Kehidupan itu bagaikan bahtera yang siap berlayar dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Tidak serta-merta bahtera itu akan berlayar mulus di laut lepas. Akan ada ombak yang siap menghantam, akan ada badai yang siap menghujam, dan akan ada rintangan lainnya yang siap menghadang. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang kapten yang tangguh dan siap melewatinya, seorang kapten yang dapat mengendalikan armadanya, seorang kapten yang dapat mengatur ritme kapal beserta seluruh kru di dalamnya, serta dibutuhkan seorang kapten yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi agar armada dapat berlayar melewati samudera kemudian dapat berlabuh di dermaga dalam keadaan selamat sentosa.
Begitu pun dengan kehidupan, tidak serta-merta akan berjalan dengan mulus, akan bergulir dengan halus. Terkadang melewati jalan yang berlubang, terkadang melewati jalan yang bergerigil, terkadang melewati jalan yang bergelombang, bahkan terkadang melewati jembatan yang di bawahnya terdapat jurang keputus-asaan. Oleh karena itu, dalam menjalani kehidupan, jadilah layaknya seorang nahkoda yang tangguh, jadilah layaknya seorang pilot yang bertanggung jawab penuh, jadilah layaknya seorang masinis yang memiliki tingkat fokus yang tinggi, dan jadilah layaknya seorang sopir bus yang piawai dalam mengendalikan armadanya di tikungan yang tajam.
Akan ada masa menjalani hidup terasa pahit, akan ada masa menjalani hidup terasa berat, akan ada masa menjalani hidup terasa lelah, akan ada masa di mana cahaya hidup telah redup, dan akan ada masa di mana keputus-asaan mengalahkan semuanya. Namun, yakinlah! semua itu akan sirna dan berubah menjadi suatu kebahagiaan. Tatkala pahit menjadi manis, tatkala berat menjadi ringan, tatkala lelah menjadi berkah, tatkala redup menjadi terang, dan tatkala semangat bangkit melawan keputus-asaan.
Ingatlah satu hal, ketika merasa lemah dan putus asa, selalu ada Tuhan yang menguatkan. Berpangku tanganlah kepada-Nya, bersandarlah kepada-Nya, panjatkan beribu doa dan berusahalah sekuat tenaga.
___________________
Salam Nahkoda Kehidupan 🧑✈️