Opini Admin Hope

4.6K 697 114
                                    

1. GIMANA SUPAYA DAPET BANYAK VOTES? COMMENTS? FOLLOWERS? NAIKIN RANK?

Oke, ini kayaknya pertanyaan yang paling mendominasi ya. Jadi, Admin Hope bahas lebih dulu.

Pertama-tama, Hope mau kembaliin ke kalian yang nanya gitu. Sebenarnya tujuan kalian menulis apa? Ingin menyalurkan hobi? Menuangkan emosi? Hanya sedekar menulis saja? Atau ingin menjadi terkenal, terus dapat uang dan kaya raya?

Kalau kamu pengen famous dengan cara praktis mending jadi selebgram aja, buat sensasi, terus viralkan wkwk

Aduh. Untuk yang terakhir kok agak shady ya. Hehe. Eits jangan tersinggung dulu. Coba renungi sejenak lagi.

Teman-teman. Oke. Oke mungkin kalian ngiler atau pengen juga kayak penulis-penulis wattpad sekarang yang karyanya pada udah naik cetak, bahkan di filmin. Apa itu impian yang salah? Enggak. Jawabannya enggak. Semua orang bebas bermimpi.

Tapi, jujur ya, Hope kok malah sedih kalau lihat orang yang terlalu berambisi dengan votes dan komen, padahal mereka di dunia wattpad aja belum genap setahun.

Coba deh, koreksi diri dulu. Kamu seorang penulis? Kamu seorang pembaca juga kan? Nah kira-kira pas kamu ngebaca cerita, kira-kira yang bikin kamu mendadak gak tertarik apanya?
Ayo mulai merinci:

1. Tulisannya gak rapi
2. Banyak typonya
3. Slow update
4. Tiap part isinya lebih pendek dari pada text pancasila
5. Ide ceritanya kurang menarik/mainstream gakpapa kalo masih bisa menghidupkan karakter.
6. Authornya galak, minta vote ngancem kayak begal.
7. Lebih banyak curhatnya daripada ceritanya

8. dan seterusnya... (Lanjutin dalam hati)

Gimana? So, ketika kamu jadi penulis. Kamu juga seharusnya menghindari poin-poin tersebut.

Gini deh, Admin Hope sedikit bercerita pengalaman pribadi. Admin Hope ini nulis udah dari SMP kelas 3 lah, waktu itu nulis FF Justin Bieber wkwk sampe srkng  admin udah kuliah semester 6. Bayangin berapa tahun? Tapi, buku yang terbit mayor baru satu. Kenapa? Kenapa? Karena Hope tuh, nggak telaten. Suka vakum. Ya, kayak kalian mungkin yang sedih ketika likenya dikit (jaman dulu Hope nulis di facebook). Barulah saat masuk kuliah, Hope bertekad untuk fokus. Di awal-awal masih suka gak teratur, namatin 1 cerita aja sampe setahun lebih. Trus Hope coba lebih keras sama diri sendiri, ngerubah pola pikir dan memacu buat lebih produktif, rajin update. Gak peduli berapa vote dan komennya. Dan, see? Alhamdullilah pada akhirnya ada penerbit mayor yang mau ngambil naskah Hope. Senengnya luar biasa.

Hope ngeliat kalian yang baru berapa lama di wattpad. Baru juga nulis berapa karya udah patah semangat aja. Udah mikirin votes secara berlebihan aja. Untuk yang mengharapkan votes sekedarnya dan gak begitu maksa alias jadiin itu segalanya. Mantep. Hope kasi jempol. Oke. Mungkin ada beberapa orang yang karirnya berjalan mulus kalian mikir. "Yah, nulis gini doang gue bisa. Tapi, pas gue nulis macem gini kok gak ada yang baca?"

Adik-adikku yang suci hatinya *mendadak berasa tua*, hmm jadi gini ya. Hidup orang tuh beda-beda. Ada yang jalan menuju impiannya mulus, ada yang melesat cepat seperti roket, ada yang harus jatuh bangun dulu *macem admin Hope*, ada yang harus berdarah-darah dulu bahkan penulis-penulis pada era moderenisasi di Barat dulu bahkan ada yang pada saat dia udah mati baru tulisannya terkenal. Salah satunya penulis The Great Gatsby. Jaman sekarang enak ada wattpad. Jaman dulu mah, nulis aja pakai bulu angsa sama tinta dicelupin gitu. Belum lagi karyanya dicekal karena dianggap menentang ajaran puritan dan bla bla bla.Bersyukurlah kalian lahir di jaman orang bebas berkarya.

Apalagi sekarang ada Wattpadindo. Sarana buat kamu share quotes. Meskipun banyak saingannya wkwkwk dan katanya dicuekin. Duh maap ya teman-teman, tenaga admin terbatas dan kita udah berusaha semaksimal mungkin buat mewadahi kalian. Mohon maaf. Tetap coba terus. Yang terpenting usaha individu itu sendiri kalau berhasil masuk wadah promote anggap aja bonus.

Oke, lanjut ke pembahasan.

Tenang saja, percaya sama Hope. Kesuksesan bukan bersama mereka yang hanya menggebu-gebu di awal, tapi berada bersama mereka yang mau menghadapi badai. Bersama mereka yang tetap konsisten untuk berjuang. Hope bukan sombong, tapi Hope ngerasain itu, Hope tau betul rasanya dapat like dikit. Tau. Ngerti. Paham. I feel you guys. Believe me.

Jangan terlalu berambisi sama votes, comments dan viewers. Fokuslah untuk menata niat menulis itu sendiri. Cobalah menjadi lebih tulus. Maka pembaca akan menemukan jalannya sendiri menuju karyamu. Ingat. Sabar dan telaten.

Tambahan : Keberuntungan itu bisa kamu udang dengan cara seperti juga mulai berbakti sama orang tua. Asli. Serius. Ini penting.

Coba lihat penulis sukses sekarang, kebanyakan ya Hope kepo-in mereka. Ternyata mereka itu cukup taat ibadah dan nggak macem-macem. Sederhana dan ramah tentunya. Mungkin kesuksesan itu adalah hadiah dari Tuhan juga kan? Siapa yang tahu.

Jadi, setelah membaca ini apakah kamu masih ingin menulis, lalu berambisi mengharapkan jumlah votes, comments, viewers bahkan rank yang tinggi?

Kalau kamu anggap ini bagus, kamu boleh share ke teman kamu. Kalau ada poin yang mungkin tidak sesuai dengan pemikiran kamu. Silahkan berkomentar. Bebas beropini dengan bahasa yang sopan ya ;)

Semoga bermanfaat ;)

WATTPADINDO SHARINGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang