Ehem, ehem ....
Tes,
Tes,
Satu,
Dua,
Tiga.Oke, sebelum kita belajar, mari kita perjelas dulu di awal bab ini.
Jadi,
Tujuan saya membuat buku ini bukan karena saya sudah pintar atau ahli dalam hal kepenulisan. JUSTRU, saya ingin mengajak kalian para pengguna wattpad yang hobi membaca atau menulis untuk sama-sama belajar di sini dan bisa dibilang juga sharing.Buku ini pun bukan murni saya yang buat materinya. Saya hanya meng-copy-paste apa yang saya temukan di goole atau sumber lainnya.
Untuk Author,
Saya yakin untuk perihal pembuatan cerita, kalian sudah ahli. Namun, ada baiknya sebagai author yang baik juga memperhatikan cara penulisan yang baik dan benar sesuai kaidah yang ada.
Cerita sudah sangat menarik, pembaca banyak, dan bahkan sudah pernah menerbitkan buku. Nah, bukankah akan menjadi nilai plus jika tulisan kalian sudah rapi dan enak dilihat.Kan udah ada editor yang tugasnya benerin?
Mungkin ada yang berpikiran seperti itu. Balik lagi ke yang tadi saya bilang. Akan ada kebanggan tersendiri dan nilai plus jika tulisan kita sesuai kaidah kepenulisan yang baik dan benar.Yang penting kan disukai pembaca, buat apa peduliin soal kaidah segala?
Jawaban sama seperti sebelumnya. Dan lagi, bagi yang sudah memiliki pembaca puluhan ribu itu terkadang membuat pembelajaran dan contoh juga bagi yang baca.
Saya pernah menemukan saat sedang menjadi salah satu peserta dalam materi kepenulisan, begini cerita singkatnya :A : Jadi titik dan koma diletakkan pada...... Bla, bla, bla.
B : Tapi kak saya sering liat di penulis wattpad yang pembacanya udah ratusan ribu, penulisannya nggak gitu.
A : Apa yang saya ajarkan sesuai kaidah lho. Kamu mau percaya yang mana juga terserah.
B : Saya nurut aja lah kak,Wkwkwkwk, seperti itulah kira-kira.
Dan bagi yang pembacanya masih sedikit, jangan berkecil hati. Coba belajar tentang materi ini. Benahi dulu tulisan kalian, banyak sharing ke teman-teman kalian bagaimana membuat cerita yang menarik (sekarang kan banyak grup kepenulisan di line), baru kalian memikirkan bagaimana cara mendapatkan banyak pembaca. Karena sebelum kalian menyuruh orang membaca cerita kalian, silakan cintai dan peluk dulu keseluruhan cerita yang kalian buat.
(Saya sendiri masih dalam proses untuk semua itu kok)
Jadi tolong jangan anggap saya sok tau atau menggurui siapapun. Saya hanya ingin menebar ilmu, *eaakAh sok tau lu!
Saya tidak ingin sok tahu, karena saya juga tidak tahu apa-apa. Saya hanya ingin menyampaikan kembali apa yang pernah disampaikan oleh senior-senior saya sebelumnya. Bukankah membagi ilmu itu bagus? Dapet pahala lagi 😅Untuk Reader,
Perlukah kalian belajar soal materi kepenulisan?
Perlu nggak perlu. Lah kok?
Gimana masing-masing aja kalau ini.
Tapi ....
Selagi kalian membaca sebuah cerita, kalian bisa melihat kesalahan-kesalahan di dalam cerita itu. Tentunya itu membuat kalian juga belajar JIKA suatu saat kalian yang tadinya reader, akan beralih menjadi author.Sekali lagi,
Jangan anggap saya sok tahu.
Juga maafkan kata-kata saya jika memang ada yang menyinggung suatu pihak atau pihak lainnya. Saya sama sekali nggak ingin melakukan hal-hal yang negativ kok :(Oiya,
Di setiap materi yang diberikan nanti, kalian bisa bertanya atau menambahkan materi yang ada. Bisa juga menyangkal kalau memang ada materi yang salah.
Kita sama-sama belajar kan?
*enggak *luaja wkwkwk 😂😂😂Nah, gimana?
Seneng itu kalau ada penulis wattpad yang :
- Followers banyak
- Pembaca jutaan
- Cerita ngena di hati banget
- Penulisannya rapi
- Ditambah penulisnya nggak sombong
- Mau ngajarin saya semua hal itu 😅
Beuuuhhh, bakalan cinta mati saya sama penulis wattpad yang begitu 😍😍😍Satu lagi deh,
Kalau kalian ada yang nyinyir soal tulisan saya gimana karena udah berani bikin work ini, saya akan jawab sekarang.
Penulisan saya masih amburadul, tapi selalu saya lakukan proses perbaikan setiap kali saya baca ulang.
Jadi bukan berarti tulisan saya udah rapi, apalagi pembaca banyak atau cerita keren. Kagak ett dah 😅 saya masih jauh dari itu semua.Jadi,
Siapkah kalian belajar?
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Yuk!
Non-FictionWork ini berisikan tentang ilmu-ilmu kepenulisan yang perlu kalian ketahui sebagai author maupun reader. bagi yang haus ilmu, work ini wajib kalian baca. Tapi jika merasa sudah pintar, silakan abaikan saja work ini. Semua ilmu yang akan diberikan...