Apa sih itu boomvote? Boomvote itu boom yang berupa vote? Terus bisa ngehancurin negara? Jawabannya BUKAN dan SALAH.
Kalo kalian berpikir itu jawaban yang benar, silahkan periksa kembali kesehatan jiwa anda di rumah sakit umum daerah anda.
BOOMVOTE itu kalo kalian bikin cerita, terus ada pembaca yang ngevote semua part cerita kalian.
Dan disini, aku mau cerita aja sih. Buat kalian para penulis terutama penulis baru, jangan menganggap kalau boomvote itu hal yang picik.
Sebelum masuk ke topik boomvote aku mau ngasih tau kalo ternyata boomvote itu bermacam macam/rupa rupa (bukan paru paru bukan-_-)/banyak jenisnya. Berikut beberapa jenis boomvote:
1. Boomvote jenis BAB (Boomvote Asli Berfaedah)
Warning! Jangan berpikir kalo BAB itu hal hal yang berhubungan dengan benda yang berbau busuk, anget, lembek, berwarna kuning or coklat or item. Apalagi kalo bukan tai ye kan?._.
Kenapa aku kasih nama begitu? Karena pertama, supaya mudah diingat. Kedua, karena sesuai namanya, ini boomvote jenis boomvote yang paling menguntungkan. Lebih jelasnya begini.
Contoh:
Suatu hari, ada readers yang baca cerita kamu, namanya Melati. Udah gitu, cerita kalian yang totalnya ada 54 chapter itu di vote semua sama Melati. Dan dia itu ngasih vote nya secara teratur. Maksud teratur disini adalah, si Melati ngevote cerita kamu runtut dari chapter 1-54 tidak loncat loncat. Udah gitu, jarak waktu/durasi vote dari chapter 1-2 itu lumayan lama. Dari chapter 1-2 jangka waktunya misal 3 menit. Dari chapter 2-3 jangka waktunya 5 menit. Tau maksud aku jelasin hal ini? Yap, maksud aku jelasin jangka waktu itu, berarti, si Melati bener bener baca cerita kamu dan ngevote cerita kamu dengan teratur. Untuk hal ini benar benar asli dibaca dan berfaedah kan? Sudah menambah readers nambah vote pula. Tapi, kalo ada yang ngevote cerita kalian dengan waktu yang secepat kilatttttt menyambarrrrrr kalian boleh menganggap kalau boomvote itu KW ALIAS PALSU.2. Boomvote jenis BPU (Boomvote Palsu Unfaedah)
Mueheheh namanya minyak urut._. Oke itu namanya GPU:3
Boomvote ini adalah jenis boomvote yang unfaedah syekaleh. Ingin perincian? Begini,
Contoh:
Suatu hari, ada readers yang baca cerita kamu, namanya Mawar. Udah gitu, cerita kalian yang totalnya ada 54 chapter itu hanya di vote beberapa oleh si Mawar. Dan si Mawar itu ngevote cerita kamu tidak teratur. Artinya, loncat loncat. Dia ngevote dari chapter 1 loncat ke 34 terus loncat ke 6-54-29-11-17-31-47-20-21 dsb. Udah gitu, dia ngevote cerita kamu dengan jangka waktu /durasi secepat kilat menyambar nyambar. Cepet banget secepet lari cheetah yang lagi dikejar setan beranak._. Dia ngevote semua chapter cerita tidak lebih dari 5 menit. Padahal, baca cerita itu harus khusyuk, pokus, tenang, santai aee. Bukan cepet cepet seperti itu, gegabah, kayak lagi dikejar waktu. Atau bahkan kayak lagi dikejar anjing tetangga sampe keringetan. Dan sudah pasti bisa di tebak, kalo dia itu asal ngevote asal nge boomvote cerita kamu tanpa dibaca dengan benar dan runtut.Simpelnya begini:
BAB= VOTE SEMUA➡RUNTUT➡JARAK WAKTU NGEVOTE LAMA➡BETUL BETUL DIBACA
BPU= VOTE SEMUA/ 1/2 / 1/3 / 1/4➡ LONCAT LONCAT➡JARAK WAKTU NGEVOTE SEBENTAR➡ASAL BACA.
Dan karena boomvote jenis BPU inilah semua masalah yang bernama boomvote muncul.
Hello, kalian suka baca gak di profil penulis ada yang nulis gini
'Tidak menerima boomvote.''Jangan boomvote.'
