Menjadi seorang idol tidaklah mudah. Butuh proses panjang, pengorbanan dan beratnya persaingan. Apa yang kamu tahu tentang bias-mu? Wajah yang selalu tersenyum? Fisik sempurna? Atau suara juga dance keren? Tahu nggak sih apa yang mereka dapatkan itu tidak sebatas membuat sensasi seperti halnya artis kacangan di Indonesia?
Berikut tahapan menjadi seorang trainne di Korea;
1. Training sebelum audisi.
Biasanya sebelum mengikuti sebuah audisi, para calon trainne akan melakukan latihan terus-menerus baik dilatih oleh profesional maupun mandiri.2. Mengikuti setidaknya 30 audisi.
Bukan hal yang aneh ketika seorang calon trainee mengikuti 30 an audisi dalam umur anak-anak. Beberapa idol seperti Sehun exo, mulai menggeluti dunia hiburan sejak masih kecil. Nggak heran, banyak artis korea yang matang secara emosional.Beda banget ya sama negara kita? Artis youtube aja bisa langsung diundang ke acara musik. Di korea, nggak sembarang orang bisa masuk tv.
3. Tanda tangan kontrak.
Setelah lolos audisi, calon artis akan mendapatkan kontrak. Rata-rata agensi memberikan masa training 2-5 tahun. Wooooww ... lama banget, ya? Itupun nggak menjamin mereka bisa debut. Tak jarang, para trainee pindah ke agensi lain untuk bisa debut.4.Kompetisi saat masa training dan ancaman putus sekolah.
Jadwal latihan yang sangat padat juga persaingan ketat, membuat banyak diantara para trainee memutuskan sekolah mereka demi impian. Bayangkan saja, jika jadwal latihan mereka hingga 15 jam sehari, bagaimana dengan waktu istirahat dan belajar? Author bingung, ini beneran apa nggak? Tapi dari sekian web yang ada, isinya hampir sama.5. Diet, dance, latihan vokal hingga operasi plastik.
Sebenarnya, operasi plastik cenderung ke pribadi masing-masing. Tapi, banyak agensi yang menyarankan untuk memperbaiki struktur wajah agar lebih baik. Jadi jangan heran kalau biasmu itu punya tubuh yang nyaris sempurna. Six pack, jago dance dan pandai nyanyi. Mereka nggak mendapatkannya dengan mudah. Butuh latihan keras bertahun-tahun.6. Debut.
Kompetisi yang sesungguhnya adalah dimulai pasca debut. Pihak agensi akan melihat potensi para artis mereka. Tak jarang, meski sudah debut, grub band akan dibubarkan jika sepi penggemar. Aduh, kasihan banget ya.Contoh perjalanan karir boyband dari agensi Big Hit, Bts.
Tidak banyak yang tahu kalau sebelum debut, Bts bukanlah idol grub. Beberapa kali, pergantian anggota dilakukan. Nam joon aka RM adalah anggota akar dimana ia mulanya dipasangkan untuk menjadi duo rapper, bukan boyband.
Nah, tahun 2011, Jungkook dan V gabung, menggantikan anggota bts yang keluar. Mereka didaulat menjadi vocalist. Di tahun yang sama, J-hope masuk sebagai rapper. Jin yang awalnya hanya dilatih sebagai aktor, ditarik masuk untuk menjadi vokalist. Jimin adalah anggota terakhir setelah Suga yang lolos karena kualitas dance.
Tahun 2013, bts resmi debut. Beberapa lagu mereka adalah No more dream, 2 cool 4 scool dan No. Ketiga lagu tersebut mendapatkan 7 penghargaan seperti Seoul musik awards, Sbs pop asia, Hello, asia! K-pop awards dsb.
Big hit bukanlah agensi besar. Mereka hanya punya 30 staf dan gedungnya hanya punya dua lantai, itupun menyewa. Jadi, tidak heran jika di masa itu, Bts tidak bisa melakukan promosi besar-besaran si stasiun tv. Bahkan variety show pertama mereka hanya disiarkan di tv cable.
Keadaan mereka yang terbatas membuat pihak agensi memanfaatkan youtube sebagai sarana terbaik. Terbukti di tahun 2014, bts menembus 5 besar chart amerika dengan lagu mereka, Boy in luv dengan total penjualan digital 204,742 di chart Gaon.
Bts semakin dikenal di tahun 2015-2017. Setiap single, mini album, selalu berhasil mengantarkan mereka pada penghargaan di Korea bahkan Amerika.
Meraih tangga popularitas tidaklah instan. Perlu perjuangan untuk sampai puncak. Bts adalah cermin idol yang benar-benar dari zero to hero.Salut....
Next part, author akan bahas tentang prostitusi di dunia hiburan korea....
Ssttt...jangan kaget ya!!!
Referensi
https://www.google.co.id/amp/s/m.teen.co.id/amp/3215/transformasi-bts-si-idol-miskin-yang-kini-menjadi-world-star
https://www.google.co.id/amp/s/m.kapanlagi.com/amp/showbiz/asian-star/pengalaman-audisi-sm-di-jakarta-sia-sia-tanpa-visual-menarik-9e42ca.html
KAMU SEDANG MEMBACA
Jepang vs Korea
Non-FictionApa sih yang terlintas dari pikiran kamu waktu dengerin K-Pop? Apa yang ada di otak kamu saat nonton korean drama? Oppa yang keren? Romantisme? Bagaimana dengan Jepang? Meski nggk seboming Korea, Anime Jepang belum ada yang ngalahin sampai sekarang...