Are You Crazy Enough

35 1 0
                                    

https://my.w.tt/UiNb/qgpA0px0mH

Kalian yang baca review dariku pasti sudah mulai bisa membaca seleraku. Hehe..

Ini teenlit kedua yang kubaca di Wattpad. Sama sekali intinya bukan pacaran (walau ada unsur itu di dalamnya), premarital sex, atau dijodoh-jodohin lalu akhirnya terpaksa kawin. No..no.. bukan cerita yang kaya gitu.

Aku nemu cerita ini bukan di wattpad tapi di Facebook. Ceritanya kan aku follow (temenan ya kalau di FB) sama mas Wiwien Wintarto. Nah, di feed-nya beliau ada yang ngirim link cerita ini. Sudah sampai epilog. Berarti sudah selesai kan? Kubaca deh.

Entah mengapa bahasa yang digunakan agak mirip 'rasa'nya dengan Mas Wiwien. Apa sempat diedit beliau? Entahlah.

Ceritanya tentang ekstra kurikuler di sekolah. Tepatnya tentang anak debat. Kebetulan waktu SMA dulu aku sempat ikut klub debat (walau hanya setahun, habis itu nggak ikut ekskul. Capek soalnya sekolahku jauh banget dari rumah. Limabelas kilometer, lewat tiga zona macet pula) jadi bisa "menjiwai" ceritanya. Yah, walaupun dulu klubku nggak pakai Bahasa Inggris sih.

Cerita ini padat informasi. Kalau pengin tahu tentang peraturan dalam debat Bahasa Inggris, bisa lah cerita ini jadi salah satu referensi. Kelemahannya adalah: ada beberapa singkatan yang dibiarkan terlalu lama tanpa penjelasan. Kalau di tulisan ilmiah sih, pertama harus ditulis kepanjangannya dulu baru disingkat. Misal: Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru deh selanjutnya ditulis SMP.

Tapi itu di tulisan ilmiah sih. Haha..

Kelemahan kedua: isinya berat.. 😂 atau itu otakku aja yang males ya. Kaya kebanyakan teori debat gitu. Terus yang lucu ada pemaparan yang menurutku mendasar tapi baru dikasihtahu sama guru pembimbing mereka pas hari-H pertandingan. Bacanya kaya yang bener nih?

Itu kelemahan yang aku temukan di cerita ini. Tapi nggak adil dong kalau nulis kekurangannya saja? Habis ini nih kelebihannya.

Pertama: Inti ceritanya bukan cinta-cintaan.
Dan menurutku ini penting banget. Karena siapapun yang pernah SMA pasti tahu kalau kehidupan SMA kalian nggak cuma sebatas ngecengin cowok paling kece sesekolah (yang entah mengapa kalau di novel pasti cowok basket padahal waktu aku sekolah dulu yang cakep-cakep malah ngumpul di sepakbola).

Ayolah.. masa SMA itu panjang dan banyak banget yang terjadi. Konflik yang mungkin terjadi ya salah satunya kaya di cerita ini: ekstra kurikuler dengan segala problematikanya. (Ealah bahasaku.. problematika)

Kedua: tetap ada cinta-cintaannya
Dan masih dalam batas wajar anak SMA. Nggak sampai ciuman atau adegan bikin anak. Soalnya yah ini teenlit, bukan cerita erotis ala Eny Arrow (aku belum lahir pas cerita-cerita itu nge-hits).

Ketiga: logis
Nggak tahu kenapa tapi untukku ini penting banget.

Sudah ah. Jangan kepanjangan komenin cerita orang. 😊

Yang jelas aku cukup terhibur baca cerita ini dan berasa kembali ke masa SMA (minus Bayu-nya tentunya, hiks).

Buat yang penasaran sama cerita ini, bisa cuzz langsung klik link yang sudah kusertakan. Baca dan nilai sendiri.

Buat authornya: ditunggu cerita barunya. Lama gapapa. Nanti aku bacanya kalau sudah selesai kok. Haha..

Tengkyuu..  😀

-kristi keren-
(Sudah lama banget nggak pakai tanda tangan ginian)

Book Review by Maria KristiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang