Apa sih cast itu?
Kalau dalam bahasa Indonesia, artinya kurang lebih pemeran. Jadi yang memerankan suatu lakon.
Kalau dalam Wattpad, cast inindipakai sebagai visual untuk memudahkan pembaca membayangkan tokoh cerita.
Contohnya nih, aku pas nulis About Us? Absurd masih dalam mode honeymoon sama suamiku, David Gandy. Akhirnya dia aku bikin jadi cast ceritaku.
Tuh, ganteng kan suamiku?
Kemudian, untuk tokoh utama ceweknya, aku pakai foto dari model yang mirip banget sama aku. Kenapa nggak foto aku sendiri? Nanti yang lihat jatuh cinta, terus suami aku cemburu. Wkwkwk
Foto kembaranku 😍
Nah, yang mau aku bahas adalah, penting nggak sih pakai cast ini?
Ada yang bilang, dengan dikasih cast, malah merusak imajinasi. Aku setuju. Karena aku pernah baca cerita begini:
Bad boy yang digambarin gagah dengan tubuh tinggi besar dan tatapan mengintimidasi.
Eh, tauknya gambar di media justru cowok kurus dengan tindik di hidung dan mulut--I have nothing against piercing tho--serta tatapan sendu.
I was like, "Wuuuuut?!"
Tapi ada juga pembaca yang justru minta untuk dikasih cast dengan alasan supaya memudahkan imajinasi mereka. Kan tiap orang beda ya?
Untuk aku sendiri, biasanya kalau mau pakai cast, aku bakal bilang, "Ini imajinasi aku. Kalau kalian mau bayangin model lain, terserah. Jangan sungkan."
Tapi sekarang, aku udah jarang pakai cast. Nyerahin sama pembaca aja mau gimana memvisualisasikan.
Nah, sesuai judul, ada lagi nih yang mau aku bahas.
Plagiat cast.
Aku senyum-senyum sendiri baca komentar di work ini. Dia penulis yang punya pengalaman dituduh memplagiat cast. Lha? Memang bisa begitu?
Emang si penulis satunya punya hak eksklusif atas diri artis yang jadi cast-nya? Ngawur.
Contohnya gini, ada penulis lain yang pakai David Gandy jadi cast ceritanya setelah aku. Normal gak, kalau aku nuduh dia plagiat? Nggak kan?
Eh, tapi aku berhak kibas bulu hidung sih. Kan aku istrinya. Wkwkwkwk
Aku udah pakai cast David Gandy dan Vika Levina sejak 2015. Entah kenapa, aku suka banget sama dua orang ini.
Nah, kalau gambar di bawah ini, namanya Vika Levina. Pasti udah pada banyak tahu kan? Aku sendiri pertama discover dia tahun 2012, tapi waktu itu belum tahu namanya.
Tahun 2015, ketika aku pakai dua cast itu, masih jarang banget yang pakai. David Gandy hanya dipakai 3 atau 4 cerita lain selain AUA. Sedangkan Vika malah aku gak nemuin. Mungkin ada, tapi aku gak tahu.
Kemudian aku vakum setahun dan pas kembali udah banyak yang pakai mereka berdua sebagai cast.
Sekarang, mungkin kalian malah bosan lihat mereka berdua bertebaran di banyak cerita. Lol.
Yang lucu, bukan sekali atau dua kali pembaca mengadu ke aku bilang, "Ada yang pakai David di ceritanya." atau "Cast cewekmu dipakai orang lain!"
Kalau aku konyol, bisa jadi aku terpancing. Tapi aku malah ketawa. Lha, mereka berdua kan bukan punyaku? Memangnya aku punya sertifikat kepemilikan atas diri mereka berdua? Ahahah.
Aku bukan yang pertama dan aku pun yakin gak akan jadi yang terakhir pakai mereka.
Mana ada namanya plagiat cast. Eh, kecuali kalau yang dipakai itu foto pribadi yang diambil tanpa izin. Itu yang nggak boleh.
Udah ah. Pokoknya, jangan sembarangan nuduh plagiat. Karena nggak semua cerita yang punya kemiripan itu plagiat. Pikir panjang sebelum buat tuduhan!
KAMU SEDANG MEMBACA
Shut Up! I'm Ranting!
No FicciónKatakan 'AYE' kalau kamu setuju. Ngga setuju? B*tch, please! Ini cuma opini aku jadi STFU!! Mungkin kalian bisa belajar sesuatu. Mungkin. Aku ngga jamin Jangan masuk kalau kalian gampang tersinggung! Komentar-komentar bernada benci aku hapus...