Tempo hari, saya berkesempatan ngobrol sama teman-teman di grup Budaya Tionghoa. Sekalian, deh saya kepoin masalah genre yang sering bikin bingung ini. Jujur nih, walau tahu sekilas tentang wuxia, saya agak nge-blank soal xianxia dan xuanhuan.
Dulu, waktu kecil ... saya akrab banget sama cerita-cerita wuxia. Maklum, dulu cerita-cerita silat dengan mudah bisa dinikmati di TV.
Sebutlah Pendekar Pemanah Rajawali, Golok Pembunuh Naga, Pangeran Menjangan, Pendekar Hina Kelana, Rase Terbang dari Gunung Salju, dan lain-lain.
Sepengetahuan saya, cerita-cerita seperti itu memang tidak melibatkan makhluk-makhluk fantasi. Perseteruan yang terjadi umumnya terjadi di dunia persilatan saja. Perguruan saling bersaing, pendekar mencari ilmu dan pusaka tertinggi, dan seterusnya. Sering juga ada hubungan dengan kerajaan dan penghuni istana. Tema besar cerita juga seputar balas dendam dan duel pendekar tingkat tinggi.
Nah, kemudian ... saya mulai mengenal jenis cerita xianxia. Kalau di internet sih, katanya xianxia ini memiliki unsur-unsur Taoisme. Jadi ceritanya bisa manusia biasa yang ingin mencapai keabadian dan semacamnya. Sama seperti kepercayaan dalam Tao, di cerita xianxia dimunculkan dewa-dewa, siluman, naga, dan sebagainya.
Lalu bagaimana dengan xuanhuan?
Xuanhuan sendiri adalah cerita yang sudah lebih modern lagi. Xuanhuan konon merupakan cerita yang berkembang setelah masuknya pengaruh fantasi dari Eropa. Penulisnya bisa Chinese asli, atau keturunan Chinese yang lahir di luar RRC. Xuanhuan sendiri bisa ditulis dengan lebih bebas, bahkan memakai bukan nama-nama Mandarin. Contoh xuanhuan yang memakai nama-nama western: Cultivation, Realms, Netherworld, Alchemy, Potioneering, Yinyang Five Elements. Walau memakai nama-nama western, konsepnya tetap berpegang pada huaxia (konsep sejarah yang mewakili/menyimbolkan sejarah Tiongkok). Lalu ada juga Tales of A Reincarnated Lord yang lebih mirip novel Eropa murni, meski masih memasukkan campuran konsep timur.
Dari diskusi di atas, saya menyimpulkan, syarat utama xuanhuan hanyalah: tetap mengusung nilai-nilai ketimuran.
Nah, untuk referensi-referensi novel yang pas, ada baiknya mampir ke spcnet, wuxiaworld, volarenovels, novelupdates, reddit, gravitytales atau webnovel Qidian.
Nah, jadi sekarang sudah tahu, ya ... tentang 3 jenis genre di atas.
Somehow, sebelum bikin novel dengan genre di atas, ada baiknya memang kalian mengenal dulu kebudayaan dan nilai-nilai masyarakat Tiongkok. Jadi nantinya, kalian bisa jelaskan kenapa cerita kalian masuk ke dalam genre wuxia, xianxia, atau xuanhuan.
Ngomong-ngomong, kalau ada yang mau nambahin, dipersilakan banget, loh. Yuk, belajar sama-sama :D
Thanks to Lia Zhang dan 小子文盲.
KAMU SEDANG MEMBACA
What You Must Know About China
عشوائيBikin cerita bersetting luar negeri itu nggak gampang. Apalagi kalau cerita sejarah. Buku ini saya buat untuk penulis xianxia/wuxia sebagai panduan biar nggak ngaco-ngaco banget. Kalau ada yang mau kasih tambahan, dipersilakan banget. Soalnya saya j...