Jengkel boleh, asalkan jangan sampai segitunya deh. Tuh liat diatas boomvote jenis BAB itu nguntungin cerita kalian. Kalian kesal karena dia hanya boomvote tanpa memberi komentar? Ambil positifnya setidaknya dia sudah menyumbang vote untukmu.
Kalau di cerita kamu sudah baik, baku sekali sampai tidak ada sepercik rumor, terlalu monoton, flat, tanda baca sudah benar, tokoh yang biasa biasa saja, alur yang kelewat biasa, mainstream. Lantas? Apa yang yang harus dikomentari?
Aku aja suka bingung mau komentar apa kalo nemu cerita yang tanda baca sudah benar, sudah betul ini itu, tapi, ceritanya flat, monoton, biasa, tidak ada rumor, mainstream. Apa yang harus dikomentari? Memberi saran? Bahkan kalo sudah menemui tanda tanda seperti diatas aku malah males memberi saran untuk cerita itu. Soalnya sudah terlalu flat. Juga Mainstream.
Apa kalian sama seperti aku ini?
Dan kembali ke boomvote setelah aku telaah, ternyata ada oknum yang menyebarkan sebuah kalimat yang begini.
'Jangan boomvote kalo kalian mau dihargain. Hargain cerita aku, jangan asal boomvote."
Dan BOOM.
BOOMVOTE berubah arti menjadi sebuah kalimat yang picik.
Padahal, mau jenis boomvote BAB atau boomvote BPU tetap saja akan berakhir kalau boomvote itu membawa keuntungan untuk cerita kalian.
Untung? Ya iya kan udah dikasih biji vote terus naik rank pula.
Abcdxxx: "Nah jenis boomvote BPU begitu thor yang bikin jengkel, serasa cerita aku gak dihargai."
Author: "Gak usah kelewat baper, ambil hikmahnya aja."
Kalo kalian nemu readers yang hobinya memberi boomvote BPU bisa gak kalian gak usah marah2 gitu? Gak usah sampai nulis di message boardnya dia kayak gini:
'Eh aku kecewa sama kamu, kok kamu boomvote doang?'
Jujur ya, pas aku baca kalimat itu aku ngakak:v
Kesel boleh bego jangan. Sumpah ya kok dia gak mikir? Bukannya bilang makasih eh malah di judge-_-Ambil hikmahnya aja sih, toh cerita kalian jadi naik rating. Udah gitu vote kalian bertambah bukan? Masih mending di kasih boomvote daripada gak dibaca sama sekali. Milih mana?😹
Dulu, waktu aku bikin akun wattpad tahun 2015 tapi selama 2 tahun kedepan aku vacum:v. Oke kembali ke topik. Pokoknya waktu dulu tahun 2015 itu, pembaca jaranggggg banget yang ngasih komentar. Soalnya, mereka baca cerita tanpa ondata. Otomatis, mereka hanya memberi satu notif 'readers'
Terus, dulu itu pembaca cerita kerjaanya ya baca terus ngevote. DAN MEREKA NGELAKUIN ITU IKHLAS TANPA MINTA IMBALAN(MINTA FEEDBACK)Dulu itu kata boomvote tidak masalah. Tidak menimbulkan masalah apapun karena itu menguntungkan. Tapi sekarang? Sudah saya jelaskan tadi diatas.
True?
Jadi, untuk penulis baru. JANGAN KEBAWA ARUS. JANGAN KEBAWA BERITA BERITA HOAX YANG MENYESATKAN. Boomvote itu gak merugikan, nemu boomvote jenis BPU? Merasa cerita tidak dihargai? Sekali lagi ambil hikmahnya.
Sekarang, aku pengennya kata BOOMVOTE itu jadi kalimat yang positif bukan lagi hal hal yang berbau picik.
*sebarkan cerita ini lewat reading list kalian jika kalian setuju dengan pendapat saya*
KAMU SEDANG MEMBACA
Curhatan Hati Penulis Baru- Wttpd Tips
RandomCerita ini disarankan untuk dibaca oleh: -Penulis baru. -Penulis lama. -Penulis amatir. -Penulis cerita erotis. -Artworker. -Pembaca yang ingin menjadi penulis. -Penulis yang suka ngejudge karya orang lain. -Penulis yang bisanya 'teriak teriak dikan...