Sebuah 'Rahasia' dibalik Marching Band

729 52 10
                                    

Namaku Nico, aku seorang alumni dari Marching Band Gita Swara 12 SMPN 12 Balikpapan. Karena kerinduanku terhadap semua kenangan baik suka maupun duka bersama keluarga besar MBGS12, maka aku akan menceritakan sedikit kisah perjuangan MBGS12 Balikpapan yang akan membuat air mataku mengalir apabila mengingatnya. Dan air mata itu adalah air mata kebahagiaan, bahwa aku pernah menjadi bagian dari MBGS12 Balikpapan.

Semua masalah ada di marching band, khususnya di unitku, mulai dari Tari, pemain Pit yang dianggap 'sok-sokan' dan selalu mengatur teman-temannya; Rama, pemain Bass Drum, yang karena kesalahpahaman, terpaksa kami lepaskan dari keluarga kami; dan masalah-masalah lainnya yang akan kuceritakan di novel ini.

Tapi sebelum itu, MARCHING BAND

Apa yang terlintas di pikiranmu jika mendengar dua kata di atas? Ya, marching band atau disebut MB. Ahh, bagi beberapa orang, marching band bukanlah suatu yang menarik. Banyak orang yang berfikir, bahwa marching band itu buang-buang waktu, bikin capek, bikin gak fokus pelajaran, dan  masih banyak lagi. Tapi saat mereka melihat/menonton penampilan marching band, mereka pasti berdecak kagum dan bertanya-tanya, 'Kok bisa?'

Aku bukannya ingin memaksa bahwa kalian harus menyukai marching band, tapi aku cuma ingin berbagi cerita tentang marching band, yang mungkin bisa merubah pikiran-pikiran kalian.

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya, sebenernya marching band itu apa sih?

Arti umum dari marching band itu sendiri, adalah orkes barisan, dimana kumpulan orang yang memainkan beberapa alat musik, dan membentuk suatu formasi-formasi tertentu. Tapi pernah gak kalian tanya ke anak MB tentang arti dari marching band itu sendiri? Kalau belum, coba dehh tanya, aku yakin, pasti mereka ga bisa jawab. Kenapa? Karena memang susah jelasinnya. Dan biarpun dijelasin, kalian pasti tetep gak ngerti. Percayalah, bahwa hanya anak MB yang mengerti hal itu.

Tapi, aku ingin menjelaskan kepada kalian, semua tentang marching band di novel ini, dengan bahasa yang sebenernya mudah dimengerti, kalaupun kalian tetep ga ngerti, baca aja berulang-ulang, hehe. Ini adalah sedikit 'rahasia' dibalik MB yang selalu bikin merinding dan selalu memukau penonton. Di marching band, kamu belajar banyak hal, konsisten, kedisiplinan, sampai cara menghargai orang lain. Marching band adalah rumah, tempatmu ditempah manusia. Marching band adalah ruang hangat yang menerima kamu apa adanya. Kalau kalian nanya ke anak MB, kamu bangga ikut MB? Aku yakin mereka akan jawab dengan lantang, JELAS! Bahkan, marching band sudah membuatku jatuh cinta setengah mati, sampai selalu ingin kembali.

Sangatlah jelas, hanya anak MB yang ngerti seluk-beluk dunia MB. Karenanya, aku ingin semua orang tahu apa itu marching band, bagaimana kehidupan anak-anak yang tergabung di dalamnya, dan mengapa anak-anak MB selalu 'tergila-gila' terhadap terhadap MB, serta pertanyaan-pertanyaan lain yang selama ini belum terjawab. Mudah-mudahan setelah kalian membaca novel ini, pikiran-pikiran negatif tentang MB, dapat berubah, dan juga semakin banyak anak-anak yang tertarik untuk bergabung dalam dunia MB. 

Kalau kalian sudah membaca sampai bagian ini, kalian harus membaca sampai akhir cerita ini, maksudku, benar-benar sampai cerita ini selesai. Karena ada tertulis, 'Apabila kamu sudah memulai sesuatu, selesaikan sampai tuntas, dan selesaikanlah sampai berhasil.'


Semua kisah yang tertulis di novel ini, didedikasikan sepenuhnya untuk keluarga besar MB Gita Swara 12 Balikpapan, pembina, pelatih, staff, dan pemain, serta alumni. Dan didedikasikan juga untuk marching band di Balikpapan, serta di Indonesia.

-WE MARCH AS ONE-

One Band, One Soul, One Sound [READ DESCRIPTION FIRST]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang