Lirik Analisis
Haseul adalah member ketiga setelah Heejin dan Hyunjin yang diperkenalkan dalam Loonaverse ini. Dia debut tanggal 14 Desember 2016 dengan lagu 소년 소녀 (Pemuda Pemudi) atau dalam judul internasionalnya lebih dikenal dengan Let me in. Haseul dilambangkan dengan warna Hijau dan merepresentasikan binatang berupa burung putih. Funfactnya adalah dia dan Heejin sebenarnya takut pada burung, tapi dia malah harus merepresentasikan burung sebagai binatang representatifnya.
Lagu Let me in sendiri memiliki cerita yang cukup rumit karena berkutat tentang mencintai seseorang yang ada didalam dirinya sendiri. Seseorang yang ada didalam dirinya itu digantinkan dengan 소년/pemuda maka dalam lirik kita bisa menemukan kalimat "소녀는 소년의 소녀. 소년는 소녀의 소년" Gadis ini gadis milik seorang pemuda. Pemuda ini milik seorang gadis. Itu berarti kalau Haseul digambarkan seorang gadis, maka mereka berdua saling membutuhkan satu sama lain atau mungkin mereka sebenarnya satu orang yang sama.
Diawal lagu Haseul berkata, "Kau yang masuk kedalam gelapnya hatiku yang terdalam". Yang mengisyaratkan kalau ada seseorang yang berada didalam hatinya yang terdalam. "Membangunkan duniaku yang suatu saat mungkin akan kembali tertidur" ini berarti seseorang yang ada dihatinya ini selalu menyadarkan dirinya disaat dia kehilangan arah/impian. "Bisikan manis ditelingaku pada penghujung langit malam (berkata) 'Let me in!'." secara kasarnya, seseorang yang berada didalam hati Haseul ini ternyata memaksa Haseul untuk membiarkannya masuk atau mungkin menguasai Haseul sepenuhnya.
"Bulan terbit dan aku menjadi dirimu."
"Kita berdua yang sangat berbeda"
"Hatiku yang diwarnai olehmu"
"Gadis ini gadis milik seorang pria"
Di bagian chorus bisa kita lihat kalau kalau Haseul menjadi dirinya yang lain saat bulan mucul dan dia juga menjelaskan kalau mereka berdua merupakan sesuatu yang berbeda. Jadi ini makin menunjukan kalau ada dua kepribadian atau mungkin juga dua pemikiran yang berbeda berputar dikepala Haseul.
Selanjutnya dikatakan juga kalau seseorang yang didalam hatinya itu memberikan dia warna. Saya belum tahu konteks dari mewarnai ini seperti apa, tapi mungkin kita akan menemukannya nanti saat sudah saatnya.
Di verse kedua "Angin berhembus, menerbangkan kelopak bunga didalam hatiku dan dengan pasti kan mencairkan hatiku yang membeku kembali." Disini menggambarkan bahawa seseorang itu membuat dirinya lebih baik, namun Haseul kembali berkata "kau yang mengetuk, aku yang (menjadi) ragu." Disini menggambarkan bahwa dia masih ragu dengan seseorang yang ada didalam hatinya itu.
"kalau ku terbangun dari mimpi yang panjang, apakah aku dirimu? Atau kau yang diriku?" ini seperti menunjukan kalau Haseul mulai merasa ragu tentang siapa dia sebenarnya, karena dia mungkin sudah merasa sangat nyaman dengan sosok ini. tapi walaupun begitu hal itu kemungkinan membuat Haseul menjadi bukan dirinya sendiri dan malahan menjadi seperti harapan dirinya yang satu lagi. Sehingga dia menjadi ragu dengan dirinya sendiri.
Di Bridge Haseul menambahkan "Mulai menjadi sepertimu, mulai terbiasa denganmu. Satu-satunya gadismu." Disini kita bisa melihat kalau ini mendukung pernyataan saya sebelumnya. Haseul disini mulai terbiasa dan menjadi seperti dirinya yang satu lagi, tapi apa alasan Haseul yang satu lagi ada?
Ini mungkin bisa dilihat dari chorus terakhir lagu ini dimana disana tertulis, "Hanya dengan menatapmu hatiku menangis, gadis ini harapan seorang pria", disini kita bisa menyimpulkan kalau Haseul merasa iba pada dirinya yang satu lagi, dan itulah yang membuatnya membiarkan dirinya yang satu lagi bersama dengannya. Selain itu Haseul juga bilang kalau dirinya merupakan harapan satu-satunya(mungkin) dirinya yang satu lagi, namun kalau kita lihat musik videonya kira-kira apa yang kalian bayangkan setelah mendengar penjelasan dari saya tadi.
