Hai, gue Chanyeol. Tapi orang-orang suka melesetin nama gue jadi Cendol. Jadi, gapapalah panggil gue Pangeran William aja. Sungguh teunanaon.
Gue mahasiswa jurusan Sastra Korea semester akhir dan hobi gue leha-leha.
Ketahuilah leha-leha adalah seni dan kreatifitas serta passion yang mulia.
Gausah protes, kampret!
Gue ngekost di salahsatu kost-kostan yang alhamdulillah lumayan ternama. Tapi, sayangnya kost-kostan gue ga punya nama.
Pemilik kostnya adalah Bang Yesung yang seorang petani abal-abal. Udah kaya tapi ngotot pengen jadi petani. Ngeyel dia. Passionnya sama kayak gue. Yaitu bermalas-malasan. Tapi dia lebih parah, cuy. Malasnya sampai ke tulang. Salahsatunya males namain kost-kostan riweuh nan rempong tempat gue tinggal ini.
Saking malesnya, kalo dia abis bajak sawah nih, kaki sampai betis kan kena lumpur tuh. Dia kadang nggak cuci loh. Alasannya apa?
"...Gausah di cuci. Besok kotor lagi kok."
HYUNG, YOU'RE MY REAL MVP!
Gue sama tetangga gue alhamdulillah bisa berbaur. Btw, gue ga tinggal sendirian di kost. Biar hemat cenah. Gue berdua sama temen yang super setia sejak SMA. Sebut saja dia Baskoro.
Maksud gue, Baekhyun. Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi semester akhir juga.
Gue sama Baekhyun tinggal di kamar nomor 6.
Mau gue kenalin ga sama tetangga-tetangga gue?
Oke. Karna kalian maksa, gue turutin.
Di kamar nomor 1, ada manusia bermata bulat yang biasa kita kenal Morgan. Tapi nama aslinya sih Do Kyungsoo. Dia makhluk terkalem di kost-kostan sini. Anak Hubungan Internasional semester 6. Makanya agak kritis.
Di kamar nomor 2, ada spesies lele bernama Chen. Nama aslinya sih Jongdae Wahyudin. Dia pengangguran sukses. Kerjanya main hape doang tapi duit di rekening ga pernah kosong. Iya, dia kerja GMFLY dan Agen Kuota gitu. Bapak yang satu ini adalah tempat langganan gue ngutang kuota. Tapi dia kuliah juga kok, jurusan Sastra Rusia. Katanya biar fasih ngobrol sama Marsha and The Bear.
Di kamar nomor 3, ada sesepuh alim bernama Minseok. Minseok Hyung ini udah kerja. Udah jadi CEO perusahaan keripik ubi. Gausah gue sebutin lah nama perusahaannya apa. Nanti di kata endorse. Kok kaya tapi ngekost? Ya terserah dia lah.
Di kamar nomor 4, ada temen hunting gue nih. Si Sehun. Dia semester 4 gitu bareng si jongin sang tetangga. Mahasiswa jurusan Sastra China. Masuk Sastra China karna gamon di putusin sama pacarnya yang dari China pas lagi sayang-sayangnya. Suckid tapi tak berblood.
Di kamar nomor 5, ada Junmyeon hyung. Dia ngotot pengen di panggil Suho. Tetangga gue yang satu ini udah kerja. Jadi pegawai bank. Dia udah mapan kan? Makanya dia ngebet mau nikah tapi gaada cewek yang mau. Gatau deh kenapa. Dua kali ikut Take Me Out pun ga laku.
Di kamar nomor 7, ada Kim Jongin. Kalau rempong sama namanya, panggil aja Kai. Doi sejurusan sama si Sehun. Cuma ya beda kelas aja. Si Kai kelas ganjil, si Sehun kelas genap. Walaupun mukanya cabul, percayalah dia masih lugu. Di depan cewek doang tapi.
Di kamar nomor 8, ada Zhang Pesing. Apa Yixing ya? Gatau dah. Orang-orang suka manggil Lay. Biar simple. Doi seharusnya sih udah wisuda tahun lalu. Tapi karna dua kali dia lupa hari wisudanya, tertunda lah segalanya. Lay hyung jurusan pariwisata. Dia pengen jadi tour guide gitu biar ketemu bule. Tapi gue suka mikir. Kumaha mau jadi tour guide kalau hobinya aja salah masuk kamar?
Sisanya, gue ga kenal lagi sih. Soalnya pada garing gitu. Ada sih beberapa cewek cantik tapi gue malu. Gue kan orangnya tampan, lugu nan pemalu.
Jijik.
Hari ini puasa pertama. Gue sama Kai nyantai di bawah pohon mangga depan kost sambil hapean. Ansos ansos club cenah.
Gue sibuk tepe-tepein cewek di ig, Jongin sibuk ngeyoutube hasil ngemis tethering dari gue.
Bangsat.
"Astaghfirullah. Puasa tuh bukannya ngaji, ini malah hape-an. Dasar generasi nunduk." Gumam Minseok hyung sambil jalan ngelewatin gue sama si Jongin.
"Sesekali, hyung. Dari pabrik ya?"
"Hooh. Mau keripik ubi ga? Gue ada rasa baru nih. Rasa jagung bakar." Ujar Minseok hyung sambil ribet ngerobekin kantong isi selusin keripik.
Gue sama Jongin di lemparin sebungkus keripik ubi seribuan. "Nih, sebungkus per orang aja ye, mayan buat di cemilin siang-siang gini. Biar puasanya makin kuat. Insha Allah berkah." Minseok hyung senyum lempeng sambil jalan ke kost-kostannya.
Jongin ngedeketin gue dengan wajah cabulnya yang udah dari lahir. "Hyung, yang bego siapa?"
Gue ngangkat bahu. "Tau tuh, faktor umur kali."
Dengan malas, gue ngebuka bungkus keripik ubi yang Minseok hyung sedekahin tadi. Gue makan dengan hati yang damai. "Ya Allah, puasa gini masih ada ya orang baik kayak Minseok hyung. Tau aja gue lagi laper di puasa pertama gini hadeh."
Jongin "Enak, hyung?"
Gue ngangguk. "Enak sih. Lumayan. Asinnya pas, enak nih di campur ketoprak pas buka pu- ASTAGHFIRULLAH KOK GUE MAKAN?"
Jongin cuma mijat kepala.
Gue buru-buru lari ke kamar gue.
"BAEK? AIR GALON MASIH ADA GA?"
Baekhyun yang tadinya asik ngetik skripsi malah ngeliatin gue. "A-ada, kenap-"
Belum selesai si Baekhyun ngomong, gue tanpa pikir panjang langsung ngambil gelas pelastik hadiah sabun daia, ngambil air, dan minum dengan khidmat.
"HEH GOBLO LO KAN PUASA?"
Gue ngelap bibir pake leher baju gue. "...gue kelepasan makan keripik ubinya Minseok Hyung. Gasengaja sumpah. Trus gue buru-buru minum biar ga seret tenggorokan gue. Masih bisa lanjutin puasa ga ya?'
"..."
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Kostan | EXO [DISCONTINUED]
FanfictionKehidupan absurd 9 anak kost-kostan yang hidup pas-pasan.