hi
h-3 gue ultah loh gAISSS :)))
jadi topik gue ini simple tapi ga simple simple banget HAHAHAHAHA apaan bgt si clar?
ya intinya seperti itu
jadi topik kali ini adalah kritik dengan dasar
kayak matematika aja ya, ada dasar nya. Kali, bagi, kurang, tambah.
Kritik juga ada.
Menurut gue pribadi sih, kritik ada dua macem nya.
1.) Kritik Membangun
Siapa sih author yang ga seneng dapet kritik membangun?kecuali emang mental lo gak kuat jd author, gue yakin pasti lu jatoh dengan kritik walaupun kritik membangun, karena gue pernah di posisi itu.
buat yg ga ngerti kritik membangun itu kayak gimana, gue contoh in ya.
"Maaf, ya. Aku boleh perbaiki sedikit ya? Harusnya, tanda koma nya sebelum tanda petik, bukan setelah. Anyway, semangat nulis, ya!"
atau kalau lo emang bingung dengan jalan cerita nya lu bisa kritik kayak
"Kak/that/min/nama author, aku gak ngerti jalan ceritanya, terlalu berbelit. Semoga aja di chapter selanjutnya bisa diperjelas lagi, ya."
terserah deh tuh aku mau lu ganti gue or nah
itu namanya kritik mendasar.
Lu ada dasar yang kuat buat bilang "gue gak ngerti cerita ini."
entah karena EBI yang bikin pusing, atau narasi yang bikin pusing.balik lagi dari tadi gue bilang,
author yang gak kuat mental,
pasti deh, dia bakal jatoh. Karena anggapan dia selama ini kan, "ah udah bagus ini cerita gue!"kenapa gue tau? karena gue ada di posisi itu sebelumnya.
Gue udah suka nulis dari kelas 3. Tulisan gue pernah nangkring di Majalah Bobo pas kelas 5 (widiiii ada yg liat ga nih) di bagian Arena Kecil atau apalah itu lupa , soalnya skrg gue langganan nya Girl Magazine sama GoGirl lol
Satu satunya saat tulisan gue di publikasi kan, ya pas di Majalah Bobo itu. Itu juga terinspirasi dari kisah nyata. Dari dulu sih gue udh nulis tulisan fantasi gue, cuma gak pernah ke publikasi in, pernah deng, di Bobo Online, dan it takes 3 weeks long buat beneran di publikasikan karena emang banyak yang kirim cerita, dan lu tau berapa words yang di publikasikan? gue ga inget pastinya, tapi cuma 4 paragraf. Dan langsung bersambung. Maklum lah, jaman baheula kagak tau namanya Outline segala macem.
pernah mau kirim ke KKPK, gak kuat nulis sebanyak itu dulu.
lanjut ke cerita,
Karena merasa tulisan gue udh hebat pas itu, gue ngerasa kayak "ah, gak perlu di edit lagi." Jadi dengan nekat gue kirim ke Wattpad, dua tahun yang lalu, dimana 11 year old clarissa ngirim story yg isinya anak anak alone dapet temen baru.
and guess what?
ada orang yang komen, paragraf terlalu panjang lah, EBI tidak sesuai lah. Dan jujur, gue down se down down nya.
Gue gak mau nulis lagi , gue mogok nulis sampe dua bulan. Gak nulis diary or apapun itu. Soalnya gue ngerasa, gue gak bisa nulis, gue gak bakat nulis.
sampai akhirnya gue ketemu temen mami gue yg kebetulan editor di majalah tentara. Dan mami gue cerita semuanya, dan kata temen mami gue,
"berarti kamu belum siap mental buat jadi penulis. Masih banyak lagi tantangan yang bakal dateng. Ini bukan berarti kamu gak bakat nulis, kamu bisa. cuma aja, kamu belum tau dasar dasarnya. Kalau kamu belajar lagi, percaya sama tante, pasti bisa."
dan semenjak itu,
gue mulai nulis di wattpad lagi.2.) Kritik menjatuhkan
gUE BARU AJA DAPET INI WOI HAHAHAHA.
gila ya.
kalian para author mau femes kek mau nggak, mau dibaca jutaan orang, dibaca ribuan orang, atau cuma seratusan, pasti punya readers macem gini.
gue tau rasanya, mau nonjok terus mau di santet biar doi terbang terasing ke zimbabwe
masalahnya gini loh,
kritikan nya gak berdasar
pasti deh lu punya readers yang komen
"ceritanya ga jelas"
"gak bener banget kamu nulisnya, gak bisa nulis, ya?"
gila ya, gue udah emosi sampe ke ubun ubun begini ceritanya.
dia aja gak punya alasan yang valid kenapa dia bisa bilang cerita gue JELEK?
kalau lu bisa nambahin alasan macem, "cerita nya gak jelas, penjelasan terlalu berbelit, paragraf nya terlalu panjang, sakit mata aku."
berarti kritik lu walaupun secara langsung MENJATUHKAN tapi setidaknya lu punya alasan yang valid buat bilang "cerita si anu jelek"
inget loh gais, kritik punya etika juga. Pakai bahasa yang sopan, walaupun di aslinya suka ngomong anjing babi bangsat, buat kritik, tolong sopan. A word can be a knife, sometimes. Bisa aja, karena lu bilang begitu, authornya gak mau nulis lagi, dia alergi sama laptop dan pulpen dan kertas, who knows?
ingat juga gais , KRITIK HARUS SOPAN DAN PUNYA DASAR
lu gak bisa sembarangan bilang cerita ini jelek karena
1) lu gak suka authornya
2) lu iri authornya punya readers banyak
3) lu ngerasa cerita lu lebih baguskalau lu kayak gitu, duh, nyesel seumur hidup ketika lu ngeliat kebelakang dan menyadari betapa childish nya lu saat ini
______
OKE GAIS SEPERTINYA GUE KEBANYAKAN BACOT.
kalau kata lu gue nyindir orang, a little bit lmao.
okedeh, jangan lupa tanggal 7 mei ya gais, lapyu
love a lots,
clarissa, skrg mukanya lg merah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Celotehan Clarissa
Non-Fictiongak beresensi banget sebenernya. masih yakin mau baca?