- Songfiction Challenge (SC)
Di SC ini, teman-teman akan dihadapkan dengan beberapa judul lagu yang nantinya bakalan jadi bahan tantangan kalian buat mengembangkan cerita. SC termasuk cara yang gampang buat yang mau menulis, tapi bingung mau mulai dari mana.
Tokoh dalam SC ini harus tokoh original imajinasi kamu sendiri. Hanya, alurnya harus berkesinambungan dengan lirik lagu.
- Theme For You (TFY)
Ini tema buat kamu.
Biasanya, imajinasi teman-teman ada yang baru bisa bermain saat dikasih pancingan ide-ide dari orang lain. Di TFY, nanti akan diberikan beberapa tema yang bisa teman-teman pilih buat memancing imajinasi menulis.
Dalam TFY, genre-nya bebas. Teman-teman bisa mengembangkannya ke dalam berbagai genre yang disuka. Boleh dikembangkan ke original fiksi, teenfiction, romance, dan lainnya. Kecuali fiksi penggemar.
- Fanfiction Area (FA)
Menulis FA biasanya terbatas pada satu idol atau artis yang disuka saja. Bagaimana kalau kita mengajak diri kita sendiri buat beranjak dari zona nyaman dengan menulis fanfiction dari banyak idol atau artis?
Tujuannya, selain menjadi salah satu cara buat belajar menulis, kita juga bisa berkenalan dengan fandom lain, membaur dengan mereka, mengenali idol yang sangat banyak itu dan akhirnya ... bye bye fanwar!
- Imagine Time (IT)
Ini yang paling gampang banget buat belajar menulis. Semua orang bisa dan suka mengkhayal. Hayoo, ngaku aja lah! Haha.
Di program belajar menulis yang ini, bakalan dikasih beberapa kalimat pancingan buat awalan.
Nanti silahkan dilanjutkan tulisannya sesuai khayalan masing-masing hingga minimal 500 kata per naskah.
- Friend's Diary (FD)
Nulis diary itu udah yang paling aman. Nulis diary yang di sini, bukan berarti nyebarin aib kehidupan kamu buat dikonsumsi bebas di Wattpad.
FD adalah program belajar menulis dimana teman-teman nanti bakalan diajak buat menulis cerita kalian di dunia nyata. Mau curcol juga boleh. Tapi, di dalam FD ini harus mengemban misi penting, yaitu memberikan informasi atau nasihat yang bisa diaplikasikan ke pembaca.
Misal : Di dekat rumah kamu ada kecelakaan, kamu tulis perasaan kamu melihat korbannya, betapa parahnya, betapa prihatinnya kamu, dan apa yang bisa kamu sampaikan supaya pembaca nggak mengalami hal yang sama di jalanan.
Atau, kemarin kamu baru aja mencoba resep masakan baru bareng ibu. Kamu tulis betapa ribetnya nyari bahan, terus nggak sabarnya kamu nunggu makanan itu matang, akhirnya, kamu tulis apa yang harus dilakukan kalau pembaca kamu juga mau menikmati makanan yang sama.
FD ini terkesan simple, tapi, itulah hakikatnya menulis. Katanya menulis itu pekerjaan untuk keabadian. Kalau kita bisa menulis yang bermanfaat, semoga amalannya mengikuti hingga akhir.
- Poetry Words (PW)
Di PW, tema dan idenya dikasih buat yang ingin bisa bikin puisi tapi nggak tau mau mulai dari mana. Teman-teman juga boleh ke luar jalur dari tema yang ada.
Tapi, buat yang masih stuck, nanti akan diberikan beberapa kalimat yang bisa dijadikan prompt. Prompt ini nanti boleh kamu selipin sebagai pembuka puisi, atau di tengah, atau bahkan di akhir puisi.
Yang jelas, semua program belajar di LLFC nggak akan begitu aja dikasih tanpa bantuan. Namanya aja mau nemenin nulis. Ya, kan? Ya, kan?
KAMU SEDANG MEMBACA
LONG LIVE FICTION CLUB
RandomBaca work ini buat tau caranya bergabung sama LLFC! Ini dia Long Live Fiction Club. Dia nggak penting, tapi, niat dia baik. Kalau mau mencari bimbingan kepenulisan yang lebih hebat, LLFC bukan apa-apanya. Tapi, kalau mau mencari teman untuk memula...