#25 [T] - Tips Memilih Fonts [A]

231 18 4
                                    

Haiiiii ketemu lagi sama sasha masih syantik!

Jadi kali ini, gue bawa tutor cara memilih font yang baik, bagus, benar, dan keren. Kan kalo misalnya kalian udah bikin cover nih, udah bagus ceritanya, trus mau ditambahin fonts eh ga cocok, malah hasilnya jelek, fail, dan menyakidkan mata:' kan galucu yak. Apalagi kalo covernya udah bagus2 uchul gimana gituu...

Jadi skrg sasha mau ngasi tips nih buat kalian2 cara memilih fonts.

Yuk mulai!

1. Jenis fonts
Yang pertama, kalian harus pinter-pinter milih bentuk/jenis fonts.
-Jangan naruh jenis/bentuk fonts lebih dari 3 dalam 1 cover (plis deh:')
-Jangan milih fonts yang 'nggak banget'
-Usahain pilih fonts yang simple ucul gimana gitu (Kayak fonts coolvetica, shamber, hey papa! manus smooth)
Nah kalo kalian pinter dalam pemilihan jenis/bentuk fonts-nya dijamin cover kalian bakal bagus deh!

2. Trend wattpad
Jangan mentang-mentang kalian suka fonts A pas makenya fonts A semuaaaaa di cover kalian. JANGAN!
-Ikuti trend cover yg lagi hits (misalnya, dulu lagi jamannya pake fonts Autumn in november, LUNA, hanging letters, bromello, dll)
-Jangan biarin cover kalian kelihatan jadul karna kalian pake fonts Arial, calibri, cambria, dan times new roman:') Ya gapapa sih sebenernya asal pinter2 aja nempatinnya:')

3. Fonts bisa dibaca!
Ini nih yang kadang jadi kesalahan kalian kalo milih fonts.
Tips dari gue:
-Pilih fonts yang simple dan mudah menarik fokus untuk judul (fonts yg kesannya tegas, mudah dibaca, dan estetik. Kayak; shamber, tahu!, manus smooth, sketch, osaka, luna, itukan mudah dibaca ya, apalagi buat fonts judul)
-Pilih fonts yang simple buat sub-judul & nama penulis (cthnya fonts COOLVETICA)
-Jangan memilih jenis fonts lebih dari 3 ya!
-Jangan mentang2 fonts-nya menurut kalian bagus, eh make itu. (Misalnya, sub judul pake fonts SHORELINES, plisssss gabisa dibaca tjoyyyyyyyy)

4. Warna fonts
Sebenrnya ini bukan utama sih, kalian kayak nya udh pada taw. Misal: background nya warna biru dongker, ya masa fontsnya warna biru langit/biru tua sih? Ya kalian harus pinter main warna di sini, kalo background biru dongker ya bisa pake warna putih kan. kalo background coklat susu, bisa pake warna fonts coklat gelap. kalo backgroundnya full, gada space buat fonts, ya udah kasi aja warna putih, trus dikasi garis tepi warna hitam/lainnya.

5. Posiskan diri lo sbg penikmat bacaan
Bayangkan lo nemu cerita, wah storynya bagus, plotnya menarik, tokohnya keren beeuhhh, tapi mata kalian keganggu pas liat covernya yang aduh, udah sembarangan, fonts default pics-Art :'v ga HD pulak! Tips buat kalian, kalo kalian lagi bikin cover, posisikan diri lo sbg pembaca. Lihat, apakah cover yg lo bikin udah menarik? apa udh bisa dibaca? apa gak terlalu rame? apa meneduhkan mata? apa bagus? apa lo suka? Apa cover lo bakal narik readers?
Kalo lo bisa memosisikan diri lo sbg pembaca, inshaallah cover lo jadi lebih bagusss

SKY LEARNINGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang