KATA PENGANTAR PENERBIT
Buku "Tangan Tuhan" adalah bentuk manifestasi rasa kagum yang sekaligus sebagai persembahan rasa hormat Mohammad Ij kepada guru agungnya. Guru yang ditemuinya dari buku-buku yang telah diterjemahkan dan diedar luaskan di Indonesia. Ialah Khahlil Gibran lelaki asal Lebanon. Karya Khahlil Gibranlah yang pertama kali mengilhami Mohammad Ij ( pendeknya disebut Mas Ij ) untuk menulis buku.
Buku yang ada dihadapan anda ini bukanlah karya contekan apalagi saduran dari karya gurunya. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa karya ini memiliki pola dan corak kepenulisan yang agak mirip dari karya gurunya. Dimana titik perbedaannya adalah penulis berusaha menyajikan butir-butir Islami bahkan kadang memiliki muatan filosofi Jawa. Serta latar tempat antara timur tengah dan Jawa. Itulah yang menjadi bentuk utama perbedaan karya Mohammad Ij dengan Khahlil Gibran.
Menurut Mohammad Ij buku ini adalah bagian dari salah satu realisasi impianya yang bertekad untuk menulis 10 judul buku per tahun. Selebihnya apakah buku ini menarik bagi anda? Saya rasa bila anda menyukai tulisan berbentuk syair atau pun sastra perenungan. Maka buku ini wajib anda baca. Agar anda dapat mengetahui bahwa di Indonesia juga ada Khahlil Gibran kecil yang sedang terus menulis.
Demikian atas kata pengantar kami. Selamat membaca. Jangan lupa baca basmalah agar anda mendapatkan berkah-Nya.
Penerbit
2017