Setiap tongkrongan punya ceritanya masing masing - dedo
Sekumpulan manusia berbagai ras suku dan bahasa bermandikan asap rokok dan obrolan ringan sedang berkumpul di sebuah kedai kopi.
"Udah lama nih ga ngumpul kek gini, asik juga"
"Ah elah, gue mah bukan lu yang kaga ada tujuan hidup, dikamar mulu lu bokep doang anjer"
"Tolong saudara dikondisikan"
"Yak sapa yang mau buka obrolan nih"
Seketika acara ghibah dan ngatain orang dimulai dengan bacaan basmalah.
Pembahasan kampus, sosial, politik, musik, bahkan ekonomi dan bisnis juga bisa terjadi.
Tapi itu yang bikin kangen. Obrolan obrolan yang terkesan remeh bagi sebagian orang. Bahkan bahasan bahasan politik yang sering dibicarakan. Sebuah tongkrongan adalah wadah bagi para manusia untuk berbagi. Sekedar keluh kesah isi hati, ataupun curhatan tentang keadaan ekonomi pribadi.
Tidak , tak harus selalu kompak bersama untuk menciptakan sebuah tongkrongan. Gaada sesuatu yg benar benar ideal. Terkadang perbedaan menjadi kunci untuk menyatukan sesuatu. Tapi tetap harus berkaca pada realita. Bahwa hal buruk yang dipertahankan takkan membawa hasil buat pribadi kecuali kehancuran.
Banyak hal hal yg luar biasa ketika melihat mahluk mahluk dalam satu zona nyaman yang sama berkembang. Ada yang memang kompeten dalam berbagai hal, ada yang pandai berteori dengan sedikit praktik, ada yang keadaan ekonominya diatas rata rata dan biasanya menebar rezeki nyata. Mereka berkembang dalam satu embrio tongkrongan. Walaupun dengan kecepatan tumbuh yang berbeda beda.
Tak ada habisnya kalau membahas hal yang menurut kami punya esensi tanpa kompromi.