkan diri kita sendiri. sungguh tidak nyaman bukan jika setiap hari harus membawa "apel busuk. bernama kebencian ke mana pun kita pergi??"
bayangkan coba kalau harus membawa apel itu selama 1 bulan?? 1 tahun?? bisa pingsan dan masuk rumah sakit. begitu pun dengan kebencian, yang akan membuat diri kita tidak nyaman. apa mau kita membawa kebencian seumur hidup bahkan sampai mati??
karena itu, ikhlaskan hati dari kebencian untuk memaafkan orang-orang yang pernah berbuat salah kepada kita.
( Copas dari buku NOTES FROM QATAR 2 karya MUHAMMAD ASSAD)
Semoga kelapangan hati menjadi penambah semangat di hari Jumat yang penuh berkah..
KAMU SEDANG MEMBACA
Pesan-Pesan Bermanfaat
RandomPesan-pesan ini aku ambil dari kiriman-kiriman di WA dan facebook, soalnya takut terhapus . Semoga bermanfaat ya. Terimakasih.