*Sel merupakan unit terkecil pada suatu makhluk hidup yang memiliki struktur dan fungsi tertentu.
*Jaringan adalah kumpulan daripada sel. Jaringan tumbuhan meliputi : jaringan xylem, jaringan floem, jaringan primer, dan jaringan meristem.
*Jaringan xylem merupakan jaringan yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan unsur hara dari akar menuju daun tumbuhan.
*Jaringan floem merupakan jaringan yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan unsur hara dari daun menuju ke seluruh permukaan tumbuhan.
*Jaringan primer merupakan jaringan paling primitif.
*Jaringan meristem merupakan jaringan yang cukup modern, terdapat pada akar, batang, dan kambium. Sifatnya aktif membelah.
*Jaringan pada hewan meliputi : jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf.
*Organisme merupakan satuan dari makhluk hidup. Contohnya : organisme harimau, organisme kucing, dll.
*Aktivitas makan dimakan dinamakan dengan rantai makanan. Contoh rantai makanan : padi (sebagai produsen) dimakan tikus (sebagai konsumen I) dimakan ular (sebagai konsumen II) dimakan elang (sebagai konsumen III). Ada juga istilah Piramida makanan yang terdiri atas produsen, konsumen trofik I hingga 4.
*Hewan yang memakan hewan buruan disebut dengan pemangsa atau predator.
*Tumbuhan tingkat tinggi adalah tumbuhan yang sudah sempurna. Cirinya adalah sudah memiliki akar, batang dan daun sejati. Contohnya pohon mangga, pohon beringin, dll.
*Organ adalah kumpulan dari berbagai jaringan. Contohnya organ jantung, organ hati, organ ginjal, dll.
*Sistem organ adalah kumpulan dari berbagai organ. Contohnya sistem ekskresi (sistem pembuangan zat sisa) pada manusia : hati mengeksresikan empedu, ginjal mengeksresikan urine, paru-paru mengeksresikan karbondioksida, dan kulit mengeksresikan keringat.
*Sistem organ pada manusia meliputi : sistem reproduksi, sistem ekskresi, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, dan sistem gerak.
*Hewan herbivora memiliki ukuran usus yang lebih panjang dibandingkan dengan hewan karnivora. Karena hewan herbivora harus mencerna selulosa pada tumbuhan yang ia makan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Biologi Umum (SD, SMP, SMA, kuliah)
Non-Fiction3 of SD 19/05/2018 Buku ini didedikasikan untuk pecinta biologi sejati. Faktanya, biologi itu penting karena banyak menyimak tentang manusia dan kehidupan dilihat dari sisi ilmiah. Zulfach Amini, seorang guru sains yang berpengalaman bersedia berbag...