*Manusia harus menjaga kesehatan pencernaan nya dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang mampu diserap oleh tubuh dengan baik.
*Pencernaan mekanik terjadi di rongga mulut dengan bantuan enzim amilase pada kelenjar ptialin.
*Pencernaan kimiawi terjadi di rongga mulut, usus, dan lambung dengan bantuan enzim.
*Alat pencernaan manusia meliputi : rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.
*Pada rongga mulut, makanan dikunyah dan dihancurkan oleh gigi dan dibantu kelenjar lidah. Gigi manusia terdiri dari gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
*Gigi seri terletak di depan, berbentuk pahat. Fungsinya untuk memotong makanan.
*Gigi taring terletak di sisi depan kanan dan kiri, berbentuk runcing. Fungsinya untuk mengoyak makanan.
*Gigi geraham terletak di samping menuju belakang, berbentuk rata bergerigi. Fungsinya untuk mengunyah makanan.
*Gigi terdiri atas tiga bagian yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Bagian paling luar dari mahkota gigi dilapisi email. Pada bagian dalam mahkota gigi terdapat tulang gigi dan pulpa. Pada bagian dalam pulpa terdapat banyak pembuluh darah dan saraf. Pada bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang tertutup oleh gusi.
*Jumlah gigi pada anak-anak umumnya berjumlah 20 gigi.
*Jumlah gigi pada orang dewasa umumnya berjumlah 32 gigi.
*Lidah berfungsi sebagai pengecap rasa manis, asin, asam dan pahit.
*Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat Amilum menjadi glukosa.
*Pada daerah kerongkongan terdapat gerakan peristaltik yang mendorong makanan untuk menuju lambung.
*Pada bagian lambung terdapat enzim pepsin yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton. Pada lambung terdapat asam klorida yang bersifat asam yang fungsinya untuk membunuh kuman dan mengaktifkan enzim pepsin. Ketika proses pencernaan terjadi, otot-otot lambung akan berkontraksi sehingga makanan yang masuk berubah menjadi bubur yang akan bergerak menuju usus halus.
*Usus halus berfungsi sebagai penyerapan nutrisi. Usus halus terbagi menjadi tiga bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap.
*Pada usus halus terdapat pencernaan kimiawi dan penyerapan sari makanan.
*Pada usus dua belas jari terjadi proses pencernaan dengan bantuan getah pankreas.
*Pada usus kosong terdapat usus dua belas jari dan usus penyerapan.
*Usus besar terbagi menjadi : usus naik, usus besar melintang, dan usus besar turun.
*Dalam usus besar, sisa makanan akan mengalami pembusukan makanan yang dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral akan diserap tubuh. Sementara sisa makanan akan dikeluarkan oleh Anus dalam bentuk feses.
*Makanan yang baik untuk tubuh adalah makanan 4 sehat 5 sempurna. Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
*Karbohidrat : sumber energi dan makanan berat. Contohnya nasi, jagung, ubi, kentang, dll.
*Protein : memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Contohnya : telur, susu, daging, dll.
*Lemak : sebagai cadangan makanan. Lemak ada dua macam yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak yang dihasilkan dari hewan. Contohnya daging, keju, minyak ikan, dll. Lemak nabati adalah lemak yang dihasilkan dari tumbuhan. Misalnya kelapa, margarin, dll.
*Vitamin : melancarkan semua proses di dalam tubuh. Namun, vitamin dibutuhkan oleh tubuh hanya dalam kadar yang sedikit. Vitamin ada bermacam-macam seperti vitamin A, B, C, D, E, K.
*Mineral : melancarkan semua proses di dalam tubuh. Mineral dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Contohnya kalsium sebagai pembentuk tulang, zat besi sebagai penambah sel darah merah, fosfor dan iodin.
*Air merupakan komponen penting dalam kehidupan. Air berfungsi untuk memperlancar metabolisme, seperti proses pencernaan dan peredaran darah.
*Jangan lupa follow dan vote 💕*
KAMU SEDANG MEMBACA
Biologi Umum (SD, SMP, SMA, kuliah)
No Ficción3 of SD 19/05/2018 Buku ini didedikasikan untuk pecinta biologi sejati. Faktanya, biologi itu penting karena banyak menyimak tentang manusia dan kehidupan dilihat dari sisi ilmiah. Zulfach Amini, seorang guru sains yang berpengalaman bersedia berbag...