3. Pahit itu obat, kenyataan juga ding.

222 7 18
                                    




Itu semua adalah ingatan-ingatan gue bagaimana gue bisa masuk farmasi. Hah....

Nyatanya gue sekarang lagi berhadapan sama buku farmakologi jilid I. Ngapalin buat besok ulangan spesialite obat golongan antibiotik.

Lucu emang, gue masuk farmasi gara-gara ayah ga mau nunggu antrian.

Dari mau ngehindarin yang namanya hapalan, itung-itungan, halah bullshit! Ternyata itu semua ada di jurusan gue! Rasanya gue mau mewek aja.

Awalnya seneng, kek bangga masuk FKK. Masuk lab aja banyak yang mau semaput. Semaput is pingsan. Gara-gara bau obat yang menyengat banget. Gue ketawa inget itu, Karena Juan emang bener-bener semaput setelah 15 menit masuk lab.

Terus pas lihat Farmakope, dijejerin jilid jilidnya sampai Fornas pun ada, gue semangat banget karena nemuin barang buat nimpuk si Oni kalau-kalau si bawang ngelitikin gue lagi.

Tebel banget bor, bukunya. Yakin kalo empuk aja udah gue jadiin bantal. Mana tulisannya kecil banget lah anjirun.

Ada IMO, ISO, dan banyak lagi sampai gue gabisa ngebedainnya. Maklum lah, kala itu saya masih awam hahahahah.

Apalagi pas dapet jas lab pertama kalinya. Seneng banget rasanya. Pengen gue pamerin ke seluruh rumah, karena gue berasa kek orang-orang medis gitu hahai. Kalo aja ga ketemu guru produktif, udah gue pake tuh jas lab buat pulang, momotoran. Akhirnya, gue bawa tidur saking senengnya.

Pas pembagian baju jurusan apalagi. Putih-putih maakkk. Berasa kek perawat. Penuh banget galeri gue gara-gara mirror selfie buat foto sama tuh baju. Heran alay banget gue dulu heuheu:’)

“Ah iya, balik lagi lah. Nama dagangnya Benzyl penicilin apa ya? EH GILA MASA GUE LUPA?!”

Ya gila mak, gue udah ngapalin sampe aminoglikosida dan urutan pertama dari yang pertama aja gue udah lupa lagi?

Gue langsung jedukin pala gue ke kasur. “Apaan sih! Benjil pensilin apa nama dagang lo, hah?!”

Gue udah tereak-tereak sendiri di kamar. Abis itu ada bunyi gebrakan pintu yang ternyata abang gue alias si bawang  bawa makanan ke kamar gue. “Procaine Penicillin G, elah. Lo daritadi ngomong itu terus. Gue aja sampe hapal.” Si Bawang langsung duduk di tepi ranjang gue.

“Heh bawang! Lo kok tau sih? Padahal gue tadi hapal sampe aminoglikosida! Masa dah lupa lagi?”

Dia langsung nyodorin air dingin ke gue. “Nih, minum. tenangin pikiran lo. Gue tes lagi sini.” Dia ngambil buku farkol gue.

Gue langsung minum tuh air sampe habis. Abis itu gue nyoba buat tenang. “Mulai.”

“Nama dagang Ampicillin?”

“Eum.. Penbritin, Kalpicillin, O...” gue lupa.

“Omni?”

Omnipen!”

Oni buka lembaran selanjutnya. Sambil makan kentang goreng yang dia bawa tadi. “Nama generik dari Unasyn.”

Gue mikir bentar. “Sultamicillin bukan, sih?”

“Hooh, isinya?”

Ampicillin sama Sulbactam.”

“Pinter. Otak lo otw ga kopong lagi, dong?”

“Sial.”

“Lanjut lah, Golongan sefalosporin.”

“...”

Pharmasick Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang