Aku tinggal di sebuah kos-an yang terdiri dari 3 lantai. Kamarku berada di lantai satu dengan nomor 101.
Semua orang yang tinggal di kos-an ini sangat sibuk. Saking sibuknya kami bahkan jarang bertegur sapa dengan penghuni kos yang lain.
Diatas kamarku adalah kamar 201, dan dua kamar diatas kamarku adalah kamar 301. Penghuni 201 adalah seorang cewek cina yang aku panggil Cece. Penghuni 301 sangat misterius Aku bahkan hampir tidak tahu siapa yang tinggal disana...
Aku sebenarnya bukanlah orang yang kepo.. hingga suatu hari aku merasa jengkel dengan penghuni 301.
Saat aku sedang menyapu di depan kamar, ada tetesan air yang jatuh dari atas. Ternyata tetesan air itu berasal dari kamar 301. Perempuan yang saat itu ada di balkon kamar aku panggil-panggil untuk bilang kalau ada air yang menetes. Tapi kakak perempuan itu tidak bilang apapun dan justru langsung masuk kamar tanpa menghiraukanku.
Besoknya aku melihat banyak gumpalan rambut panjang di depan kamarku.
Aku rasa ini pasti dari kamar 301. Karena kakak penghuni kamar 201 rambutnya tidak panjang.
Akhirnya atas saran dari Cece, aku komplain ke bu kadek , ibu yang ditugaskan oleh pemilik kos untuk bersih-bersih dikos.
Keesokan harinya aku, cece, dan ibu kadek datang ke kamar 301.
Ibu kadek menggedor pintu namun tidak ada jawaban sama sekali..
Akhirnya ibu kadek membuka kamar 301 dengan kunci cadangan. Untuk memastikan mungkin saja air yang jatuh di depan kamarku ada adalah air AC , karena penampungannya penuh dan tidak dibuang.
Betapa kagetnya kami saat pintu kamar 301 itu terbuka. Kamarnya sangat berantakan seperti ditinggal oleh penghuninya. Tidak ada baju dan barang yang tersisa sama sekali. Itu berati bahwa penguni kamar 301 sebelumnya telah kabur..
Aku pun bingung.. jika penghuni kamar 301 telah kabur.. dan melihat dari kondisi ruangan sepertinya telah ditinggal lama..
Karena penasaran dengan air yang menetes kemarin, kamipun mengecek ke belakang tempat penampungan air AC.. dan tempat penampungannya pun kosong.. kering .. seperti sudah lama tidak terpakai..
Lalu.. jika tempat penampungan air AC-nya kosong.. lantas air apakah yang menetes kemarin ???... 😨😨
Rambut siapa yang ada di depan kamarku ???...😨😨
Siapa kakak perempuan berambut panjang yang aku lihat kemarin ?... 😨😨😨