Musik video Analisis
Dimulai dari sebuah pemandangan yang cukup asing. Ya, Berbeda dengan Heejin dan Hyunjin yang menunjukan tempat yang kita bisa identifikasi seperti didalam rumah ataupun pemandangan kota yang ramai. Di Mv Haseul kita tidak menemukan kehidupan lain selain Haseul itu sendiri(dan tentu saja si 'Mulge-ya~'). Kita bisa melihat yang ada hanyalah hamparan kering penuh dengan es dan salju khas daerah islandia. Apa kalian tahu apa artinya ini? Kemungkinan Haseul sebenarnya tidak berada ditempat yang sama dengan Heejin dan Hyunjin saat event lagu ini berlangsung, atau mungkin juga berada di Timeline yang berbeda dari yang sebelumnya. Siapa yang tahu?
Berlanjut kedalam scene Haseul yang datang diantar oleh truk kuning yang tidak berpengemudi. Dia diantarkan sampai kesebuah tujuan yang tidak diketahui. Begitu turun Haseul mengambil sebuah berlian yang tercecer ditanah. Saya tidak tahu apa artinya berlian ini, tapi kemungkinan berlian itu berarti sebuah kehormatan atau sesuatu yang sangat berharga bagi dirinya.
Berlian itu seperti sedang menunjukan jalan kepada Haseul karena berlian itu terlihat berjajar membentuk sebuah jalur untuk diikuti. Haseul terlihat memunguti satu-persatu berlian tersebut dan menyimpannya. Atau mungkin berlian itu berarti kenangan Haseul yang berharga? Ayo kita simpan lebih banyak petunjuk untuk lain hari.
Setelah itu sampailah Haseul disebuah bangkai pesawat yang terlihat sudah hancur. Pesawat ini mungkin merujuk pada binatang representatif Haseul yaitu burung. Tapi kenapa pesawatnya hancur? Apa itu berarti kalau Haseul sebenarnya sudah hancur?
Dilanjut dengan sebuah scene yang cukup menarik perhatian saya yaitu saat cuplikan Haseul dan Haseul yang satu lagi saling menunjukan ekpresi muka mereka masing-masing bergantian. Haseul berkata "Kau yang mengetuk, aku yang ragu-ragu." Dengan sebuah ekspresi bernyanyi yang penuh penghayantan. Setelah itu ditunjukan cuplikan Haseul yang lain terkejut sampai tidak bisa berekspresi dan disusul dengan tatapan Haseul yang terlihat sangat menyeramkan dan terlihat seperti sedang marah. Pada akhrinya Haseul yang lain membalas "apakah aku dirimu? Atau kau yang diriku?" seperti sedang memperbutkan siapa yang asli dan siapa yang palsu. Dan semua itu terjadi didalam mimpi Haseul.
Disini kita bisa melihat Haseul sedang memperhatikan dirinya yang lain diluar mimpi. Akhirnya dari yang awalanya Haseul mengikuti berlian, dia malah memburu dirinya satunya lagi dengan cara mengikuti jejak bulu burung yang ditinggalkan oleh Haseul yang lain.
Saat menemukannya Haseul dengan cepat berlari hingga beberapa berliannya jatuh dan dengan berlian terakhir yang dimilikinya dia melempar berlian itu hingga membunuh dirinya yang satu lagi. Ternyata dirinya yang satu lagi hanyalah seekor burung kecil yang tidak berdosa, tapi di wajah Haseul kita bisa tahu kalau dia terpaksa melakukan itu untuk sebuah tujuan yang belum kita ketahui.
Kalau kita analisis Haseul yang satu lagi, kita mungkin mendapatkan kesimpulan kalau dia adalah orang baik. Karena Haseul yang lain memakai baju dengan bulu-bulu burung yang berwarna putih yang berarti kesucian, hati yang bersih dan juga tanpa dosa. Juga fakta bahwa dia menggunakan sebuah berlian yang berarti kemuliaan, ingatan dan sesuatu yang beharga baginya untuk membunuh yang satunya membuat Dia terlihat seperti membuang semua miliknya hanya untuk membunuh dirinya yang satu lagi.
Sekarang yang jadi pertanyaannya adalah sebenarnya apa yang ada didalam hati Haseul? Kenapa dia sampai membuang kemuliannya hanya untuk melenyapkan dirinya yang lain yang jelas-jelas terlihat baik? Apa mungkin dia jahat? Kalau memang begitu, hal apakah yang membuat dia menjadi seperti itu?
Hint tambahan. Kita bisa melihat disalah satu adegan ada sebuah pesawat kertas yang terbang dan terjatuh ditanah. Ini adalah semacam easter egg untuk sub unit yang lain, kalian yang sudah lama mengikuti Loona pasti tahu apa arti dari pesawat kertas ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
LOONA MV ANALISIS INDONESIA
Randomanalisis dari seluruh musik video Loona berbahasa indonesia. termasuk analisis lirik dan videonya berdasarkan "Theory Chaotic Universe". semua dari member pertama Heejin sampai Olivia Hye. selain itu juga saya akan menjelaskan sedikit tentang Loonav...