Kehidupan yang Sempurna

1.3K 5 1
                                    

Roma 12:2, Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

   Terdapat tiga ciri kepribadian             Yesus yg melaluinya kita dapat mengukur kedewasaan rohani          kita, yaitu:
Pertama, kepribadian yg tidak dikuasai dosa. Ini berarti kepribadian yg taat mutlak kepada Allah, Kepada segala perintah dan kehendak-Nya (Fil. 2:8; ibr. 5:7-9). Pada akhirnya, kesucian itu bukan saja tidak berbuat dosa tetapi "tidak dapat berbuat dosa lagi".

   Kedua, kepribadian yg menjadi berkat untuk orang lain (Yoh. 4:34). Sebuah kehidupan yg telah berpaling dari kehidupan yg berpusat pada diri sendiri kepada kepentingan orang lain. Ini adalah sebuah kepribadian yg rela menjadi seperti anggur yg tercurah dan roti yg terpecah. Kepribadian yg berkorban untuk kepentingan orang lain.

   Ketiga, pribadi yg peka dengan kehendak Allah (Rm. 12:2; Mat. 5:8).
Dalam Matius 5:8
Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.,
Kata 'melihat' disini dalam teks aslinya tidak digunakan kata "blepo atau theoreo", yg artinya melihat dengan mata, tetapi " horao" yg artinya melihat dengan hati. Ini adalah sebuah pribadi yg peka dengan suara Tuhan; dapat membedakan antara suara dunia atau iblis, suara diri sendiri dan suara Tuhan. Pribadi yg dewasa akan suka mendengar suara Tuhan, mematuhi dan menurutinya. Ia tidak bertindak, jika hanya berdasarkan pertimbangan manusia. Ini adalah sebuah kehidupan yg terus-menerus dipimpin oleh Roh Kudus.

   Bagaimana memasuki kehidupan yg luar biasa ini, yaitu: kehidupan seperti Yesus; kehidupan yg sempurna? Untuk mengalaminya, tentu kita harus  mengawalinya dengan kelahiran baru. Ini adalah pintu gerbang yg harus dilalui. Ia harus dilahirkan dari atas (anna genao, Yoh. 1:13); Ia harus mangalami "Penciptaan ulang" (palin genesa, 2 kor. 5:17).

Kita perlu melihat Roma 13:14. Ayat ini adalah salah satu dari sekian banyak ayat Alkitab yg memberi tuntunan bagaimana hidup secara luar biasa, yaitu dengan menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah; dan tidak merawat diri untuk kenyamanan pribadi.

Pintu gerbang untuk dapat mengalami kehidupan yg sempurna adalah mengalami kelahiran baru...

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jun 07, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

berbagai renungan khotbah dan motivasi...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang