Beasiswa Korea.
Apakah kamu pernah dengar apa itu KGSP? Jika belum, KGSP adalah singkatan dari Korean Government Scholarship Program.
Kalau tahun lalu KGSP ini hanya menyasar beasiswa untuk sarjana, tahun ini yang baru saja lulus SMA bisa mendaftar untuk mengikuti pendidikan gratis selama 2 tahun untuk Diploma (setara D2). Bahkan beasiswa disediakan full yang mencakup tunjangan kebutuhan hidup selama kamu di Korea. Tergiur? Simak syarat-syaratnya!
Syarat-syarat;
1. Berusia di bawah 25 tahun, (sebelum mei 2018) kalau ulang tahunnya januari--april 2018 dah nggk bisa ya, chingu.
2. Kesehatan yang baik jasmani dan rohani (biasanya diminta dalam bentuk keterangan dokter)
3. Lulus atau akan lulus SMA per Maret 2018 ( tidak berlaku untuk yang sudah terlanjur mendaftar ke perguruan tinggi)
4. Memiliki rata-rata kumulatif 70% dari 100% lebih baik. Khusus diploma, punya peringkat 25% terbaik di SMA (Masuk peringkat 25 besar di sekolah)
5. Bersedia mencari pekerjaan setelah menerima gelar Diploma ( bersifat kontrak, jadi kala kamu dapat beasiswa, otomatis kamu bakal dipekerjakan di sana selama kurang lebih 5 tahun)
--Buat sarjana, nggk berlaku kalau sudah pernah ikut program beasiswa dari Korea.
6. Tidak memiliki keterbatasan saat berada di luar negeri (seperti sakit saat pergantian musim) Nah, kalau yang masih berkhayal musim salju itu asyik, browsing atau main ke blog mahasiswa Indonesia di Korea biar tahu realitas.
7. Pelamar hanya boleh milih satu universitas aja ( dalam artian, pasti masuk, karena memang dari awal mereka menyediakan kursi buat setiap universitas) buat yang ingin tahu lebih jauh universitas mana saja yang tersedia, kamu bisa mengunjungi laman Kedubes Korea (idn.mofa.go.kr) atau hubungi 021 -2967 -2555
Adapun aplikasi penunjang adalah sbb;
1. Formulir aplikasi yang telah diisi (kamu bisa unduh langsung via Google dengan kata kunci 'Formulir beasiswa KGSP.
2. Janji NIIED (form 2) bagi yang masih awam, silakan seaching.
3. Personal Statement ( Form 3)
4. Rencana Studi ( Form 5)
5. Surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru atau pembimbing.
6. Penilaian kesehatan pribadi ( Dokter)
7. Keterangan ijazah atau lulus sementara ( bisa fotokopi ijazah kalau sudah ada)
8. Salinan transkip nilai
9. Dokumen pribadi seperti Akte, kartu keluarga dan paspor.
10. Penghargaan kalau ada.
11. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea/ Inggris (bersifat wajib)
Formulir dikirim via pos atau langsung main ke Kedubes Korea Selatan untuk Indonesia yang beralamatkan di jakarta.
Kedubes Korea
Jln. Gatot Subroto Kav. 57
Jakarta 12950.Beasiswa Jepang
Fasilitas lebih menggiurkan karena nilai uang tunjangan lebih tinggi, gratis tiket pesawat dan biaya kesehatan juga ditanggung lho!
Ada tiga jenis beasiswa yang ditawarkan.
1. GAKUBU atau Universitas Undergraduate ( S1)
2. KOSEN atau College of Technologi (D3)
3. SENSHU atau Specialized Training College (D2)
Menariknya, jika beasiswa Korea mengharuskan kita langsung membiasakan hidup di sana, beda banget sama Jepang yang memfasilitasi calon penerima beasiswa untuk mempelajari semua hal seperti bahasa, kebiasaan juga penanganan tubuh saat pergantian musim di Preparatory Scholl.
Adapun keterangan seperti syarat, formulir yang harus diisi bisa kamu cek sendiri di sini.
http://www.kosen-k.go.jp/english/index.html ( untuk mencari GAKUBU dan SENSHU, kamu tinggal ganti linknya)
http://register.beasiswamext.or.id (Registrasi online)
Yang aku suka dari Jepang adalah mereka tidak memberlakukan keterikatan dinas ( tidak harus kerja setelah menerima beasiswa. Kalau orang jawa bilang, tampo pamrih)
Untuk ujian tertulis saja mereka memberi link contoh soal yang bisa kamu pelajari.
http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0302e-32.html#1
Catatan pribadi;
Hal yang perlu kamu lakukan sebelum mengambil keputusan adalah;
Pelajari kehidupan negara tujuan. Jangan nonton drama atau sesuatu yang bersifat fiksi. Kunjungi bloger para mahasiswa penerima beasiswa, berkomunikasilah dengan mereka, jalin silaturrahmi (mungkin suatu saat kalian butuh referensi yang realitas)
Keluhan terbesar dari para penerima beasiswa adalah pergantian musim, makanan dan budaya.
__________
Bab berikutnya pembahasan beralih ke industri hiburan.
Sistem debut, agensi juga kehidupan para artis Korea vs Jepang.
See U.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jepang vs Korea
NonfiksiApa sih yang terlintas dari pikiran kamu waktu dengerin K-Pop? Apa yang ada di otak kamu saat nonton korean drama? Oppa yang keren? Romantisme? Bagaimana dengan Jepang? Meski nggk seboming Korea, Anime Jepang belum ada yang ngalahin sampai sekarang...