Tips belajar #1

4.5K 264 17
                                    

Untuk bab ini aku mau ngasih tau kalian tips belajar yang paling mendasar. Tips pada bab ini adalah untuk yang belum kecanduan gadget.

Jadi, ada beberapa tips yang akan aku kasih tau supaya kalian bisa belajar dengan nenyenangkan.

1. Niat yang kuat
Niat adalah yang paling penting untuk belajar. Kalau kita pada dasarnya tidak niat, belajar akan terkesan membosankan. Bukan bearti setiap hari kalian gak niat belajar terus gak belajar bukan begitu. Jadi, kalian harus ada dorongan dalam belajar misalnya 'aku ingin rangking 1' kalu misalnya ada keinginan pasti ada niat. Usahakan keinginan kalian kuat supaya niat belajar kalian bertambah dan belajar menjadi hobi kalian.

2. Ketahuilah cara belajar kalian
"Kak aku gak tau cara belajar aku gimana. Jadi biar tahu bagaimana caranya?" Pasti kalian bilang begitu. Kalian tinggal buka website di google. Caranya ketik di search google 'website mengetahui cara belajar' nah lalu kalian klik website paling atas. Kalau aku cara belajarnya mendengar.

"Trus kalau udah tahu gimana?" Kalau sudah tahu kalian bisa melakukan ini

Melihat : membaca buku dan stabilo lalu mencatat ulang

Mendengar : menbaca buku dengan bersuara lantang sambil kalian rekam.

Kinertik/ melakukan : membaca buku sambil menggerakkan (menirukan gaya) atau bisa juga membuat gerakan sendiri supaya mudah diingat.

3. Buat tabel tugas
Rata rata dari kalian pasti lupa mengerjakan tugas tugas yang diberikan guru. Dan terpaksa kita kerjakan di sekolah atau tidak mengerjakan. Kalian bisa beli satu buku yanga ada kalendernya. Atau bisa juga bikin sendiri.

 Buku yang di gambar itu aku beli di miniso kalau di toko lain aku kurang tahu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Buku yang di gambar itu aku beli di miniso kalau di toko lain aku kurang tahu.

4. Gunakan teknologi dengan baik
Pasti kalian yang membaca ini mempunya handphone kan. 99,99% termaksud aku pasti menggunakan hanya untuk sosial media dan hal hal yang tidak bermanfaat lainnya. Ubahlah kebiasaan kalian (lumayan ampuh nih heheheh) caranya akan kita bahas di bab selanjutnya. Salah satunya hapuslah aplikasi yang bikin kuota kalian cepat habis seperti game atau yang lain. Aku telah menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Lumayan ampuh lho:)

Aplikasi yang aku rekomendasikan adalah

1. Brainly
Di aplikasi ini kalian bisa bertanya tanya hal hal yang kalian tidak ketahui. Aplikasi ini saat bermanfaat lho. Kalian bisa membantu dan dibantu orang lain untuk menyelesaikan soal soal yang sulit atau tidak kalian pahami.

2. Photo math
Aplikasi ini bermanfaat kalau kalian ingin memeriksa pr matematika kalian atau tidak tahu caranya. Kalian tinggal memotret soal matematika yang sulit. Lalu aplikasi ini akan menunjukan cara dan jawabannya. Tetapi aplikasi ini tidak untuk menyontek ya heheh.

3. Google translate
Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mentranslit dari bahasa Inggris, Korea, Jawa, Jepang, dll

 Google translate        Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mentranslit dari bahasa Inggris, Korea, Jawa, Jepang, dll

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


4. Google
Setiap hp pasti ada google dong heheheh. Di aplikasi ini kalian bisa mencari apa saja kan kalian bisa mengetahui informasi apa saja.


5. Biasakan rapi
Mengapa harus rapi? Supaya kalian lebih semangat dan lebih fokus.

6. Harus berdoa!!!
Kita harus berdoa supaya Tuhan YME memberkati kita saat belajar.

7. Tempat belajar yang enak
Tempat belajar harus enak atau pw. Meskipun kalian tidak ingin bosan, tetapi kalian juga harus memastikan tempat belajar kalian bebas dari gangguan. Gangguan akan sangat membuat kegiatan belajar kalain menjadi tidak efektif, dan membuat kalain menjadi lebih bosan lagi, dan juga tidak semangat, dan tidak fokus. Karena kamu jadi teringat hal-hal lain selain belajar.

8. Berikan hadiah
Memberikan hadiah bukan juga bearti kalian beli barang barang yang kalian inginkan. Tetapi yang dimaksud adalah memberikan kalian sendiri cemilan kesukaan kalian.

9. Buatlah catatan (pretty notes)
Kalau kalian belajar tidak hanya membaca tetapi kalian harus mencatat supaya materi yang kalian pelajari lebih masuk dan dipahami.

10. Bertanya
Pasti kalian punya teman dong hehehhe. Dengan adanya teman kalian juga bisa bertanya pelajaran yang kalian tidak pahami. Mengapa harus bertanya? Tidak semua informasi bisa didapatkan lewat internet, kita juga harus bersosialiasasi. Jika kita hanya mencari di internet tanpa bertanya kepada orang lain pasti ada yang kurang jelas atau kalian tidak dapat bersosialisasi. Jadi, teman bisa kalian jadikan guru lho

Itulah tips belajar yang paliang mendasar. Jika bermanfaat kalian bisa vote untuk saran dan kritik kalian bisa comment dan jangan lupa add di library kalian ya supaya kalian lebih tahu tips tips selanjutnya.

Terima kasih telah membaca bab ini. Maaf jika ada kesalahan ejaan atau typo heheh. Tunggu update aku selanjutnya ya:)

 A Simple Plan For Study Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang