Menjual Diri di atas Kertas

586 35 5
                                    

"Kamu mau lari sore jam berapa?" papa mengambil remote tivi dan mengubah channel ke saluran berita.

"Iya pa,  ini udah mau lari, kok!" aku meletakkan ponsel dan berjalan ke rak sepatu.

Padahal aku lagi ada bahasan seru soal cover novel teenlitku yang akan terbit dengan editor dari Moka Media. Itu lho,  novel romance remaja tentang kisah putih abu-abu yang aku bilangin kemarin.  Ingat gak?

"Kamu harus banyak latihan fisik dari sekarang,  biar ntar di Ankara kuat jalan kaki dari asrama ke kampus," ujar mama sambil menyerahkan sebuah handuk kecil padaku.

"Ah,  mama ini,  mana ada jalan kaki dari asrama ke kampus sih! Ada-ada aja hahaha..." Papa tertawa geli yang ikut menulariku. Hehe..

"Lho,  bukannya dekat?" protes mama.

"Lumayan jauh ma,  kalo jalan," jawabku.

"Terus naik apa dong?"

"Naik kereta bawah tanah,  atau naik bus gitu sih,  kata kakak tingkat,"

"Waah,  kereta bawah tanah?"

Mama mulai deh,  lebay hehe. Dan,  seperti biasa kedua orangtuaku itu,  akan membahas hal remeh seperti itu sambil ledek-ledekan dan tidak jarang berakhir dengan sengit juga. Aku selesai mengikatkan tali sepatu dan meninggalkan mereka yang sibuk membuka website tentang asramaku nanti di Ankara. Insan Vakfi Serife Boz Yuksekrogenim Kiz Ogrenci Yurdu. Itu nama asramaku,  sebuah asrama swasta.

Hufftt.. Lapangan tempatku lari sepi sore ini. Biasanya ada beberapa anak cowok main bola. Dua kucingku mengikuti dari belakang, si Lolly dan Yupi yang ikut melompat-lompat. Lucuk!

Sehabis operasi usus buntu pada bulan Agustus lalu,  aku memang jadi rajin olahraga lari. Aku ingin sehat dan tidak memiliki penyakit saat sudah kuliah nanti.

Baiklah,  kali ini aku akan ceritakan kepada kamu tentang cara mengisi form pendaftaran di website YTB sambil lari ya. Tapi yang seingatku aja dulu.

Paling pertama itu,  setelah buat akun di turkiyeburslari.gov.tr adalah

1. Pasang foto diri kamu yang paling jelas,  formal dan bagus. Jangan foto selfie kalau bisa.  Lalu mulai isi dari awal.

2. Personal Infirmation.  Berisi data-data pribadi,  seperti nama lengkap,  tempat dan tanggal lahir, agama dll.

3. Education Information,  ini diisi tentang data sekolah. Aku isi data nama SMA, jurusan (kalau aku pilih General karena maunya jurusan Radio, Televisi dan Film), dan rata-rata nilai rapor.

4. Preferences,  nah ini kamu isi universitas pilihan yang kamu inginkan serta jurusan yang kamu mau.  Boleh diisi 12 atau setengahnya aja. Aku sih,  kemarin itu ngisi setengahnya aja. Aku pilih di Ege Univ,  Gazi Univ,  Istanbul Univ, Marmara Univ, Ankara Univ dan Selcuk Univ. Semua aku pilih jurusannya Radio,  Televisi and Film.

5. Other Language Skill,  ini diisi tentang bahasa apa saja yang kamu kuasai.

Nah! Ini nih bagian yang paling penting banget kamu fokusin. 

6. Letter of Intent,  disingkat LoI atau esai. Kamu akan diberi 3 pertanyaan yang akan membawa kamu lolos ke tahap berkas. Kalau aku justru menyiapkan ini dengan sangat-sangat serius melebihi menulis sebuah novel hahhaa. Serius,  aku gak bohong!

Karena menurutku,  LoI ini gerbang tim penilai melihat siapa kamu,  dan apakah kamu layak diberi kesempatan untuk tahap berikutnya. Aku bilang,  LoI ini seperti menjual diri di atas kertas. Beneran.

Tiga pertanyaan kunci yang harus kamu jawab dengan jelas,  menarik,  tidak bertele-tele, kamu apa adanya dan jujur. Garis bawahi untuk kata jujur ya. Tentu saja dijawab dalam bahasa Inggris.

Pertanyaan 1.
Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation

Pertanyaan 2.
Please indicate why you have chosen Turkey for higher education.

