02: Tips!

175 31 0
                                    

Nih ya aku mau ngasih tips. Tapi gak perlu tanya cuma buat tambahan aja.

"Yang namanya STUCK itu cuma alasan pembenaran dari MALAS."

📌📌TIPS AGAR IDE TIDAK BERHENTI DI TENGAH CERITA📌📌

1. Memiliki NIAT

Jadi setiap kita menulis harus punya niat yang nantinya akan menjadi pondasi cerita kita.

2. Bikin DEADLINE
Banyak orang yang bilang ini menyiksa (tidak untukku). Kalau misal ide kita udah mentok di tengah cerita, kita harus ingat jadwal yang kita buat untuk update cerita agar kita mau tidak mau kita harus menepati apa yang kita janjikan.

3. Jangan terlalu PERFEKSIONIS

Ingatlah "Tidak pernah ada karya yang sempurna yang ada hanyalah karya yang selesai."

Jadi untuk apa kita sok buat cerita yang sempurna, karena yang sempurna untukmu belum tentu sempurna untuk orang lain. Jadi pentingkan dulu untuk menyelesaikan cerita tersebut. Setelah selesai bisa di revisi lagi. Daripada mikirin kesempurnaan karya dan membuat cerita tersebut tidak selesai-selesai.

4. Fokus pada tema awal.

Jangan labil meskipun kamu ada di usia yang labil dengan emosi naik-turun. Kalau bisa buat kerangka seperti penulis yang lebih senior. Jangan melenceng dari cerita karena itu membuat pembaca sedikit bingung. Kalau sudah males nulis baca-baca karya orang lain untuk mencari ide, kalau bisa cerita yang kamu buat (yang berhenti di tengah cerita) yang kamu baca.

5. Memiliki penyemangat
Kalau aku sih oppa-oppa ganteng. Hal ini sangat penting karena imajinasi seseorang akan muncul saat membayangkan penyemangat kita.

6. Olahraga yang rajin
Saat peredaran darah lancar, otak berfungsi normal dan ide-ide kreatif muncul.

Mohon maaf bila ada kesalahan. Sekian, dan terima kasih❤

Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang