Hai WI Friends!
Adakah dari kalian yang bukan hanya menjadi pembaca di Wattpad? Melainkan jadi penulis? Tentunya ada dong.
Nah kali ini kita mau kasi kalian arahan nih, terutama dalam etika promosi cerita, biar nggak kena semprot mute sama akun yang kamu datengin.
Simak baik-baik ya :
1. BACA DULU BIO-nya
Yaps, jangan asal main copast link aja. Baca dulu Bio authornya. Biasanya pemelik akun akan menampilkan keterangan bahwa dia menerima promosi atau tidak.2. LIHAT DINDING-nya
Ibaratnya mau cari tempat jualan, ya liat-liat dulu situasinya. Di sana udah banyak yang jualan atau belum. Misal : kalau di dinding profilnya emang udah banyak yang promosi dan dibiarin aja, ya artinya emang yang punya akun nggak risih sama promosi. Tapi, lihat kalau dindingnya bersih dari promosi/link dan semacamnya, ya kemungkinan besar dia emang nggak suka akunnya ada yang promosi.3. SEBAIKNYA, jangan promosi di lapak cerita.
Mayoritas author itu kurang suka kalau ada yang komen promosi justru di tempat karyanya. Harusnuya komen berisi komentar tentang ceritanya, bukan malah promosi.Begini teman-teman, setiap akun punya aturannya sendiri. Promosi di akun orang? Boleh-boleh aja, tapi lihat-lihat dulu akunnya. Jangan asal main promo aja. Setiap pemilik akun beda-beda.
"Lah min? Namanya juga orang usaha, songong banget tuh author kalau nggak ngasi kesempatan buat promosi. Paling juga dia dulu gitu suka promo juga kemana-mana."
Eih, siapa bilang? Semua author? Ada kok beberapa author yang nggak pernah promosi dari akun ke akun, dia nulis aja tekun dan pembacanya datang sendiri. Kita kenal beberapa penulis itu. Hehe, dan beberapa penulis tuh emang punya aturan bahwa dinding profil dia hanya digunakan untuk membahas seputar karya-karyanya saja.
Kalau mau promosi gimana dong? Beberapa penulis mengizinkan promosi via DM, atau ada juga yang buka work khusus promosi. (Tapi, semua tergantung akun masing-masing.
Jadi, kesimpulannya? SEBELUM PROMOSI, pahami dulu akun tersebut, jangan asal main promo saja. Karena, setiap akun punya aturan, paling mendasar balik lagi ke poin 1 dan 2.
Ps : percaya atau nggak, promosi di dari profil ke profil sebenarnya termasuk spam loh.
Baca deh aturan wattpad lagi.
(Cuman balik lagi ya ke masing-masing akun, karena emang ada juga yang justru suka dapet promosi atau saling ngasi feedback, intinya kenali dulu aturan akun tersebut sebelum melakukan promosi)