02. ngaji

5.4K 943 198
                                    



"assalamu'alaikum, bang sungjin!" teriak dowoon sambil memencet bel rumah sungjin.

"iya, waalaikumsalam," sungjin membuka pintu rumahnya.

"loh, dowoon? ngapain ke sini?"

dowoon cengengesan, "bang, ajarin aku ngaji dong. aku ikut Tahfiz Qur'an didaftarin dosen, aku takuuut bang soalnya tajwid aku masih berantakan banget."

sungjin mengangguk paham, "yaudah ayo masuk," ajaknya.








































"nih, pertama-tama, kalau mau bisa ngaji, kuncinya ada di tajwid." kata sungjin.

"ooo ... kalau gemboknya ada di mana, Bang?" tanya dowoon polos.

sungjin menghela napasnya, "bukan kunci gerbang, woon. maksudnya kalau lo mau bisa baca Qur'an, lo harus ngerti tajwidnya."

"ngerti maksudnya?" tanya sungjin.

dowoon mengangguk, "ngerti kok."

"nah sekarang, coba baca ini. pake tajwidnya ya." kata sungjin mulai mengetes anak didiknya ini.

"audzubillahiminasyaitoniradzim, bismillahirrahmanirrahim—"

"—qoliilin layushbihu"

"eh stop," ujar sungjin bikin dowoon bingung.

"kenapa bang? aku bacanya salah ya?" kata dowoon yang dijawab anggukan oleh sungjin.

"itu bacanya jadi 'qoliilillayushbihu' karena itu idgham bilaghunnah, yang apabila nun mati bertemu huruf lam dileburkan. berarti nun matinya digabungkan satu huruf hijaiyah sesudahnya, atau bisa dengan istilah di tasydid kan." jelas sungjin.

dowoon hanya terdiam merenung.

sungjin mendengus, "woon, ngerti gak apa yang gue jelasin?"

tetapi dowoon masih terdiam.

sungjin jadi panik, "woon, lo gapapa kan? woy ngomong napa, jangan bikin gue panik." katanya sambil menepuk pundak milik dowoon.

"bang ..."

"iya, lo kenapa dah," kata sungjin.

"kalau aku cewek, kayaknya aku suka sama bang sungjin deh. abisnyA BANG SUNGJIN PINTER BANGET HUHUHU." teriak dowoon girang.

"yA ALLAH UNTUNG LO COWOK YA WOON, ALHAMDULILLAH."

dowoon yang tadinya girang jadi berhenti, "loh emang kenapa kalau aku cewek?" tanyanya.

"ya versi cowoknya aja begini, gimana versi ceweknya. bisa gila gue." sungut sungjin kesal.

"iH BANG SUNGJIN KOK JAHAT."











– – –

hAHAHA kiyowo banget sih dowoon ...

:3

daily life | day6 ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang