"SURPRISEEE"
Teriakan heboh song ilkook, song daehan, song minguk, dan song manseh menuh-menuhin layar smartphone june begitu june ngeswipe tombol 'terima' panggilan video tersebut.
"Selamat ulang tahun"
"DOR"
"DOR"
"DORRRRRRR!!!!"
Gak cukup heboh sama suara teriakan, suara confeti yang diledakkin ketiga adeknya di belahan dunia sonoh, ikutan bikin kuping june pengang.
Untuk beberapa alasan, june benci jaman bisa secanggih kayak sekarang.
"Apaan sih?" Sewot june sembari nutup kuping pake bantal.
Antisipasi, kali abis ini bokapnya bikin ledakkan nuklir diujung telepon sana.
"Selamat ulang tahun jun" bokap senyum sembari ngedeketin kue yang doi pegang ke arah kamera.
"Bodo amat" sewot june sekali lagi.
Ya bukannya durhaka, cuma pikir june percuma juga nyodor-nyodorin kue toh gak nyampe ke june juga kuenya. Cuma sebatas layar hape doang buat apa?
"Kak!!”
"Kak june, selamat ulang tahun"
Serempak ketiga adeknya senyum sambil ngasih ucapan.
"Hm" Jawab june asal. Padahal dihati seneng bisa liat muka-muka ngeselin itu lagi. Kangen gelut lagi.
"Sayang, selamat ulang tahun yah. Semoga sehat terus, dan apapun yang kamu semogakan bisa disegerakan” Gentian, nyokap ambil alih kamera.
"Iya ma" Beda, kalau sama nyokap mah langsung melembut.
"Loh, kamu gak seneng sama kejutannya?” Tanya nyokap lagi.
June menggeleng.
"Kamu ngantuk?"
Lagi. June menggeleng terus nunduk.
"Jun?" Panggil nyokap, lembuttttt banget manggilnya.
Kemudian terdengar isakan. Iya pemirsa. June menangis. Menangis rindu.
"Maafin mama papa ya sayang? Udah dong, masa jagoan nangis?" Sindir nyokap masih dengan senyuman.
June cuma isak isak terus rebahan di ranjang.
Ngerti yah, june lagi rindu keluarga ceritanya apalagi di hari ulang tahunnya gini. Ini udah masuk bulan kedua semenjak mama papanya hijrah ke paris.
Sementara, june tinggal bareng keluarga yoyo. Tapi kalau weekend biasanya june pulang ke apartemen.
"Lo kenah-pah jun??" Tanya yoyo serak sambil ngucek mata.
Bukan, bukan ikutan nangis. Yoyo mah ngucek mata gegara kebangun ngedenger suara isakan june.
"Gak!" Elak june.
"Kak yoyoooooo!!!" Teriak daehan dari layar hape june.
Yoyo langsung senyum sambil dadah-dadah, "Wadooo sepupu kak yoyo. Ini kak june diapain kok nangis?"
"GAKK!!"
Langsunglah june mendelik gak terima, padahal mah iya abis nangis.
"Yo, kamu nginep?" Tanya bokap june.
"Iya om. Apa kabar om sama tante?"
"Titip june ya?"
"Apaan aku dititip? Aku bisa sendiri" Samber june.
"Oke. Kalau udah ketus lagi, berarti kamu udah gak papa ya jun?" Balas bokap masih sambil megang kuenya.
Heran, kayak gak pegel megangin kue.
"Sekali lagi, selamat ul--"
"Awwwww!!"
Serempak bokap, nyokap plus adeknya teriak. Kemudian layar hape june mandadak hitam disertai suara gresekan.
"Jun, udah dulu yah hape papa kecemplung di kue" teriak bokap sebelum akhirnya memutus sambungan.
"Hahaha"
"HAhHAaHahahahaha”
"Hahahaha" Yoyo ngakak sejadinya.
"Heran, sekeluarga gokil semua"
Happy birthday goo junhoe. Makin bongsor ajah heran.