Pernah mencoba cari teman di wattpad? Gimana? Dapet orangnya?
Waktu tahun 2015 cari teman itu gak susah. Karena apa? Dulu orang orang yang jadi penulis itu emang benar benar jadi penulis cerita karena ya pengen nulis cerita. Bukan karena ngebet pengen diterbitin terus jatuhnya malah kayak kepaksa.
Terus juga, penulis sama readers itu gampang akrab. Mereka baca cerita penulis sampai akhir. Lah sekarang? Modal feedbck doang.Nah cerita aku waktu 2017? Ya Allah gak boong deh susah banget nyari temen yang bener bener temen tuh. Sumpah susah nyari yang temen yang baik gitu.
Tapi, akhirnya nemu sih, aku tag aja ya mereka?😹
syifaAdiantiBila jelajelly_ MalaRana27 keyragreca Hainis_Jujur aja, kalo kalian punya temen seperjuangan kayak gini. Percaya deh kalo kalian lagi ada masalah mereka bakalan bantuin kamu.
Dan jangan sampai kalian ngerasain apa yang aku rasain dulu🚫.
Ceritanya, waktu itu ada yang minta feedback. Terus kan aku baca komentar komentar dia di cerita aku. Aku kira dia itu orangnya baik seru lucu soalnya dia komentar positif terus kan. Eh pas aku komentar di ceritanya berubah njir sifatnya. JADI CUEK+SOMBONG. Satu hal yang ada dipikirin aku saat itu. Jago kandang. Aku komentar di ceritanya dia, tpi dia balasnya sombong banget gila-_- kesel sih bukannya makasih udah dikasih komentar positif tapi malah bersikap angkuh.
Dan aku ngalamin itu bukan sekali atau dua kali_- tapi sering. Waktu di lapak aku sifatnya baik, lucu, positif. Eh pas dikandangnya? Cuek banget.
syifaAdiantiBila dia ini bener bener temen baik😹👌. Readers setia❤ Kalian butuh readers setia yang suka vote dan comment? Dia orangnya.
Kedua, jelajelly_ dia itu umurnya diatas aku sih. Semua berawal waktu kak jela bikin cerita terus aku komen di ceritanya kalo aku juga mirip kayak tokoh diceritanya. Dan akhirnya kita saling chat satu sama lain dan berjuang bareng di wattpad wkwk. Tapi asli, dia baik banget.
Ketiga, keyragreca aku baru follow dia tadi wkwk. Soalnya kita gak follow2an tapi jadi komentator aktif😹 butuh komentar yang lucu lucu? Dia orangnya.
Keempat, Hainis_ dia sih temen sekolah aku wkwk^^ jadinya udah deket.
Kelima, MalaRana27 dia tuh bikin aku kagum. Soalnya, dia baca cerita aku sampai selesai, udah gitu bacanya fokus dan dia ngasih vote juga komentar positif. Dan, mata dia itu TELITI banget. Kalo kalian minta saran atau yang minta tolong kasih tau kalo ada typo atau kesalahan tanda baca, ini orang yang tepat.
Jadi, untuk pembaca baru, jangan sampai kalian salah pilih teman. Yaitu teman yang jago kandang.
Dan yang buat jago kandang, tolong diubah ya sikapnya. Kalo kalian cuek sama readers yang positif, mau sebagus apapun karya kamu kalo kamu bersikap tak layak sama readers, readers juga bakalan males baca cerita kamu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Curhatan Hati Penulis Baru- Wttpd Tips
De TodoCerita ini disarankan untuk dibaca oleh: -Penulis baru. -Penulis lama. -Penulis amatir. -Penulis cerita erotis. -Artworker. -Pembaca yang ingin menjadi penulis. -Penulis yang suka ngejudge karya orang lain. -Penulis yang bisanya 'teriak teriak dikan...