Ihsan | Ruqiyah

1.5K 201 49
                                    

Subuh-subuh sekitar jam empat Ihsan yang akrab di panggil Ican bangun dari tidurnya, seperti biasa untuk menunaikan ibadah solat subuh.

Gak perlu denger suara kumandang adzan atau alarm buat Ihsan bangun di subuh hari. Udah jadi kebiasaan dia bangun dengan sendirinya di jam segitu. Itu adalah salah satu hasil didikan orang tuanya dulu waktu Ihsan masih tinggal di Tasikmalaya, kota kelahirannya.

Didikan tersebut senagaja diterapkan oleh orang tua Ihsan supaya mereka tenang ketika Ihsan merantau. Singkatnya, orang tuanya gak takut Ihsan bakal ninggalin ibadahnya.

Ihsan merem melekin kedua matanya, gak tau masih ngantuk atau karena banyak belek yang bikin mata sipitnya itu makin sipit alias susah kebuka.

Rutinitas setiap bangun subuhnya Ihsan gak langsung gerabak gerebuk main berdiri atau pergi ngambil air wudhu, tapi Ihsan memulainya dengan meregangkan seluruh badannya.

Ihsan punya kepercayaan, kalo setiap bangun tidur itu jangan langsung beraktivitas. Tapi harus secara perlahan-lahan, ngumpulin dulu tenaga, ngumpulin dulu nyawa, ngumpulin dulu kesadaran.

Kalo bangun tidur langsung gerabak gerubuk main aktivitas itu namanya mengundang penyakit, kaya serangan jantung, strok, sampe pikun. Hasil penelitian yang Ihsan cari dari internet, katanya 15% orang mati mendadak adalah gara-gara bangun tidur yang langsung main aktivitas.

Bahkan Ihsan sampe nyari-nyari adab bangun tidur dari sisi Islam nya, sampe akhirnya Ihsan nemu kalo Nabi Muhammad pun kalo bangun tidur gak pernah langsung main aktivitas. Tapi berdoa dulu, abis itu ngimpulin dulu kesadaran.

Ihsan bangun dari kasur menuju kamar mandi buat ambil air wudhu, meskipun dingin tapi Ihsan tetep wudhu. Masa mau tayamum, yang bener aja.

Selesai ambil wudhu Ihsan ngebangunin temen sekamarnya, Firman Abdul Kholik yang masih adem ayem melukin guling lepet yang udah buluk. Ihsan bingung, faedah dan enaknya di sebelah mana melukin guling lepet nan buluk tersebut.

Ihsan cuma ngebangunin Firman doang karena kedua sobatnya, Jojo sama Ginting beda keyakinan sama dirinya.

"Men, bangun Men!"

Firman atau yang sering di sapa Imen gak bangun sama sekali, padahal suara Ihsan udah cukup lumayan kenceng.

"Men bangun, solat subuh dulu!" Ihsan pantang menyerah ngebangunin Imen.

"Astagfirulloh, ini anak sebelum tidur matanya dipakein alteco dulu apa ya. Susah bener di bangunin" gerutu Ihsan.

Ihsan gak kehabisan akal, dia ngambil kaos kaki milik Imen sendiri yang ada di dalem sepatunya. Kemudian kaos kakinya itu Ihsan taro di atas hidung gitu aja.

Ihsan ngakak ngeliat kelakuannya sendiri, "rasain tu heroin"

Gak lama Ihsan liat kepala Imen gerak-gerak, mungkin bau busuk dari kaos kakinya sendiri yang belum sempat di cuci mulai bereaksi.

"Ueeeekk, bau apaan nih busuk banget?" Imen bangun dari tidurnya sambil ngendus-ngendus sumber bau.

"Gak kenal sama bau kaki sendiri" sindir Ihsan.

"Maksudnya?"

"Itu kaos kaki bau busuk punya lu kampret"

"Yang bener? Sebau itu emang kaki gue?"

"Itu buktinya kaos kaki punya lu, gak percaya cium aja kaki lo"

"Kampret lu Can, gak bisa apa ngebangunin gua pake adab yang bener" Imen misuh-misuh sambil goleran lagi di kasur gara-gara dibangunin pake kaos kaki bau busuk yang tiada lain adalah miliknya sendiri.

Trio Wekwek  Jojo | Ican | OniWhere stories live. Discover now