"Cepetan, Flo!"
"Iya, anj*r ga sabaran banget sih."
Seperti biasa. Gue dijemput dengan paksa oleh siapa-lagi-kalau-bukan-orang-ngeselin-sejagad-raya. Iya, orang itu D-E-V-O-N.
Tadi, dia tiba-tiba nelepon katanya baru aja putus jadi pengen nonton midnight di bioskop.
Kenapa ngajak gue? Ya, karena kita salah satu dari sekian banyak simbiosis mutualisme. Singkatnya, kita sahabatan.
Kita sahabatan sejak smp. Dia tiba-tiba ngajak gue duduk ama dia. Aneh sumpah.
Dan ga disangka, kita sekelas terus dan sebangku terus hingga kelas 2 SMA soalnya kelas 3 beda kelas. Dan sekarang kami sekampus walau beda jurusan.
Jujur gue seneng sahabatan sama dia. Tapi, satuu aja sifat yang gue ga suka dari dia pake banget. Pacarnya itu buanyaaakk banget.
Kenapa gue bisa bilang banyak? Bayangin ya. Saat SMA aja mantannya itu nyampe 34. Kalau dikumpulin tuh bisa buat kelas baru. Dan waktu hubungan? Paling lama 2 bulan. Belum diitung kakak kelas dan adek kelas dari SMP. Satu kelurahan kali ya jadinya kalau dikumpulin?
"Lama amat sih." si Yang Bersangkutan memutar bola matanya. Kesel.
"Yaelah, harusnya gue yang kesel. Lo ngajak mendadak. Tau diri dikit kek." Gue marah-marah. Iyalah. Gue kan tadi udah persiapan bocan alias bobo cantik. Eh si kutu pake acara ngajak nonton.
"Awkarin naik gajah. Bodo amat ah."
Yee si kutu bener-bener kaga tahu diri.
Gue nutup pintu mobil dengan kasar, niatnya sih pengen marah-marah eh dia ngomel.
"Pelan-pelan dong. Lo kira gue beli nih mobil pake daun apa?"
Makin darah tinggi gue. Untung gue orangnya sabar dan penyayang.
Sesampainya di bioskop, Devon mesen tiket dua. Sudah jelas dia bayarin.
"Flo, 30 menit lagi dimulainya nih. Keliling dulu yuk. Nyari makan. Gue laper." Ujar Devon.
Gue sontak ngelirik jam tangan, "Udah jam segini, emang masih buka sekitaran sini?" Tanya gue agak ragu. Soalnya pas jalan kesini beberapa toko udah pada tutup. Yang buka paling cafe gitu.
"Liat dulu aja." Ujarnya enteng. Gue sih iya iya aja sih. Orang yang dibayarin gaboleh banyak protes soalnya.
"Jadi, lo putus ama Sheila?" Tanya gue langsung tanpa basi-basi saat duduk di salah satu warung pinggiran di luar mall. Kata Devon dia lagi kepengen makan sari laut gitu.
Andai Devon lagi makan pecel lele, mungkin sekarang dia udah tersedak dengan pertanyaan gue barusan.
"Santai dong. Duduk dulu, minum, makan baru ngobrol." Gue tahu nih dia lagi mikir kata-kata buat cerita.
Setelah pesanan datang, Devon makan dengan lahap dan diam. Bener-bener yang tadi dia bilang. Dia gamau ngomong kalau ga makan dulu.
"Udah?" Tanya gue ga sabaran. Makanan gue udah abis dari tadi.
"Dih, jorok lo." Ucap gue saat Devon mengelap mulutnya memakai tisu yang tadi dia pakai untuk mengelap meja.
"Eh, jadi lo pengen tahu kan kenapa gue mutus ama Sheila?" Tanya Devon tiba-tiba. Gue yang lagi liatin mas-mas di meja sebelah yang lumayan buat cuci mata hehe, noleh ke Devon. Gue ngangguk.
"Dia punya cowok lain."
Gue langsung ngakak kenceng sekenceng-kencengnya ampe di tegur mas-mas yang tadi gue liatin.
"Sejarah nih! Kejadian langka!" Gue masih ketawa walaupun ga sekenceng yang tadi. Wajah Devon berubah kecut seperti ketek Mas Ari, tukang cukur di depan komplek.
"Sebel ah curhat ama elo. Ga seru." Devon mencibir. Raut wajahnga makin kusut.
"Yaudah maap. Terus terus?" Tanya gue lagi, meminta penjelasan.
"Cowok baru dia temen gue sendiri." Ujar Devon yang membuat gue ngakak makin kenceng.
Tiba-tiba alarm Devon bunyi, tandanya filmnya udah hampir mulai. Iya, kita pasang alarm soalnya kalau pergi berdua sering lupa waktu.
"Dah ah, filmnya bentar lagi mulai." Devon duluan berdiri dan membayar makanan.
"Jangan ngambek dong, beb." Gue langsung menggandeng tangan Devon. "Kamu sih, lucu." Ucap gue dengan nada bercanda.
Sebenernya Devon takut dengan film horror tapi karena dia ngajak gue, mau tidak mau dia harus nurut karena gue paling suka yang namanya horror. Dia bahkan sering heran karena kadang gue pengen banget lihat yang tak terlihat.
Jadi karena itulah, selama film berlangsung, Devon sebagian besar nutup mata dan mencengkram tangan gue. Gilak! Cengkramannya itu hampir bikin tangan gue remuk. Sebagian lainnya dia main hp mulu.
"Lain kali kalo mau nonton ga usah ngajak gue. " ujar gue begitu keluar dari studio.
"Ya soalnya cuma sama elo gue bisa ngelupain sakit hati gue." Gue tahu saat Devon bilang ini, dia mengatakan yang sebenernya. Gue tertegun. Dan langsung mengalihkannya dengan tawah gue yang renyah.
"Apaan sih. Lo kalo ketemu gue kalo bukan karena mau pinjem sesuatu paling karena ngajak ribut." Gue nyikut lengannya dengan keras yang membuatnya meng-aduh kesakitan.
"Gue serius, tahu!" Serunya.
"Buaya makan pepaya. Iya iya iya."
Ada jeda sekitaran satu menit sebelum Devon mengutarakan hal yang pengen banget gue gaplok saking ga warasnya nih anak.
"Berenang, yuk!" Mata gue terbelalak saat denger perkataan dia. Sumpah! Ingin rasanya berkata kasar.
"Gile lo ya! Lo tau ga ini jam berapa?" Tanya gue ngotot. Siapa yang kaga ngotot coba kalo diajak berenang tengah malem gini.
"Bodo ah! Pokoknya gue mau berenang sekarang!" Devon narik paksa tangan gue buat ngikutin dia.
Dalem hati gue cuma bisa berseru,
Ya Allah, ni anak untung kita udah sahabatan dari smp dan dia udah banyak banget ngebantu gue. Kalo kaga udah gue banting ke belakang."Gausah mikir buat banting gue ke belakang. Gue udah belajar bela diri, lho." Gue terkesiap. Kok dia bisa tahu suara hati gue?
"Muka kesel lo kebaca tahu." Ujarnya sambil tertawa renyah.
Gue pengen ngomong kasar. Sumpah!
KAMU SEDANG MEMBACA
You Belong With Me
Ficțiune adolescenți"Dev, gimana gue bisa bahagia kalau bahagia gue itu elo?" ━Flo.