Aplikasi yang gue pakai disini dan yang bakal gue terangin cara pemakaiannya itu INFINITE DESIGN PRO. Kalau belum punya aplikasinya, download di BAB sebelumnya.
Oke, yuk simak dan kita ubek-ubek aplikasi ini.
Itu adalah tampilan awal ketika kita membuka aplikasi ID.Nah itu tampilan waktu kita mau buat gambar setelah mengklik NEW terlebih dahulu. Kita juga bisa ngatur warna background-nya, ukuran kanvasnya, dll.
Tampilan ketika kita sudah menentukan ukuran kanvas, dll, lalu memencet CREATE. Akan muncul tampilan spt di atas.Nah, di pojok kiri atas, itu ada beberapa opsi.
1. Yang paling atas (mirip sapu) itu, gunanya untuk menentukan 'kuas' seperti apa yang bakal kita gunakan. Ada beberapa bahkan banyak pilihan. Contohnya untuk membuat garis, kita menggunakan brush TAPPERED. Atau untuk membuat bentuk segitiga kita menggunakan LASSO. Dll.
2. Lingkaran dibawah bentuk sapu (:v) itu adalah ukuran kuasnya. Semisal, kita mau membuat garis yang nggak terlalu besar ukurannya, diaturnya pake itu.
3. Bulat hitam itu adalah kumpulan warna. Kita bisa milih mau warna apa nantinya disitu. Kay?
4. Dibawahnya lagi, itu untuk mengatur opasitas kuas kita.
5. Dibawahnya itu adalah ERASER atau penghapus. Jadi, kalo kita ada salah buat garis bisa dihapus lewat situ.
Oke, selanjutnya adalah TOOLS dan KAWANNYA. Disinilah karya-karya hebat tercipta #eak. Oke bakal gue jelasin 1-1 fungsinya ya.
A. TOOLS
1. Move= Buat mengatur tata letak garis/bentuk yang sudah dibuat pake kuas tadi.
2. Edit= Mengedit apabila ada kesalahan disalah satu layer. Jadi bisa pake ini.
3. Select= Ini fungsinya banyak. Intinya kalian bisa milih garis atau bentuk apapun yang mau dibuang pake ini (lebih rapi).
4.Text= Menambahkan tulisan ke dalam gambar kalian. Fonts-nya banyak dan beragam. Bagus.
5. Duplicate= Menduplikat/mengcopy layer. Sehingga nantinya ada 2 layer dengan gambar sama.
6. Offset = #okeakukurangpahamfungsiiniapa:"
7. Segment= Menghapus bagian yang kurang perlu.
8. Remove= Memindahkan/Menghapus bagian.B. SHAPES
1. Line= Membuat bentuk garis panjang lurus.
2. Circle= Membuat bentuk lingkaran penuh atau hanya garis lingkaran.
3. Rectangle= Membuat bentuk persegi/persegi panjang penuh atau hanya persegi/persegi panjang saja.
4. Pen= Waktu mau gambar, setelah mencet brush yang mau digunakan, baru pencet PEN ini. Gunanya untuk menggambar di kanvas dengan model brush yg dipilih tadi.
5. Lazy= Nah kalau kalian geser bagian SHAPES ke kiri, akan ada namanya LAZY. Maksudnya, kalau kalian lagi pemula dan masih kaku buat garis atau takut kelebihan, bisa pake tools ini. Bermanfaat banget biar garis kalian rapi nantinya.C. PAINT
1. Fill= Untuk memenuhi gambar dengan warna yang diinginkan.
2. Gradient= Membuat warna polos menjadi ber-gradient (ada gradasi warna dari gelap>terang)
3. Pattern= Bingung mau ngomongnya gimana:"
4. Transfer= Ya gitu:" (Ini ga terlalu dipake bahkan ga pernah dipake waktu buat vector)D. SYMMETRY
1. Horizontal= Buat bentuk memanjang.
2. Vertikal= Buat bentuk meninggi.
3. Radial= Buat bentuk yang menyebar. (Ini dipake kalo kita mau buat bagian di mata yang garis-garis iris tuh. Pake ini)Yang lain gausah dijelasin ya, tau sendiri kan fungsinya?
Sekarang, di sebelahnya tombol TOOLS tadi ada opsi LAYER. Layer ini dipake buat ngegambar bagian-bagian yang sekiranya ada di bagian bawahnya atau atasnya.
Dan ini opsi terakhir. Ada pilihan buat masukin gambar ke kanvas, atau mengimpor gambar dari gallery ke kanvas, dan menyimpan hasil vector yang udah kita buat ke gallery. Bisa dalam file JPEG atau PNG. (Keren kan?)
>>
DUH panjang amat kayak anu.
Udah, segitu dulu penjelasannya. Sampai berjumpa di BAB tutorial ya!
Siapkan amunisi!!!!!!
BUKU INI AKAN DIMULAI 1 JULY 2018
KAMU SEDANG MEMBACA
SKY LEARNING
Random[SELESAI] Buku yang berisi tutorial-tutorial membuat vector sendiri. Caranya? Yuk mampir! Berikan komentarmu terhadap buku tutorial ini. ©2018-Kim Sasy