*Manusia mengalami pertumbuhan pada umumnya dari mulai zigot, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia.
*Manusia mengalami perkembangan yang sifatnya iireversibel (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Dimulai dari bayi berkembang menjadi anak-anak.
*Tahap pertumbuhan manusia sebelum terjadi tahap kelahiran meliputi :
1. Adanya fertilisasi (pembuahan) antara sel ovum dengan sel sperma yang menghasilkan zigot.
2. Perkembangan zigot pada vertebrata (hewan yang memiliki tulang belakang) berlaku pula untuk manusia, yang meliputi : zigot, fase morulla, fase blastula, fase gastrula, embrio/janin.*Morulla : pada fase ini, zigot terus menerus membelah secara mitosis dan terjadi penambahan dalam jumlah sel.
*Blastulla : Terbentuk rongga sel yang berisi cairan yang disebut dengan blastulla.
*Gastrulla : Terjadi pembelahan sel dan terdapat dua kutub, yaitu kutub animal dan kutub vegetal. Sel kutub animal lebih aktif membelah sehingga membentuk lipatan invaginasi yang membentuk jaringan embrional. Terbentuk pula tiga lapisan, yaitu lapisan luar (ektoderm), lapisan tengah (mesoderm), dan lapisan dalam (endoderm).
*Organogenesis : Jaringan embrional akan mengalami perubahan bentuk dan terbentuklah organ sesuai dengan lapisannya.
*Tahap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia setelah kelahiran : balita, anak-anak, remaja, dan manula.
*Balita : usianya dibawah 5 tahun. Perkembangan fisik yang cepat, perkembangan motorik seperti berlari dan berjalan, perkembangan komunikasi seperti tertawa dan teriak, perkembangan lanjutan seperti bertepuk tangan.
*Anak-anak : usianya 6-10 tahun. Mulai beradaptasi, rasa ingin tahu yang pesat, emosi berubah-ubah, mengenal sesuatu.
*Remaja : usianya 11-18 tahun. Perubahan fisik dan psikologis pada remaja perempuan lebih cepat dibandingkan remaja laki-laki. Perubahan fisik pada remaja laki-laki adalah : dada menjadi bidang, suara membesar dan berat, tumbuh jakun, tumbuh rambut pada ketiak atau kumis.
Perubahan fisik pada remaja perempuan adalah : payudara dan pinggul membesar, kulit lebih halus, suara menjadi lembut, tumbuh rambut pada ketiak.*Manula : usianya 50 tahun ke atas. Ciri dari manula adalah : berkurangnya fungsi organ, salah satunya organ pendengaran berkurang. Gerakan menjadi lambat karena sendi kaku atau keropos. Tubuh mudah letih dan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sakit. Pada manula wanita akan mengalami menopause ditandai dengan berhentinya haid.
KAMU SEDANG MEMBACA
Biologi Umum (SD, SMP, SMA, kuliah)
Non-ficțiune3 of SD 19/05/2018 Buku ini didedikasikan untuk pecinta biologi sejati. Faktanya, biologi itu penting karena banyak menyimak tentang manusia dan kehidupan dilihat dari sisi ilmiah. Zulfach Amini, seorang guru sains yang berpengalaman bersedia berbag...