'O M E L A S'
...
..
.Mereka sama rumitnya dengan kita. Masalahnya adalah kita memiliki kebiasaan buruk, didorong oleh orang-orang yang menjunjung tinggi keilmuan dan para aristokrat, yang menganggap kebahagiaan merupakan hal yang bodoh.
Hanya rasa sakit yang merupakan kecerdasan, hanya hal buruk yang menarik. Ini adalah pengkhianatan yang dilakukan seorang seniman: penolakan untuk mengakui kedangkalan mengenai keburukan dan kejenuhan buruk dari rasa sakit.
Jika kau tidak bisa mengatasinya, bergabunglah dengan mereka. Jika itu sakit, ulangi hal tersebut. Tapi untuk memuja keterpurukan itu adalah untuk menyangkal kepuasan, memeluk kekerasan adalah untuk kehilangan kekuasaan atas segala lainnya. Kita nyaris kehilangan pegangan; kita tak lagi dapat mendeskripsikan seseorang yang bahagia, tidak juga dapat membuat perayaan kesenangan.
Bagaimana caranya supaya aku bisa menceritakan padamu mengenai orang-orang dari Omelas? Mereka bukanlah orang-orang yang naif dan bahagia—meskipun anak-anak mereka mereka, pada kenyataannya, merasa bahagia.
Orang-orang Omelas itu adalah seseorang yang dewasa, cerdas, penuh semangat yang kehidupannya belum dihancurkan.
Oh keajaiban! Tapi kuharap aku dapat mendeskripsikannya lebih baik. Kuharap aku dapat membujukmu. Omelas dalam perkataanku terdengar seperti sebuah kota dalam cerita dongeng, sangat lampau dan jauh di sana, pada suatu waktu. Mungkin akan lebih baik jika kau membayangkannya sesuai gambaran kesenanganmu sendiri, menganggap hal tersebut sewaktu-waktu dapat terwujud, dengan pasti aku tidak bisa menanggapi kalian semua.
Tiba-tiba saja aku terpikir, bagaimana dengan teknologi? Kurasa baik mobil maupun helikopter pun tidak akan ada di jalan maupun udara; ini mengikuti fakta bahwa masyarakat Omelas adalah orang-orang yang bahagia. Kebahagiaan itu didasari oleh hanya pada diskriminasi mengenai apa yang penting, apa yang tidak terlalu penting atau menghancurkan, dan apa yang menghancurkan.
Di tengah kategori, bagaimanapun juga – bahwa hal yang tidak terlalu penting namun tidak menghancurkan, bahwa hal yang membuat nyaman, mewah, penuh kegembiraan, dll – mereka dengan sangat baik, dapat memiliki pemanas sentral, kereta bawah tanah, mesin cuci, dan semua hal luar biasa yang belum ditemukan di sini, sumber penerangan mengambang, sumber daya yang bukan berasal dari minyak, sebuah obat untuk flu biasa. Atau mereka juga bisa jadi tidak memiliki satu pun dari hal-hal itu: tidak masalah. Sesukamu saja.
Aku cenderung untuk berpikir bahwa orang-orang yang datang dari kota dan dari pesisir pantai telah mendatangi Omelas pada hari terakhir sebelum Festival dengan menggunakan kereta kecil super cepat dan kereta trem dua tingkat, dan bahwa stasiun kereta Omelas itu adalah bangunan terkeren di kota, meskipun terlihat lebih polos daripada Farmers’ Market yang luar biasa. Namun meskipun memiliki kereta, aku khawatir bahwa bagi beberapa orang sejauh ini Omelas meninggalkan kesan sok baik-baik.
Senyuman, lonceng-lonceng, parade-parade, kuda-kuda, bleh. Jika kau berpikir seperti itu, silakan tambahkan sebuah pesta seks. Jika sebuah pesta seks bisa membuat persepsimu lebih baik, jangan ragu untuk lakukan itu. Bagaimanapun, mari kita untuk tidak memasukkan kuil-kuil yang dipenuhi oleh pendeta dan pendeta wanita cantik tanpa busana yang sudah setengah mabuk dan siap untuk bersanggama dengan pria dan wanita mana pun, kekasih atau orang asing yang menginginkan penyatuan dengan Ketuhanan dalam darah, meskipun itu adalah ide awalku. Tapi sungguh, akan jadi lebih baik jika tidak ada kuil apa pun di Omelas – setidaknya, tidak untuk kuil yang dihuni oleh manusia.
Agama, ya, pendeta tidak. Tentu saja para sosok indah tanpa busana itu bisa berkeliaran menawarkan diri layaknya kue dadar agung kepada para orang yang membutuhkan dan pengangkatan daging. Biarkan mereka bergabung dalam arak-arakan.
. . . O M E L A S . . .
TBC
Keep vomment A R M Y
KAMU SEDANG MEMBACA
The Ones who Walk Away from Omelas
FantasyOmelas -sebuah kota kecil yang sulit untuk dideskripsikan- Sept'7 18 - #9-youneverwalkalone Sept'14 18 - #5-youneverwalkalone June'3 19 - #1-youneverwalkalone