Pertanyaan 3.
Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.

Untuk tahun ini,  diberi maksimal 3000 karakter untuk jawaban masing-masing pertanyaan. Saranku,  sebaiknya ditulis di word dulu,  baru dicopy ke form. Karena di beberapa kasus ada teman yang mengisi langsung dan kemudian susah untuk mengedit. Atau udah nulis panjang-panjang kehapus. Gawat gak tuh?!

7. Family Information.  Ini tentang keluarga. Ayah,  ibu,  saudara, pekerjaan ayah dsb.

8. Contact Info.  Ini diisi alamat dan telepon sih.

Dan,  sampailah kita pada pengisian..

9. Award, Project,  Certificate.  Di sini sebenarnya pengisiannya mudah kok.  Kalau kamu punya piagam penghargaan atau piagam kejuaraan,  kamu bisa masukin ke Award. Kalau kamu punya sertifikat kegiatan, organisasi,  panitia atau apapun bisa dimasukin ke Certificate. Terus kalau kamu punya buku yang sudah pernah diterbitkan,  atau cerpen yang dimuat di media,  atau karya-karya lainnya bisa dimasukin ke Project.

Jadi, aku kemarin itu semua piagam,  sertifikat dan karya, aku scan. Baru kemudian diupload, jadi gak usah diterjemahkan. Di kolom keterangan aja kamu jelasin,  kalau piagam itu tentang apa, diberikan oleh lembaga apa,  kamu juara berapa dan apa manfaatnya kegiatan tersebut buat kamu. Novel-novel aku,  covernya doang yang aku scan lalu dideskripsikan, kalau novel itu bercerita tentang apa.  Enggak usah sepanjang sinopis juga sih. Film-film yang aku buat juga covernya doang yang discan dan diupload dan kemudian dijelaskan.

10. Work Experience. Ini boleh diisi kalau kamu pernah punya pengalaman kerja.  Kalau enggak ada ya,  kagak usah diisi. Aku isi,  karena waktu SMP pernah kerja di Majalah Soca sebagai Kontributor Tetap.

11. Information on Hobbies. Ini isi sesuai yang kamu banget ya,  jangan mengada-ada aja. Kaya aku emang suka kucing, masak, makan,  nonton dll.  Jadi isi yang memang kamu suka dan senangi.

12. Voluntary Activities. Ini isi kegiatan/volunteer yang memang pernah kamu ikuti.  Kalau ada isi kalau enggak gak usah sih.

13. Reference Information.
Nah, bagian ini juga penting nih. Disediakan maksimal 3 surat rekomendasi dari orang atau lembaga yang memang sangat mengenal kamu dan kegiatan kamu. Aku kemarin itu minta surat rekomendasi dari Kepala Sekolah SMA 67 Jakarta,  selaku Kepsek aku. Ke Penerbit Mizan dan Nourabook,  yang menerbitkan banyak buku-buku aku. Oya,  cara meminta surat rekomendasi ini,  kamu siapkan contoh yang berbahasa Inggrisnya ya. Jadi ketika mengajukan,  Kepsek, atau CEO/Sekretariat perusahaan itu tinggal salin ke kertas kop sekolah/perusahaan.

14. Terus juga ada form pilihan kota buat wawancara nanti. Ada dua pilihan sih. Jakarta dan Aceh.

Hmm,  kayanya udah semua deh, form yang harus diisi.  Sebelum kamu submite,  jangan lupa dibaca ulang semuanya dari awal. Siapa tau ada yang salah, foto yang belum terunggah dll. Kalau dirasa sudah oke. Bismillah. Klik!  Dan beberapa saat kemudian kamu akan dapat email,  kalau kamu sudah submit. Dan,  seluruh form yang kamu isi bisa diunduh.

"Miaauu.. " Lolly mendekat dan seolah memberi tahu,  bahwa beberapa cowok datang dan menyapaku.

Aku membalas sapaan mereka dengan senyum,  lalu bergegas mengakhiri lariku sore ini. Cowok-cowok itu tetanggaku sih,  anak-anak dekat rumah yang akrabnya kalau ada kegiatan 17 Agustusan doang hehe.

Sampai depan pintu rumah,  ternyata mama dan papa belum juga selesai dengan 'diskusi penting' mereka soal jarak asrama ke kampus. Hadeeuh..

Oya,  buat kamu yang udah baca dan masih ada yang mau ditanya boleh lanjut di kolom komentar ya.  Aku mau mandi dulu. Besok kita lanjut lagi. Okay?

SHERA THE EXPLORERTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang