Basmallah

1.6K 75 7
                                    

Fadhillah Membaca Basmallah

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sebelum kita bergerak kedalam bab satu yaitu kisah tentang Uwais Al-Qarni, marilah kita lebih dulu membaca Basmallah. Dan disini, saya juga akan sharing mengenai keutamaan membaca Basmallah.

Kenapa sih kita harus membaca Basmallah?

Imam nawawi berkata "Setiap perkara baik yang tidak di dahului dengan bismillah maka berkurang barakahnya."

Rasulullah dalam hadist nya :

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ب ( بسم الله الرحمن الرحيم ) فهو أبتر

Artinya : Segala perkara baik, yang tidak di dahului dengan bacaan basmalah, maka ia seperti orang yang tidak punya tangan dan kaki (terputus).

____________________________________________________

Ini adalah salah satu kisah dari keutamaan membaca Basmallah

Dikisahkan ada seorang perempuan tua yang sangat taat beragama. Akan tetapi, suaminya adalah seorang yang fasik dan sama sekali tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau berbuat kebaikan.

Perempuan tua itu selalu membaca Basmallah, setiap kali hendak berucap, dan setiap kali dia hendak memulai sesuatu, maka selalu diawali dengan mengucapkan Basmallah. Suaminya merasa risih dan tidak suka dengan sikap isterinya itu, hingga tak satu haripun ia selalu mengejek dan memperolok-olokkan isterinya.

"Bismillah, Bismillah, dikit-dikit bismillah, apa-apa bismillah. Kuping aku sakit dengernya." suaminya berkata dengan marah-marah.

Isterinya tidak berkata apa-apa, sebaliknya dia berdoa kepada Allah supaya memberikan hidayah kepada suaminya.

"Suatu hari nanti, aku akan membuatmu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu." tekad suaminya dalam hati.

Pada suatu hari, suaminya datang memberikan kejutan kepada istrinya. Dia memberikan uang yang sangat banyak kepada isterinya dan berkata, "Tolong simpan uang ini dengan baik dan aman." Istrinya pun mengambil uang tersebut dan menyimpannya baik-baik di tempat yang aman.

Suaminya kemudian mengikuti sang istri, dan berusaha mengetahui dimana istrinya menyimpan uang tersebut? Kemudian, tanpa sepengetahuan istrinya, diam-diam suaminya mengambil uang itu dan membuang dompetnya kedalam sumur yang berada di belakang rumahnya.

Setelah beberapa hari, suaminya memanggil istrinya dan berkata, "Ma, tolong ambilkan uang yang pernah papa berikan kepadamu, yang telah kamu simpan."

"Sebentar ya pah, mama ambilkan." ucap sang istri kemudian beranjak ke tempat dimana ia menyimpan uang suaminya.

Ternyata suaminya mengekori istrinya dibelakang, dengan berhati-hati istrinya menghampiri tempat dia menyimpan uang itu, lalu dia membuka lemari sambil membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim."

Ketika itu Allah swt, mengutus malaikat Jibril untuk mengembalikan dompet ke dalam tempatnya, hingga istrinya dapat menyerahkan uang itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terkejut suaminya, dia merasa sangat bersalah, kemudian ia mengakui segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertobat dan mau mengerjakan perintah Allah, dan dia juga selalu membaca Basmallah, apabila dia hendak mengawali atau memulai sesuatu pekerjaan.

Wallahu a'lam.


____________

Mulailah dari sekarang, apabila hendak mengawali suatu pekerjaan yang baik untuk membaca Basmallah terlebih dahulu, agar pekerjaan yang kita lakukan menjadi ibadah dan barokah.

Adapun hukum membaca Basmallah adalah sebagai berikut:

1. Wajib

Membaca Bissmillah wajib hukumnya pada saat membaca surat Al-Fatihah, karena Bissmillah sudah merupakan ayat pertama dalam surat Al-Fatihah.

2. Sunnah

Membaca Bissmillah sunnah hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat mengerjakkan hal-hal yang diperhatikan oleh Rasul. Contoh : Makan, minum, tidur, dll.

3. Makruh

Membaca Bissmillah makruh hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat kita beraktivitas seperti contohnya : Masuk kamar mandi, membersihkan kotoran, dan kegiatan yang sejenisnya.

4. Mubah
Membaca Bissmillah mubah hukumnya jika kita mengucapkannya pada saat mengerjakan hal-hal yang tidak diperhatikan oleh Rasul. Contoh : Pada saat memindahkan benda ketempat asalnya setelah digunakan.

5. Haram

Membaca Bissmillah haram hukumnya ketika kita mengucapkannya pada saat ingin mengerjakan hal-hal yang dilarang oleh Allah atau melakukan perbuatan maksiat, seperti : Main Judi, Minum-minuman keras, dll.

Jangan lupa untuk mengawali hal baik dengan membaca Basmallah dan akhiri dengan Hamdallah.

Publish

Sabtu, 03 Februari 2018

IBRAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang